Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CTR (Click-Through Rate): Pengertian, Cara Meningkatkan, dan Cara Menghitungnya

Pengertian CTR atau Click Through Rate
CTR (Click Through Rate)
Pengertian CTR (Click-Through Rate)
CTR (click-through rate) adalah jumlah pengunjung yang mengeklik iklan yang Anda pasang di sebuah situs. CTR berguna untuk menganalisis rasio antara jumlah pemirsa yang melihat iklan dan berapa yang mengaksesnya.

CTR biasanya digunakan dalam kampanye PPC (Pay Per Click) dan memberi tahu pengiklan berapa banyak orang yang mengeklik iklannya setelah melihat. Semakin tinggi persentase CTR, semakin baik iklan yang akan Anda dapatkan.

CTR yang rendah menunjukkan bahwa Anda harus memperbagus materi iklan Anda, menemukan target yang tepat atau beberapa aspek lain dari iklan Anda untuk membuat lebih banyak orang mengeklik. Selain itu, sangat disarankan untuk memasang iklan hanya di tempat-tempat yang terlihat dan dapat diklik dengan mudah.

Cara Meningkatkan CTR (Click-Through Rate)
Berikut beberapa panduan untuk Anda meningkatkan CTR pada website atau blog Anda di antaranya,
1. Kenali Audiens Anda
Mengetahui siapa yang menjadi target audiens Anda, atau setidaknya demografisnya bisa mempermudah Anda menaikkan CTR. Pastikan Anda mengetahui faktor-faktor utama target audiens Anda di antaranya,
a. Memahami jenis bahasa yang digunakan oleh target demografis Anda
b. Apa yang mereka telusuri dan kata apa yang mereka gunakan
c. Apakah mereka lebih cenderung menelusuri dari smartphone atau desktop?
d. Apa yang paling mungkin membuat mereka membeli?

Memahami audiens target dan penelitian demografis bisa menjadi langkah pertama sebelum mengoptimalkan konten Anda untuk CTR.

2. Optimalkan Konten Anda
Banyak profesional SEO yang mencoba mengelabui algoritma search engine agar bisa menempatkan situs mereka lebih tinggi di laman hasil.

Memang, sebagian dari metode mereka ada yang berhasil, sehingga Anda akan sering melihat banyak situs ulasan afiliasi dan alur pemasaran lainnya dengan campuran kata kunci yang tepat di halaman pertama SERP.

Tetapi ketika pembaruan search engine terjadi, ada beberapa metode yang kemarin mungkin efektif, namun hari ini tiba-tiba menjadi tidak berguna dan website Anda melorot dari daftar 10 teratas laman search engine.

Jadi, jika ingin CTR Anda berhasil dengan lebih optimal, ada baiknya jika Anda dapat mengambil pendekatan yang lebih jujur dengan memberikan konten yang bagus dan berguna kepada audiens target Anda.

Apabila Anda dapat menunjukkan bahwa situs dan halaman Anda adalah sumber informasi yang menyajikan konten yang kaya, unik dan orisinil, maka yakinlah! Akan ada lebih banyak orang akan mengeklik dan membagikan konten Anda.

Meningkatkan CTR juga akan membuat situs Anda lebih relevan di mata mesin pencari, yang pada akhirnya akan memberi Anda peringkat lebih tinggi di SERP.

3. Buat Judul dan URL yang Lebih Baik
Judul dan deskripsi meta Anda akan menjadi hal pertama yang akan audiens lihat, jadi pastikan Anda membuat judul dan URL yang bagus. Anda bisa menggunakan kata-kata yang tepat untuk menarik audiens target saat mereka menelusuri tautan Anda.

Pastikan juga untuk memastikan bahwa judul dan deskripsi Anda tidak terpotong secara tiba-tiba oleh format hasil penelusuran sebelum Anda menyampaikan maksud Anda. Kata-kata yang hilang di bagian akhir judul bisa membuat sebagian besar pengunjung tidak jadi mengekliknya.

Anda juga bisa membuat URL dengan deskriptif singkat sebab itu adalah cara lain bagi pengguna untuk mengidentifikasi konten halaman Anda. URL berbagi ruang yang sama dengan judul dan deskripsi meta Anda di halaman pencarian  meskipun dalam font yang lebih kecil.

Jadi, lebih baik menggunakan URL singkat dengan kata kunci utama yang sama dengan yang digunakan dalam judul Anda daripada sekumpulan huruf, angka, dan simbol acak.

Cara Menghitung CTR (Click-Through Rate)
Misalnya, impression halaman website Anda untuk kata kunci “cara membuat blog” adalah 1000 dan jumlah klik yang didapatkan adalah 100. Maka angka CTR Anda adalah 10 persen. Berikut rumus menghitung CTR.
CTR = (Jumlah klik/Total Tayang) x 100
=(100/1000)x100
=10 Persen

Mendapatkan angka organic click through rate (CTR) yang tinggi merupakan hal penting bagi semua pemilik website atau blog. Sebab organic CTR mendominasi pendapatan klik di hasil pencarian Google. Selain itu, organic CTR yang tinggi juga memberikan sinyal bagus kepada Google. Google menilai halaman website dengan organic CTR tinggi sebagai halaman yang relevan dan solutif bagi para pencari.

Masalahnya adalah mendapatkan angka organic CTR tinggi tidak mudah, mengingat semua orang menginginkannya. Bahkan ketika halaman website Anda sudah muncul di halaman pertama hasil pencarian Google tidak menjamin angka organic CTR yang tinggi.  

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "CTR (Click-Through Rate): Pengertian, Cara Meningkatkan, dan Cara Menghitungnya"