Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SERP (Search Engine Result Pages): Pengertian, Fungsi, dan Fiturnya

Pengertian SERP atau Search Engine Result Pages
SERP (Search Engine Result Pages)
Pengertian SERP (Search Engine Result Pages)
SERP (Search Engine Result Pages) adalah halaman berisi informasi yang dicari seseorang lewat mesin pencari. Istilah ini tidak hanya digunakan oleh Google saja, melainkan Bing, Yahoo, Yandex, DuckDuckGo, Ask dan sebagainya. Semua menggunakan patokan yang sama, bahwa website yang paling berkualitas ditempatkan pada posisi teratas SERP.

Semakin tinggi posisi website di SERP maka semakin besar peluangnya untuk dibuka oleh pengguna internet. Di sinilah kompetisi search engine marketing terjadi. Itulah mengapa harus melakukan berbagai strategi search engine optimization (SEO).

Data dari SearchEngineJornal.com menyebutkan bahwa prosentase CTR berdasarkan rangking untuk peringkat satu mendapatkan 28,5% peringkat dua mendapatkan 15,7% dan peringkat 3 mendapatkan 11%.

Fungsi SERP (Search Engine Result Pages)
Fungsi SERP dikelompokkan menjadi dua bagian di antaranya,
1. Untuk Pengguna
Dari sisi mereka yang menggunakan, maka SERP bisa digunakan untuk melihat hasil dari apa yang mereka cari. Selain itu, urutan SERP juga bisa digunakan untuk mengansumsikan kualitas dari materi masing-masing situs.

Misalkan untuk urutan nomor satu berarti adalah informasi yang paling bagus untuk kata kunci tersebut dan paling dibanyak dibaca oleh banyak orang, meskipun kadang juga bisa urutan nomor 3 justru yang paling bagus.

2. Untuk Webmaster
Untuk web master atau pemilik web, SERP bisa digunakan melihat sejauh mana optimasi SEO blog yang dilakukan, apakah berhasil atau gagal. Jika website kita berada di urutan teratas untuk kata kunci tertentu, bisa dibilang optimasi yang dilakukan berhasil, dan sebaliknya.

Singkat kata, SERP bisa digunakan oleh para pemilik website untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari pengelolaan website yang dilakukan. Jika ternyata hasilnya kurang memuaskan, kita bisa mencari tahu dimana letak kesalahannya dan memperbaikinya.

Fitur SERP (Search Engine Result Pages)
Berikut beberapa fitur dari Search Engine Result Page di antaranya,
1. Paid Result
Paid result adalah fitur SERP yang menampilkan iklan-iklan berbayar. Biasanya model iklan ini menggunakan kueri sesuai dengan keyword yang dicari oleh pengguna internet. Untuk perhitungan pembayarannya menggunakan PPC, jadi bayar iklan berdasarkan jumlah klik yang masuk ke website.

2. Shopping Result
Shopping result adalah fitur SERP yang diberikan kepada para marketplace yang menjual barang sesuai dengan kueri yang dicari. Jika Anda membukanya akan langsung diarahkan ke marketplace langsung. Untuk sistem pembayarannya dengan metode PPC.

3. Featured Snippets
Featured snippets adalah website yang diberikan peringkat paling atas dengan menampilkan cuplikan dari konten website. Featured snippets ini menjadi bonus untuk konten-konten yang memiliki kualitas bagus. Ada beberapa orang yang menyebut bahwa featured snippets adalah peringkat 0 Google, jadi potensi kliknya jauh lebih besar.

4. People also ask
Fitur ini mirip sekali dengan FAQ (Frequently Asked Question) tetapi lokasinya berada pada SERP. Jadi ada list pertanyaan yang sering ditanyakan beserta dengan jawabannya. Anda tinggal klik icon tanda panah bawah untuk membuka jawabannya.

5. Rich Snippets
Rich snippets adalah fitur untuk menampilkan hasil review dari suatu website. Jadi website Anda akan memiliki rating bintang berdasarkan review dari pengguna. Semakin banyak jumlah bintangnya maka semakin bagus pula rating website Anda.

6. Knowledge Cards
Knowledge cards adalah fitur yang ada pada SERP untuk menampilkan jawaban secara singkat untuk pembaca. Tampilannya bermacam-macam sesuai dengan search intent pengguna. Contoh dibawah ini kami menuliskan keyword “Presiden Indonesia” maka muncul presiden saat ini beserta dengan biodatanya.

7. Image Packs
Image packs adalah hasil pencarian berupa gambar yang ditampilkan pada SERP. Untuk gambar yang memiliki kualitas baik dan sudah dioptimasi akan mudah bersaing di SERP khusus image pack. Dari gambar ini Anda juga bisa mendatangkan traffic menuju website.

8. Top Stories
Fitur dari SERP untuk menampilkan berita atau artikel yang sesuai dengan keyword yang dituliskan. Biasanya konten-konten dari website media yang banyak bermunculan pada Google Top Stories ini.

9. Organic Search Result
Organic search result adalah hasil SERP berdasarkan peringkat SEO website. Semakin bagus hasil pencarian organicnya maka peringkatnya berada pada posisi atas SERP.

10. Sitelink
Sitelink adalah ringkasan tampilan halaman-halaman yang terpopuler dari website Anda. Informasi sitelink ini menjadi bonus untuk website-website yang dianggap bagus oleh Google. Sitelink ini juga membantu Anda untuk meningkatkan CTR ke halaman website.

11. Google Knowledge Panel
Fitur dari SERP untuk menampilkan informasi dari kata kunci yang Anda tulis pada kolom pencarian mesin pencari.

12. Google Suggest
Terakhir, Google suggest adalah rekomendasi dari kata kunci yang masih relevan dari kata kunci utama. Posisinya berada paling bawah sebelum next page.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "SERP (Search Engine Result Pages): Pengertian, Fungsi, dan Fiturnya"