Pengertian SEO On Page, Faktor yang Mempengaruhi, dan Manfaatnya

Pengertian SEO On Page
SEO On Page

A. Pengertian SEO On Page
SEO on page (on-site SEO) adalah praktik mengoptimalkan konten pada halaman website agar dapat masuk peringkat teratas Google dan mendapatkan lalu lintas organik di mesin pencari atau google, dengannya mudah dicari oleh pengguna. Pada dasarnya, SEO on page lebih berfokus pada cara membuat konten agar terlihat SEO-friendly.

Dengannya, selain mempublikasikan konten yang relevan dan berkualitas tinggi, SEO pada halaman mencakup pengoptimalan tag judul, konten, tautan internal, URL dan gambar, termasuk juga memastikan situs web memiliki tingkat keahlian, otoritas, dan kepercayaan yang tinggi.

B. Faktor yang Mempengaruhi SEO On Page
1. Riset Keyword
Setelah memiliki domain yang tepat, untuk mengoptimalkan SEO On page Anda juga harus memperhatikan pemilihan keyword yang ingin dinaikkan. Lakukanlah riset keyword secara berulang untuk mendapatkan formula konten yang bisa menggeser kompetitor.

Dari hasil riset, keyword kemudian disebar secara natural ke bagian-bagian pilar artikel, misalnya seperti bagian judul, paragraf awal artikel, bagian tengah, dan juga di penutupan. Dalam pembuatan konten, penulis juga disarankan untuk menggunakan Latent Semantic Indexing Keyword (LSI Keyword) agar tidak terkesan spam dan keyword yang masuk lebih beragam.

2. Pemilihan Judul Konten
Perlu diketahui, web crawler menggunakan algoritma yang bertugas untuk meranking website berdasarkan relevansi judul dengan isi artikel. Jadi, sebaiknya Anda menghindari penulisan judul clickbait yang berpotensi menyesatkan pengunjung.

Salah satu kriteria penulisan judul konten yang SEO Friendly adalah dengan memasukkan keyword utama. Selain itu, Anda juga bisa membatasi jumlah karakter berdasarkan lebar piksel yang sudah ditentukan oleh Google.

3. Permalink
Percaya atau tidak, permalink artikel atau landing page yang ditulis rapi mayoritas menempati posisi teratas di mesin pencari. Hal ini berkat adanya keyword yang diselipkan ke dalam permalink sehingga lebih menarik di mata web crawler. Caranya Anda bisa melakukan riset dari permalink yang digunakan oleh kompetitor. Masukkan keyword utama di permalink, dan usahakan panjangnya tidak melebihi 65 karakter agar tidak terpotong.

4. Jumlah Kata
Sejak beberapa tahun terakhir, jumlah kata di setiap artikel mendapatkan perhatian lebih di mata blogger maupun webmaster. Banyak orang yang menganggap artikel dengan jumlah kata lebih panjang akan semakin mudah muncul di hasil pencarian.

Sebaliknya, artikel dengan jumlah kata yang sedikit akan kesulitan menembus persaingan di halaman depan. Sayangnya, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena persaingan di halaman depan search engine ditentukan oleh banyak faktor.

Artikel dengan jumlah kata yang panjang mungkin bisa lebih mudah masuk ke halaman depan. Akan tetapi, artikel dengan jumlah kata pendek saat ini juga masih banyak yang bercokol di posisi teratas. Untuk itu Anda bisa menyesuaikan dengan search intent dari pengunjung website Anda.

5. Keyword berada pada 100 kata Pertama
Posisi keyword yang ditarget supaya diletakan pada 100 kata pertama pada artikel. Tujuannya agar memudahkan mesin pencari mengindeks artikel Anda. Walaupun memang tidak semua keyword bisa masuk di 100 kata pertama artikel. Kunci terpentingnya tetap perhatikan kualitas artikelnya, jangan terlalu dipaksakan sehingga artikel terkesan stuffing keyword.

Faktor yang Mempengaruhi SEO On Page
Faktor SEO On Page

6. Penggunaan Heading / Sub Judul
SEO on page adalah cara optimasi dengan memperhatikan faktor-faktor internal sehingga subjudul sangat perlu diperhatikan. Alasan lain adalah karena subjudul mampu memudahkan web crawler untuk mengidentifikasi kedalaman konten berdasarkan pembagian heading. Trend penggunaan heading sendiri semakin massif ketika banyak website mulai menggunakan formula listicle untuk memproduksi kerangka artikel.

7. Kualitas Tulisan
Poin ini merupakan salah satu faktor penting yang mampu mendongkrak SEO on page suatu website. Bayangkan jika Anda menggunakan artikel copy paste atau berkualitas rendah untuk optimasi website. Hasilnya tentu tidak sebagus website yang menggunakan artikel original dengan ide dan pembahasan yang lebih mencerahkan.

8. Internal Link
Salah satu kekuatan optimasi SEO on page yang paling terasa adalah penerapan internal link. Jadi, Anda harus memiliki keyword mapping yang sudah terstruktur dan terencana agar antar artikel bisa saling terkait. Strategi ini juga bisa digunakan untuk menjaga pengunjung agar semakin betah berlama-lama di dalam website. Alhasil, angka bounce rate menjadi lebih rendah.

9. Alt Image
Optimasi SEO tidak hanya pada tulisan saja, melainkan gambar pun juga perlu dilakukan optimasi. Caranya dengan memberikan alt image sesuai dengan keyword atau turunan yang ditarget. Tujuannya agar semakin relevan dengan konten yang dibahas.

Gambar bisa membuat konten semakin “rich” dan juga merangking lewat pencarian gambar Google. Usahakan gambar yang dipakai memiliki resolusi bagus dan tidak duplicate dengan gambar lain.

Baca Juga: Image SEO: Pengertian, Peran, dan Cara Memaksimalkannya

10. Meta Description
Meta deskripsi berfungsi untuk optimasi artikel Anda pada halaman SERP Google. meta deskripsi bisa berisi inti dari artikel yang Anda buat atau juga berikan cuplikan artikel yang membuat penasaran pembaca.

Sehingga akan ada banyak orang yang tertarik membuka website Anda, otomatis skor CTR (Click Through Rate) website menjadi meningkat. Jika sudah seperti ini peringkat website Anda bisa semakin bagus di SERP Google.

11. Kecepatan Website
Di era digital yang semakin canggih seperti sekarang, pengunjung website tentu akan merasa kecewa jika website Anda masih lemot ketika dibuka. Pihak Google sendiri sejak beberapa tahun lalu sudah menyampaikan jika mereka sangat memperhatikan perihal kecepatan website.

Bahkan, mereka sempat memperkenalkan dua project sekaligus yang bernama Google Accelerate Mobile Pages (AMP Projects) dan GoogleWebLight. Kedua project tersebut saat ini masih berjalan walaupun gaungnya kurang begitu populer bagi pengguna awam.

12. Pemilihan Template
Template juga menyumbang peran penting dalam optimasi SEO on page. Karena dengan template yang responsive dan SEO Friendly maka situs Anda akan mendapatkan prioritas di mesin pencari. Anda tidak perlu bingung ketika memilih template, karena mayoritas template WordPress maupun Blogger saat ini sudah dibangun menggunakan prinsip SEO Friendly.

Namun, jika masih kesulitan, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website. Website yang menyediakan puluhan template responsive, modern, dan SEO Friendly untuk mengakomodir berbagai jenis website.

13. Usia Domain
Walaupun masih menjadi perdebatan di kalangan blogger maupun webmaster, usia domain saat ini masih layak masuk ke dalam salah satu faktor On page SEO. Karena domain yang sudah berumur otomatis akan lebih mudah terindeks dan terkadang juga sudah memiliki banyak backlink natural dari website lain.

Kendati demikian, faktor ini kurang berpengaruh jika domain yang digunakan hanya sekadar diparkir saja, tanpa adanya aktivitas dalam selama beberapa tahun terakhir.

14. Pemilihan Nama Domain
Faktor terakhir  yang bisa mempengaruhi optimasi SEO on page adalah pemilihan nama domain. Jika saat ini Anda ingin membangun website toko online atau company profile, maka usahakan untuk memakai ekstensi domain berbayar yang sudah populer.

Contoh domain populer adalah, .com, .net, .org, .id, atau .co.id yang biasa digunakan oleh perusahaan resmi yang memiliki SIUP sebagai dokumen legitimasi. Beberapa tahun silam, teknik optimasi KOD (keyword on domain) juga sangat efektif untuk mendongkrak posisi di mesin pencari.

Akan tetapi, untuk saat ini strategi tersebut kurang memberikan efek. Pengaruh terbesar justru terasa dari segi user experience dan keunikan brand di search engine.

C. Manfaat SEO On Page
SEO On Page adalah upaya optimasi yang memanfaatkan penerapan dasar-dasar SEO dalam halaman website untuk meningkatkan pengunjung. Proses optimasi SEO on page adalah dengan teknik optimasi pada internal website seperti membuat konten berkualitas, tema yang memudahkan SEO, internal link, pemanfaatan plugin, serta penggunaan keyword yang menjadi target utama pencarian google.

Dengan melakukan SEO on page dalam jangka waktu tertentu semoga website mendapat posisi yang baik di halaman pencarian google. Manfaat seo on page terkadang masih beberapa orang remehkan karena memang off page yang biasanya diutamakan. Oleh sebab itulah terkadang ada saja orang yang maksimal dalam melakukan optimalisasi off page namun tidak maksimal dalam melakukan optimalisasi on page.

SEO on page sangatlah penting karena membantu mesin pencari memahami situs web Anda dan kontennya, serta mengidentifikasi apakah relevan dengan kueri pencari. Saat mesin pencari menjadi lebih canggih, ada fokus yang lebih besar terhadap relevansi dan semantik di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Mengoptimasi SEO on page harus selalu diprioritaskan. SEO off page tidak akan menghasilkan banyak manfaat jika tidak memperhatikan dasar-dasar SEO on page terlebih dahulu. Relevansi adalah bagian besar dari SEO on page untuk mendapat peringkat lebih tinggi di google.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian SEO On Page, Faktor yang Mempengaruhi, dan Manfaatnya"