Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian SEO off Page, Faktor, Cara Kerja dan Optimasi, serta Manfaatnya

Pengertian SEO off Page, Faktor, Cara Kerja dan Optimasi, serta Manfaatnya


A. Pengertian SEO off Page

SEO off page adalah aktivitas yang dilakukan untuk mengoptimalkan website dari luar. Dengan kata lain, SEO off page merupakan cara mempromosikan website dengan melakukan link building, backlink, dan sebagainya. Di mana semua proses tersebut tentunya dilakukan dengan didahului proses optimasi on page SEO sehingga optimasi SEO off page mendapatkan hasil yang di inginkan.

B. Faktor SEO off Page
Terdapat beberapa faktor penting yang membantu metode off-page SEO dan menaikkan peringkat halaman Anda di antaranya,
1. Inbound Links
Dalam menaikkan peringkat website Anda di mesin pencari, biasanya adalah dengan melihat banyaknya link yang ditujukan ke website Anda. Penggunaan hyperlink yang ditujukan ke website Anda dihitung sebagai suara dukungan bagi website Anda.

Semakin banyak link menuju website Anda, semakin banyak suara dukungan Anda di mata Google dan beberapa mesin pencari lainnya. Ada baiknya pula jika link tersebut berasal dari berbagai domain berbeda.

2. Anchor Text
Anchor text merupakan teks yang dijadikan hyperlink. Dalam meangaplikasikan off-page SEO, ada baiknya Anda memberi keyword yang sesuai untuk link tersebut yang membantu mesin pencari untuk mengidentifikasi mengenai website Anda dan mengetahui keyword yang akan diberi peringkat.

Pastikan anchor text yang digunakan menggambarkan isi konten dari link yang diberikan. Gunakan juga anchor text yang bervariasi yang lebih disukai oleh algoritma terbaru dari Google.

3. Kualitas Link
Tidak semua link memiliki nilai yang sama. Link dari blog populer tidak akan sama nilainya dengan link dari blog pemula. Website yang biasanya dikategorikan sebagai website yang terpercaya biasanya merupakan:
a. Website dengan domain .edu atau .gov
b. Authority website yang merupakan website besar yang selalu muncul berdasarkan keyword Anda
c. Website yang sudah ada sejak lama
d. Website yang sesuai dengan topik konten Anda

Penggunaan beberapa link berkualitas tinggi dari situs yang termasuk kategori di atas lebih disukai dibandingkan memiliki 100 link tidak berkualitas.

4. Kecepatan Link Building
Kecepatan link building juga menjadi salah satu faktor penting dalam off page SEO. Namun, link building yang terlalu cepat juga akan dianggap tidak wajar oleh mesin pencari dan bisa berakibat penalti (terutama jika website Anda masih tergolong baru).

Mesin pencari bisa mengetahui kecepatan link building yang baik, sehingga mendapatkan 1.000 link berkualitas rendah dalam satu hari ketika website Anda hanya berumur kurang dari sebulan tidak terlihat wajar.

Selama Anda tidak menggunakan alat otomatis yang menjanjikan ribuan link dalam satu waktu, Anda tidak perlu terlalu khawatir.

C. Cara Kerja SEO off Page
Cara kerja untuk mengoptimasi off page SEO yaitu  di luar dari website utama dengan memberikan baclink ke website utama Anda . Nah, jenis backlink bisa Anda gunakan untuk do-follow atau pun no-follow link.

Terdapat beberapa jenis cara yang bisa Anda lakukan agar dapat mengoptimalisasi off page SEO sebuah website. Seperti blog post, video, review, press release, forum, social network dan lain sebagainya dengan mengedepankan link yang Anda punya.

Untuk praktisi SEO di Indonesia maupun di luar negri selalu menggunakan jenis baclink PBN (Private Blog Network) agar dapat mengoptimasi website kata kunci yang mereka inginkan. Namun, cara ini tidak dianjurkan, tapi PBN terbukti sangat ampuh untuk mengoptimasi sebuah kata kunci.

D. Cara Optimasi SEO off Page
Di bawah ini ada 6 cara yang bisa dilakukan untuk optimasi SEO off page di antaranya,
1. Link Building
Bicara soal SEO off page memang tidak pernah bisa lepas dari link building. Link building merupakan faktor terpenting dalam SEO off page. Sebab Google menggunakan algoritma bernama Page Rank. Page Rank adalah algoritma yang menilai kuantitas dan kualitas backlink yang ada di sebuah website.

Beberapa profesional SEO mengatakan Page Rank sudah kedaluwarsa. Namun, faktanya Google mengonfirmasi bahwa Page Rank masih menjadi faktor penilaian Google. Laporan dari Ahrefs pun membuktikan ada hubungan kuat antara jumlah inbound link/backlink sebuah website terhadap performanya dihasil pencarian.

2. Listing Bisnis
Terdaftar di listing bisnis online juga akan membantu SEO off page Anda. Ada beberapa listing bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Beberapa di antaranya adalah Trip Advisor, Zomato, dan GrabFood. Trip Advisor adalah situs review yang menampung listing bisnis di bidang penginapan, tempat rekreasi, hingga restoran. Sedangkan GrabFood dan Zomato dikhususkan hanya untuk restoran.

GrabFood sebenarnya bukan situs review seperti Zomato. Akan tetapi, jika mendaftar sebagai merchant GrabFood, bisnis Anda akan mendapatkan satu halaman khusus di websitenya. Tentunya ini bisa bermanfaat untuk SEO off page Anda. Untuk mendaftarkan bisnis Anda di ketiga layanan tersebut, Anda bisa membuka tautan berikut di antaranya,
a. Listing Bisnis TripAdvisor
b. Listing Bisnis Zomato
c. Listing Bisnis GrabFood

3. Brand Mention di Media Online
Jika bicara soal keuntungan, tentu Anda tetap mendapatkan keuntungan ketika nama bisnis Anda disebutkan oleh media online. Dengan begitu, pembaca media online tersebut semakin familiar dengan website Anda. Akan tetapi jika dilihat dari kacamata SEO off page, penyebutan nama tanpa link tidak terlalu memberikan efek besar. Sebab hal tersebut tidak bisa berkontribusi pada authority Anda maupun trafik.

Walaupun begitu, jangan kecewa dulu. Sebab dengan adanya brand mention, artinya media online tersebut sudah familiar dengan bisnis Anda. Anda bisa menghubungi media online tersebut dan meminta mereka untuk menambahkan link ke website Anda di artikel mereka.

4. Google Bisnisku
Google Bisnisku adalah layanan listing bisnis gratis dari Google. Siapa pun yang punya bisnis, bisa mendaftarkan bisnisnya di Google Bisnisku. Google Bisnisku ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kualitas off page SEO Anda, terutama untuk SEO lokal.

Dengan mendaftar Google Bisnisku, bisnis Anda akan semakin mudah muncul di hasil pencarian lokal. Selain itu, bisnis Anda juga akan muncul di Google Maps. Ditambah lagi, bisnis Anda juga punya kesempatan semakin besar untuk muncul di kotak snack pack hasil pencarian Google.

5. Optimasi SEO off Page dengan Review
Review mengenai produk dan bisnis Anda juga punya pengaruh cukup penting terhadap SEO off page. Laporan dari Moz menunjukkan bahwa review menjadi faktor penting ketujuh pada SEO lokal.

Review yang dimaksud di sini tidak hanya dari review Google Bisnisku, tetapi juga dari situs-situs review lainnya. Semakin positif review yang diberikan, semakin besar pula perannya terhadap SEO off page website Anda.

Sayangnya, pelanggan seringkali malas untuk memberikan review produk. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa mengadakan giveaway agar pelanggan termotivasi menuliskan review produk Anda. Anda bisa mengarahkan mereka untuk review di blog masing-masing, di akun Google Bisnisku, atau di situs review tertentu.

6. Optimasi SEO off Page dengan Share di Media Sosial
Google secara resmi menyatakan bahwa share di media sosial bukan termasuk faktor ranking dan tidak berpengaruh pada SEO secara langsung. Salah satu dugaan alasan share di media sosial tidak dimasukkan sebagai faktor ranking adalah terlalu mudah dimanipulasi. Anda bisa mendapatkan ribuan like dan share dengan harga terjangkau.

Lalu mengapa share di media sosial masih kami masukkan sebagai salah satu langkah SEO off page? Sebab share di media sosial yang asli (bukan dari hasil membeli) tetap punya pengaruh secara tidak langsung ke SEO off page.Semakin banyak yang membagikan konten Anda di media sosial, semakin besar pula kemungkinan untuk menjangkau orang-orang untuk membaca konten Anda.

Dengan begitu potensi konten Anda untuk dibicarakan, dibagikan kembali, atau bahkan dirujuk di website/blog/media online semakin besar. Oleh karena itu, share media sosial tetap penting untuk SEO off page meskipun tidak secara langsung.

E. Manfaat SEO off Page
Sebelum menampilkan hasil pada halaman pencarian, mesin pencari seperti Google melakukan peramban di berbagai halaman website. Proses peramban ini tentunya memerlukan pengidentifikasian suatu konten lewat navigasi yang ada. Hal ini bertujuan agar kata kunci yang dimasukkan ke mesin pencari dapat langsung ditemukan kontennya.

Dengan melalui proses tersebut, Google pun akan melakukan pendataan di berbagai website yang memiliki hubungan dengan website lainnya dengan melalui suatu link. Setelah pendataan dilakukan, maka selanjutnya Google akan membuat tingkatan-tingkatan website sehingga memunculkan website yang sesuai dengan permintaan.

Website dengan kualitas yang tinggi, maka bisa dipastikan bahwa Google akan merekomendasikan website tersebut jika berkaitan dengan pencarian. Maka dari itulah suatu website dapat muncul di halaman pertama atau tingkatan paling atas di mesin pencari. Sehingga dengan demikian, teknik SEO sangat penting untuk sebuah website.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian SEO off Page, Faktor, Cara Kerja dan Optimasi, serta Manfaatnya"