Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Blogger: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Fitur, Keunggulan, dan Cara Membuatnya

Pengertian Blogger
Blogger
Pengertian Blogger
Blogger adalah layanan penerbitan blog yang menerima blog multi-pengguna dengan entri bertanda waktu. Ini dikembangkan oleh Pyra Labs, yang dibeli oleh Google pada tahun 2003. Blog-blog tersebut diselenggarakan oleh Google dan umumnya diakses dari subdomain "blogspot.com".

Blogger merupakan salah satu dari sekian platform yang menyediakan layanan untuk menerbitkan sebuah blog. Di dalam Blogger sebuah blog bisa dibuat dengan mudah sekali dengan banyak fitur-fitur yang terdapat pada Blogger yang bermanfaat bagi pembuat blog zaman sekarang.

Platform blog ini memberikan kelebihan-kelebihan seperti kemudahan, aksesibilitas, dan gratis saat digunakan bagi para pembuat blog. Blogger sangat cocok bagi pembuat blog yang tidak ingin susah-susah menerbitkan sebuah artikel, tulisan, dan lain-lain.

Blog juga dapat disajikan dari domain khusus yang dimiliki oleh pengguna (seperti www.example.com) dengan menggunakan fasilitas DNS untuk mengarahkan domain ke server Google. Seorang pengguna dapat memiliki hingga 100 blog per akun.

Sejarah Blogger
Sejarah mengenai blog tidak lepas dengan istilah weblog. Istilah Weblog diperkenalkan oleh Jhon Barger pada tanggal 17 Desember 1997. Kemudian pada tahun 1999 platform Blogger dirilis oleh Pyra Labs. Selang beberapa tahun kemudian pada akhir tahun 2002, Blogger resmi menjadi bagian dari Googe setelah platform ini diakuisisi.

Setelah diakuisisi Google, Blogger mengalami banyak perubahan terutama pada fitur premium yang ditawarkan Blogger yang sebelumnya berubah menjadi gratis sejak platform ini dibawahi Google. Pada tahun berikutnya Blogger melakukan desain ulang pada tampilannya dengan menambah beberapa fitur seperti template standar web, halaman arsip individu, komentar, dan posting melalui email.

Pada tahun 2006 Blogger resmi beralih ke server milik Google.

Fungsi Blogger
Fungsi Blogger adalah untuk berbagi tulisan-tulisan, berupa cerita, tips, dan tutorial yang bisa dibagikan ke semua pengguna internet di seluruh dunia. Dahulu, fungsi Blogger ini lebih mirip dengan sosial media seperti Facebook. Karena setiap pemilik Blog bisa berbagi pengalaman atau cerita mereka, ke dalam sebuah tulisan atau artikel.

Setiap tulisan yang dibuat oleh pemilik blog, juga bisa dipercantik dengan menambahkan file media berupa gambar ataupun video. Para pemilik blog juga bisa saling mengikuti satu sama lain, dan saling mengomentari artikel atau tulisan yang mereka buat.

Aktivitas saling berkunjung ke web blog orang lain, biasa dikenal dengan istilah Blog Walking. Dari aktivitas inilah, dahulu para pemilik blog bisa saling mengenal satu sama lain. Namun seiring berjalannya waktu, kini Blogspot juga bisa menjadi media penghasil uang. Karena saat ini banyak Blogger yang memonetasi web blog mereka, menggunakan Google Adsense ataupun layanan kerjasama iklan lainnya.

Fitur Blogger
Semua fitur yang disediakan Blogger ini terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, berikut beberapa fitur yang terdapat pada Blogger di antaranya,
1. Template Designer
Buka tab “Templat” dan tekan tombol Kustomisasi. Dari sana, pengguna dapat menyesuaikan hampir setiap tool template yang sebelumnya sudah diinstal. Pengguna dapat mengubah lebar kolom utama dan bilah sisi, menyesuaikan gambar latar belakang, dan bahkan memindahkan berbagai elemen blog (header, footer, sidebars).

Tab Tingkat Lanjut memungkinkan pengguna menyesuaikan font, ukuran, dan warna setiap elemen blog terakhir, dari tautan ke tajuk utama, poskan teks, dan semua yang ada di antaranya.

2. Earning Tabs
Fitur ini mungkin fitur yang paling disukai bagi semua blogger yang ingin mencari penghasilan lewat karya yang mereka unggah. Dari halaman admin Blogger, pengguna akan menemukan tab di sebelah kiri yang disebut “Penghasilan.” Ini memungkinkan pengguna menautkan blog ke akun Google AdSense.

AdSense secara otomatis mendeteksi isi pokok posting blog dan menampilkan iklan yang relevan kepada pembaca, agar mereka kemudian dapat memperoleh uang (biasanya beberapa sen) per klik atau tayangan iklan.

3. Stats Tab
Fitur stats ini sangat wajib diketahui bagi para blogger karena lewat fitur ini para pengguna bisa tahu tentang para pembaca yang membaca postingan yang mereka unggah. Blogger membuat fitur ini sangat mudah untuk ditemukan. Pengguna Blogger tidak perlu memasang kode pelacakan atau plugin apa pun. Cukup buka tab “Stats” dan Pengguna akan melihat berapa banyak tampilan halaman yang mereka miliki hari ini, kemarin, di bulan lalu, dan sejak blog dibuat.

Anda juga dapat memeriksa lalu lintas per pos, dan dari mana trafik para pengunjung blog berasal.

4. Blogger Buzz
Blogger Buzz hanyalah sebuah blog tentang Blogger yang mungkin terlihat agak terlalu meta, tetapi sebenarnya sangat berguna. Fitur ini diisi dengan posting dari orang-orang yang bekerja di balik layar Blogger yang menjelaskan cara menggunakan fitur Blogger, mengumumkan fitur-fitur baru saat tersedia, dan menawarkan tips tentang cara memaksimalkan blog yang dimiliki pengguna.

5. Google Video
Blogger terintegrasi dengan layanan Google lainnya, yang membuat menambahkan video ke posting blog Anda cukup mudah. Ada tombol video di bagian atas formulir “Buat posting baru”. Itu membuka kotak pilihan dengan beberapa opsi. Pengguna dapat mencari video di YouTube untuk ditanamkan di postingan, atau menambahkan video pengguna sendiri yang sudah di unggah ke YouTube.

6. Blogging By Phone
Apabila calon pengguna Blogger adalah seseorang yang memiliki mobilitas yang tinggi maka cocok sekali untuk menggunakan fitur yang satu ini. Fitur Blogging By Phone memungkinkan pengguna melakukan aktivitas blogging melalui smartphone mereka.

Pengguna hanya perlu mengirim teks ke Blogger dan setelah itu akan mendapatkan kode registrasi yang dapat digunakan untuk membuat blog seluler baru, atau tautan ke blog Blogger yang sudah ada sebelumnya. Setelah terdaftar, pengguna dapat mengirim foto dan teks ke blog melalui pesan teks dan seluruh proses dan daftar perintah dapat ditemukan di Blogger on the Go.

7. Team Blogging
Menjaga blog terus diperbarui perlu kerja keras yang sangat tinggi. Jika pengguna melakukan pengelolaan sendir terhadap konten di situs Blogger mereka. Terdapat fitur yang terdapat di Blogger yang dapat dilakukan penggunanya untuk berkolaborasi dengan tim yang dimilikinya.

Apabila pengguna dapat mengumpulkan tim blogger, blog tidak hanya akan memiliki lebih banyak konten, tetapi pengguna akan mendapat manfaat dari beragam ide dan gaya penulisan. Caranya adalah dengan blog harus dibuat oleh satu orang di bawah akun Google utama. Lalu, buka tab “Pengaturan” dan subtab “Dasar”.

Di bawah Izin adalah opsi untuk Menambahkan Penulis. Tambahkan penulis dengan memasukkan alamat email yang harus memiliki akun Google agar ini berfungsi, tetapi jika tidak, undangannya akan memungkinkan

8. Blogger Widgets
Widgets adalah semacam skrip yang bisa dimasukkan ke dalam blog seorang pengguna blogger. Widgets ini dapat memberikan sebuah fungsionalitas tambahan. Pengguna dapat menambahkannya melalui tab yang berada di Blogger yaitu tab Layout. Pada bagian tertentu pengguna dapat menemui beberapa opsi seperti opsi “add a gadget”.

Gadget sendiri diistilahkan sebagai widget in housenya Google. Gadget ini memiliki manfaat yang begitu banyak seperti menampilkan blog populer yang dimiliki pengguna, postingan terbaru dari media sosial Twitter pengguna, dan bahkan menerjemahkan tulisan ke bahasa lain.

9. Picasa Web Albums
Picasa dikenal sebagai sebuah halaman berbagi foto yang dimiliki oleh Google. Tentunya Picasa ini tertaut terhadap akun Blogger pengguna. Jadi setiap foto yang diunggah pengguna di setiap postingan Blogger maka foto tersebut akan tersimpan otomatis dalam akun Picasa milik pengguna.

Begitu juga sebaliknya pengguna dapat menautkan foto yang ada di album Picasa mereka ke postingan Blogger yang dipunyainya.
 
Keunggulan Blogger
Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki pengguna Blogger di antaranya,
1. Biaya Gratis
Layanan yang diberikan Blogger bisa digunakan gratis oleh para penggunanya. Salah satu layanan gratis yang diberikannya adalah subdomain blogspot(dot)com. Di dalam Blogger juga terdapat banyak sekali resources yang bisa digunakan oleh penggunanya.

Selain itu, untuk website blog yang dimiliki pengguna Blogger juga diberikan gratis sertifikasi SSL. Terdapat layanan domain mapping yang dapat digunakan oleh pengguna blogger untuk membeli domain secara kostum.

2. Memiliki Tampilan Sederhana
Blogger terkenal memiliki tampilan yang sederhana dan cukup mudah digunakan bagi mereka blogger pemula. Apabila pengguna blogger adalah seorang pengguna akun Gmail dan YouTube. Mereka juga dapat langsung melakukan sign in di situs Blogger dan pengguna dapat menjalankan satu blog atau puluhan blog. Antarmuka minimalis dan sebagian besar cukup jelas.

3. Integrasi Layanan Google
Setelah Google diakuisisi oleh Google sejak 2003 silam membuat Blogger sepenuhnya di bawah kendali dari Google. Meskipun memang Blogger bukan merupakan produk favorit dari Google tetapi tetap Blogger berada di dalam ekosistem Google. Apabila pengguna memiliki akun Google maka sama saja mereka sudah memiliki akun Blogger.

Dari performa kecepatan yang dimiliki Blogger hal itu sudah ditangani oleh Google secara penuh sehingga pengguna Blogger tidak perlu pusing-pusing berpikir tentang performa dari situsnya dan pengguna tinggal mengurusi konten yang akan diunggah saja.

4. Konsistensi Layanan Blogger
Meskipun Blogger populer dikalangan pemilik blog dan website, Blogger sendiri juga melakukan upgrade atau menaiktarafkan  layanan dan fitur- fitur mereka. Anda dapat melihat tampilan team dan template yang lebih luas dari sebelumnya dan tambahan fitur yang minimalis namun fungsional.

Cara Membuat Blogger
Berikut beberapa tutorial tentang bagaimana membuat dan mempercantik blogger menjadi website profesional di antaranya,
Cara Membuat dan Mempercantik Tampilan Blogger Menjadi Website Profesional (Bagian 1)
Cara Membuat dan Mempercantik Tampilan Blogger Menjadi Website Profesional (Bagian 2)
Cara Membuat dan Mempercantik Tampilan Blogger Menjadi Website Profesional (Bagian 3)
Cara Membuat dan Mempercantik Tampilan Blogger Menjadi Website Profesional (Bagian 4)
Cara Membuat dan Mempercantik Tampilan Blogger Menjadi Website Profesional (Bagian 5)
Cara Membuat dan Mempercantik Tampilan Blogger Menjadi Website Profesional (Bagian 6)

Baca Juga:

1. WordPress: Pengertian, Sejarah, Fitur, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan, Kekurangan, serta Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

2. Weebly: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Cara Membuat, Kelebihan, dan Kekurangannya

3. Blog: Pengertian, Sejarah, Struktur, Fungsi, Jenis, dan Perbedaannya dengan Website

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Blogger: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Fitur, Keunggulan, dan Cara Membuatnya"