Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Meta Description: Pengertian, Letak, Cara, dan Manfaatnya

Pengertian Meta Description
Meta Description
Pengertian Meta Description
Meta description adalah cuplikan singkat yang berada di bawah judul artikel yang dicari pada mesin pencari. Meta description biasanya memuat informasi yang ringkas dan jelas sehingga memudahkan pembaca untuk mencari artikel yang relevan dengan pencariannya.

Sebenarnya meta description tidak digunakan dalam menentukan algoritma mesin pencari (Google), tetapi Google menggunakan Rasio Klik Tayang (RKT) atau Click Through Rate (CTR) dalam menentukan apakah topik atau artikel yang sedang dicari itu relevan atau tidak.

Jika Anda membuat artikel dengan jumlah klik pencarian yang banyak, Google akan menilai bahwa artikel atau konten yang Anda buat itu relevan dan semakin banyak orang yang mengklik hasil pencarian tersebut, ini membuat halaman Anda bisa menjadi yang teratas pada SERP (Search Engine Results Page).

Meta description pada dasarnya merupakan sebuah Tag HTML yang berisi cuplikan rangkuman dari sebuah isi konten artikel yang berisi 120 – 156 karakter. Sebuah meta description adalah tag HTML yang muncul dalam struktur web. Dalam mesin pencari Google akan tampak seperti ini :
Letak Meta Description di Postingan Blog
1. Pertam login ke blogger
2. Kemudian pada dashboard blogger pilih tab Postingan > + Postingan Baru
3. Buat postingan yang mau ditulis
4. Setelah itu klik tab Deskripsi Penelusuran > Tuliskan kata kunci cuplikan yang akan ditampilkan di mesin pencari pada deskripsi tentang inti pembahasan postingan yang akan dipublikasikan.
Letak Meta Description di Postingan Blog
Meta Description di Postingan Blog
Penting untuk diketahui bahwa untuk membuat deskripsi pencarian yang sempurna gunakan kata kunci yang tepat. Anda tinggal mengambil kata kunci tersebut dari postingan yang Anda buat. Bisa berdasarkan tag atau kata kunci inti tentang konten postingan yang Anda publikasikan.

Cara Membuat Meta Deskripsi
Prinsip dasar dari keberadaan meta deskripsi untuk membantu pengguna internet maupun mesin Google mengetahui secara ringkas dan cepat isi halaman suatu website. Berikut beberapa tips membuat meta deskripsi di antaranya,
1. Selalu Sisipkan Kata Kunci
Anda perlu menyisipkan kata kunci dengan jumlah pencarian yang banyak, namun dengan tingkat persaingan yang rendah. Jumlah kata di dalam meta deskripsi biasanya antara 155 - 160 karakter dengan menggunakan kalimat efektif dan langsung ke inti pembahasan. Maksudnya, Anda perlu membuat meta deskripsi dengan singkat, padat, dan jelas. Dengan cara ini, situs Anda akan lebih mudah tampil di page one Google, bahkan bisa mendapatkan posisi satu di halaman pencarian.

Walaupun disarankan Anda menggunakan kata kunci di dalam meta description, apalagi Google memang menganjurkan hal ini, namun tetap berhati-hati agar Anda tidak melakukan spamming keyword, atau menggunakan kata kunci yang sama berulang-ulang.

2. Manfaatkan Tools Penghitung Karakter
Untuk membuat meta deskripsi yang sesuai ketentuan, apalagi dengan adanya pembatasan karakter di dalam meta deskripsi, alangkah baiknya kalau Anda menggunakan tools penghitung karakter. Tools tersebut akan membantu Anda menyusun kalimat supaya lebih efektif dan efisien, serta tidak lebih dari 155-160 karakter.

Karena jika meta deskripsi terlalu panjang, deskripsi yang muncul di halaman pencarian akan terputus dan hanya dimunculkan sejumlah maksimal karakter, kemudian diikuti tiga titik di belakang deskripsi.

3. Buatlah Meta Deskripsi yang Membuat Pembaca Tertarik
Meta description adalah ujung tombak website Anda. Jika kalimat pendek itu bisa menarik minat para pembaca, maka Anda akan mendapatkan page view yang banyak. Oleh sebab itu, Anda wajib kreatif dalam membuat meta deskripsi dan membuat mereka mengklik URL situs Anda dari halaman pencarian.

4. Meta Description Sesuai Isi Website
Contoh meta description yang baik adalah sesuai dengan isi website itu sendiri. Jika tidak, maka pengunjung akan merasa tertipu dan langsung keluar dari website Anda serta membuat angka bounce rate makin tinggi. Hal itu tidak baik untuk peringkat situs Anda di mesin pencari.

Manfaat Meta Description
Tidak hanya menampilkan pencarian yang relevan, meta description sangat penting untuk SEO on page, ini akan meningkatkan trafik klik tayang yang baik dari mesin pencari. Berikut beberapa manfaat dari meta description bagi website Anda di antaranya,
1. Membantu meningkatkan Pengunjung Website
Setiap orang pasti tidak ingin membuang-buang waktu untuk mencari sesuatu yang tidak relevan, ini saatnya meta description bisa membantu Anda sebagai penulis untuk mengarahkan pembaca Anda pada konten yang relevan dengan tulisan Anda. Misalnya, ketika pengunjung ingin mencari baju gamis murah, tentu yang pertama dicari adalah keterangan harga atau diskon yang ditawarkan. Deskripsi atau meta description ini bisa membantu para pencari baju gamis murah akan otomatis mengkliknya.

2. Mengetahui Relevansi Konten
Kata kunci atau keywords yang ada dalam konten saja tidak cukup untuk membuat halaman Anda menjadi nomor satu pada mesin pencari. Meta description bisa membantu pembaca menemukan artikel Anda dengan meningkatkan pencarian lebih akurat dan relevan. Contohnya ketika Anda mengetikkan “Cara membuat NPWP”, ada beberapa keywords pada meta description yang dicetak tebal (bold), kata-kata yang muncul adalah keywords yang ingin dicari oleh para pengunjung website Anda.

3. Ajang Promosi di Sosial Media
Terkadang membiarkan tulisan Anda mendapatkan pembaca secara organik sangatlah sulit, salah satu cara untuk mempromosikannya adalah dengan membagikan tulisan Anda di sosial media. Meta description tidak hanya muncul pada halaman mesin pencari, tetapi ketika Anda membagikan link website Anda, meta description akan muncul secara otomatis, dan ini akan memudahkan calon pengunjung Anda untuk tertarik mengklik website tersebut.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Meta Description: Pengertian, Letak, Cara, dan Manfaatnya"