Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Domain Authority (DA): Pengertian, Kriteria, Cara Menguji, dan Cara Meningkatkannya

Pengertian Domain Authority atau DA
Domain Authority (DA)

Pengertian Domain Authority (DA)
Domain Authority (DA) adalah sebuah ukuran yang menunjukkan tingkat kepercayaan pada sebuah situs. Ukuran tersebut di dapat berdasarkan mesin pencari dan pengguna. Semakin besar nilai DA sebuah situs, berarti semakin tinggi pula tingkat kepercayaan pengguna terhadap situs tersebut.

Nilai DA ini penting bagi keberlangsungan sebuah situs karena berhubungan langsung dengan SEO. Tingginya nilai DA tidak hanya menjadi bukti tingkat kepercayaan pengguna pada situs tersebut, tapi juga berpengaruh pada page rank di mesin pencari seperti Google.

Dengan kata lain, halaman pertama search engine pasti didominasi oleh situs-situs dengan DA yang tinggi. Dengan demikian, situs yang memiliki nilai DA yang tinggi tersebut akan lebih mungkin mendapat pengunjung atau klik yang lebih banyak.

Kriteria Domain Authority (DA)
Mesin pencari semacam Google biasanya memberi peringkat bagi suatu situs berdasarkan tiga hal di antaranya,
1. Usia Domain
Semakin lama keberadaan domain itu ada dan semakin aktif kegiatan yang terjadi pada suatu domain, maka semakin tinggi pula nilai DA dari domain itu. Sebab, ini menunjukkan konsistensi dari pengguna untuk mengelola domainnya.

Google akan menganggap website atau domain tersebut layak dinilai tinggi dan penilaian ini juga bisa memengaruhi peringkatnya di halaman hasil pencarian.

2. Popularitas Domain
Populernya situs Anda dapat dilihat dari jumlah link yang masuk melalui situs-situs berkualitas. Hal itu dapat disebut sebagai Inbound Link, yang berarti pemberian rekomendasi terhadap situs Anda (backlink).

3. Ukuran Domain
Ukuran yang dimaksud yaitu dilihat dari banyaknya jumlah konten yang Anda publikasikan di website Anda. Semakin banyak jumlah konten atau posting-nya maka semakin besar pula ukuran domain Anda. Inilah mengapa para blogger rutin membuat konten setiap harinya.

Namun, banyaknya konten saja tak cukup sebab mesin penelusur semacam Google juga dapat menilai seberapa berkualitas konten itu.

Dari ketiga hal tersebut, mesin pencari dapat menentukan Peringkat Domain Authority dari suatu website. Domain authority ini merupakan satu dari sekian banyak faktor lainnya yang menjadi ukuran tingkat kepercayaan mesin pencari kepada suatu situs.

Cara Menguji Domain Authority (DA)
Telah tersedia berbagai alamat situs yang dapat langsung Anda gunakan untuk cek poin DA dari situs Anda. Hasilnya akan berupa kumpulan data yang bisa Anda analisis untuk menilai seberapa kuat domain authority Anda. Berikut adalah beberapa alamat situsnya:
1. http://moz.com/researchtools/ose
2. http://moonsy.com/domain_authority
3. http://smallseotools.com/domain-authority-checker

Poin Domain Authority biasanya ditetapkan pada hitungan 0 – 100. Semakin tinggi nilai DA, maka akan semakin dinyatakan berkualitas sebuah website tersebut oleh mesin pencari semacam Google.

Cara Meningkatkan Domain Authority (DA)
Terdapat beberapa cara meningkatkan Domain Authority yang bisa Anda di antaranya,
1. Buat Konten yang Berkualitas
Anda perlu membuat konten yang berkualitas untuk situs Anda. Buatlah konten secara rutin, rapi, dan informatif. Jika Anda membuat konten yang buruk pengunjung situs Anda tentu akan merasa kecewa karena tidak mendapat informasi yang dibutuhkan.
 
2. Promosikan Konten yang Telah Dibuat
Konten yang berkualitas juga perlu dipromosikan. Anda bisa melakukan promosi dengan membagikan konten situs melalui sosial media, seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Jangan lupa, buatlah materi promosi yang menarik agar mampu menarik pengunjung. Semakin banyak orang yang melihat promosi konten tersebut, semakin banyak pula potensi klik.
 
3. Terapkan Teknik SEO yang Tepat
Cara meningkatkan Domain Authority yang ketiga adalah dengan menerapkan teknik SEO yang tepat. Jika Anda belum menguasai SEO secara penuh, Anda sebaiknya mempelajari teknik ini dengan lebih serius. Karena SEO ini bisa dikatakan sebagai dasar dari cara meningkatkan jumlah DA ini.

Apabila Anda sudah menguasai teknik SEO dengan baik, Anda bisa melakukan riset terkait teknik SEO terbaik yang cocok dengan situs yang Anda kelola. Dengan demikian, tujuan akhir Anda akan tercapai.

Baca Juga: Page Authority (PA): Pengertian dan Cara Meningkatkannya

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Domain Authority (DA): Pengertian, Kriteria, Cara Menguji, dan Cara Meningkatkannya"