Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keyword Research: Pengertian, Manfaat, Strategi, dan Toolsnya

Pengertian Keyword Research atau Riset Kata Kunci
Keyword Research (Riset Kata Kunci)
Pengertian Keyword Research
Keyword Research (Riset Kata Kunci) adalah suatu riset yang dilakukan sebagai bagian dari strategi optimasi bagi mesin pencari. Riset ini bertujuan untuk mencari kata kunci yang sering dimasukkan oleh orang-orang pada mesin pencari yang sesuai dengan tema atau topik dari konten yang akan dibuat.

SEO merupakan komponen yang sangat penting di dalam sebuah website. Namun, Untuk mendapatkan SEO yang baik, Anda harus menentukan keyword yang tepat, karena hal ini akan berpengaruh dengan elektabilitas website Anda. Semakin bagus keyword dalam SEO Anda, maka semakin tinggi rangking website Anda di dalam mesin pencari.

Manfaat Keyword Research
1. Ide Konten
Anda pasti sering kebingungan dalam menentukan, ide artikel atau konten yang akan Anda buat setiap harinya. Namun, dengan mengetahui keyword yang paling banyak dicari dengan cara melakukan riset terlebih dahulu akan menolong Anda untuk menemukan ide yang sedang tren.

Dengan riset, Anda bisa mengumpulkan berbagai topik yang nantinya bisa dibuat artikel.

2. Pola Kerja Terstruktur
Saat melakukan riset, Anda nanti akan menyusun skala prioritas keyword yang potensial. Digabungkan dengan riset kompetitor, Anda bisa menyusun topik yang akan dibuat berdasarkan tingkat persaingan di mesin pencari nanti.
a. Bisa menentukan keyword mana yang mudah dan bisa dikerjakan di awal.
b. Bisa menentukan keyword mana yang berat, dan bisa disimpan belakangan.
c. Menentukan topik yang akan dicakup dalam satu artikel.

3. Trend Setter
Ketika Anda melakukan riset terlebih dahulu, Anda sudah mengetahui pola-pola apa yang akan tren berikutnya. Hal ini akan membantu website Anda memiliki konten bisnis yang dikemas sesuai tren yang sedang berlangsung maupun membuat tren sendiri.

Semakin menarik konten Anda, maka akan membuat pengunjung semakin banyak yang akan tertarik dengan website Anda.

Strategi Keyword Research
Berikut beberapa cara riset keyword yang bisa dicoba di antaranya,
1. Kenali target pasar demi Niche Keyword yang menguntungkan
Cara riset kata kunci pertama adalah memetakan bagaimana target pasar Anda. Anda hanya membutuhkan sebuah dokumen Word atau mungkin kertas dalam mencatat atau menggambar peta Niche Market ini. Ada berbagai cara menemukan Niche Market, tetapi cara yang termudah adalah dengan teknik Buyer Persons.

Teknik ini adalah cara yang sangat sederhana untuk mengidentifikasi Niche Topic yang disukai pelanggan potensial Anda. Begitu Anda mengidentifikasi Niche Topic ini, Anda dapat dengan mudah menemukan keyword apa yang digunakan pelanggan potensial Anda setiap harinya.

2. Fokus pada pencarian long tail keyword
Long tail keyword, yaitu kata kunci yang panjang namun tepat sasaran. Karena kata kunci yang nilainya tinggi atau memiliki motif transaksi/ niat membeli biasanya panjang. Cara mencari long tail keyword Anda bisa menggunakan beragam tool gratis untuk Keyword, salah satunya Ubbersuggest.

Di sini Anda bisa banyak memperoleh kata kunci tersembunyi.

3. Tentukan prioritas kata kunci berdasar kebutuhan
Cara mencari kata kunci selanjutnya adalah Anda harus menentukan lebih dulu prioritasnya. Untuk mengoptimasi situs Anda cobalah melakukan langkah tersebut dengan cara meninjau jenis situs Anda. Apakah Anda lebih banyak memuat konten-konten informasi? Berarti urutan prioritas Anda adalah volume, kemudian persaingan, terakhir intent.

Apakah Anda memiliki blog untuk berbisnis produk? Berarti urutan prioritas Anda adalah volume, kemudian intent, terakhir persaingan. Apakah Anda memiliki blog untuk menjual jasa atau layanan? Berarti urutan prioritas Anda adalah intent, kemudian volume, terakhir persaingan.

4. Cari lebih banyak lagi dan lagi kata kunci Anda
Singkirkanlah rasa cepat puas ketika Anda telah mendapat beberapa kata kunci yang Anda pikir baik bagi artikel atau laman di situs Anda. Teruslah cek keyword dan menguji kata kunci yang tepat sembari memerhatikan poin sebelumnya soal prioritas.

5. Pahami konten seperti apa yang cocok untuk kata kunci tertentu
Apa yang kami maksud dengan konten di sini tak terbatas pada artikel yang berisi kata-kata atau gambar saja. Bagi kami konten termasuk juga file untuk diunduh, tool untuk dipakai, atau ulasan dari pengunjung maupun pembeli jasa maupun produk Anda.

Bagaimana caranya menentukan konten dengan mudah dan cepat bagi kata kunci tertentu? Mudah saja, cobalah posisikan diri Anda sebagai orang yang memasukkan kata kunci atau mencari keyword di kolom mesin pencari.

Tools Keyword Research
Ada banyak aplikasi untuk membantu Anda dalam upaya perencanaan kata kunci yang tepat bagi bisnis Anda, dan Anda dapat menggunakannya tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun. Berikut adalah 3 tools gratis untuk perencanaan kata kunci Anda di antaranya,
1. Ubersuggest
Ubersuggest merupakan tools yang diciptakan oleh digital marketer ternama, Neil Patel. Bahkan, tools ini open source alias gratis untuk Anda gunakan. Untuk cara kerja tools ini ialah, Anda hanya perlu mengetikkan keyword apa yang ingin Anda cari dan wilayah yang Anda targetkan.

Lalu, kemudian Ubersuggest akan memberikan informasi berdasarkan kata – kata yang sudah Anda ketikkan tadi. Ubersuggest akan memberikan informasi akan mengenai berapa besar volume pencarian keyword tersebut, kadar kesulitan keyword, dan saran keyword terkait yang bisa digunakan.
 
2. Google Trends
Aplikasi ini merupakan aplikasi keluaran dari Google, aplikasi ini dapat menampilkan statistik bagi tiap kata kunci, termasuk juga memberi Anda informasi soal besarnya pencarian dan perkiraan cost per click (biaya rata-rata per klik).

Google Trends atau Perencanaan Kata Kunci hanyalah tahap mula-mula yang bisa membantu Anda memilih kata kunci yang tepat, jadi ini bukan satu-satunya aplikasi yang bisa dimanfaatkan. Seperti yang telah Google sampaikan, Anda dapat memanfaatkan perencanaan ini sebagai arahan dasar menentukan kata kunci.
 
3. SEMrush
Selanjutnya, ialah tools SEMrush. Sebelum menggunakan SEMrush, Anda harus mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota yang tersedia secara gratis. Namun, akun SEMrush menyediakan versi trial selama 7 hari dan selanjutnya akan dikenai biaya per bulan mulai dari 99 US Dollar.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Keyword Research: Pengertian, Manfaat, Strategi, dan Toolsnya"