Pengertian LSI Keyword, Cara Kerja, Cara Menemukan, dan Manfaatnya

Pengertian LSI Keyword
LSI Keyword

A. Pengertian LSI Keyword
LSI Keyword adalah suatu kalimat yang dianggap relevan dengan keyword utama secara semantik oleh algoritma mesin pencari Google. LSI Keyword juga bisa diartikan sebagai sinonim atau persamaan kata dari keyword utama yang biasa digunakan untuk mencari informasi terkait. LSI keyword ini digunakan search engine untuk memahami isi konten di suatu website secara mendalam. Dengan LSI keyword, konten Anda tentunya bisa mendapat peringkat yang lebih tinggi di Google.

Misalnya ketika Anda menulis artikel yang membahas tentang “Digital Marketing”, dan ketika orang lain melakukan pencarian hanya dengan mengetikkan kata kunci “Digital Marketing”, maka mesin pencari akan menampilkan berbagai informasi berhubungan dengan Digital Marketing. Bisa saja informasi tersebut tidak sesuai dengan informasi yang dibutuhkan, karena Digital Marketing memiliki cakupan yang luas.

Maka dari itu, ketika menulis artikel yang membahas tentang Digital marketing, alangkah lebih baik jika Anda menggunakan keyword yang berhubungan dengan Digital Marketing secara lebih spesifik. Seperti “strategi digital marketing”, “pengertian digital marketing”, “manfaat digital marketing” atau kata lain yang berhubungan dengan isi artikel Anda.

B. Cara Kerja LSI Keyword

Cara Kerja LSI Keyword
Algoritma Google
Cara kerja LSI sebetulnya rumit. Karena dalam praktiknya, LSI menggunakan rumus-rumus matematika yang kompleks untuk memahami hubungan antar kata. Namun, secara garis besar di antaranya,
1. Mesin pencari akan mencari persamaan dari kata yang Anda gunakan. Contohnya, bulan memiliki dua makna, yaitu bulan satelit dan bulan penanggalan.
2. Kata tersebut akan diidentifikasi menggunakan kata-kata yang terhubung secara semantik. Contohnya, bulan satelit terhubung dengan objek astronomi, orbit, dan planet. Sedangkan bulan penanggalan terhubung dengan Januari, Februari, dan Maret.
3. Mesin pencari akan mengelompokkan bulan satelit dan bulan penanggalan ke dalam kategori yang berbeda. LSI keyword yang digunakan di konten akan menentukan jenis bulan yang Anda maksud.

Demikian peran LSI keyword sangat penting karena tidak hanya memberi konteks konten Anda pada para pembaca, tetapi juga pada mesin pencari.

C. Cara Menemukan LSI Keyword
1. Search Box (Kotak Pencarian)
Search Box atau Kotak Pencarian Google
Google Search Box

Ketika mengetik suatu kata kunci di search box, ada banyak pilihan keyword lain yang akan Anda lihat. Keyword-keyword tersebut merupakan istilah yang banyak dicari oleh pengguna Google.

2. Searches Related To (Penelusuran yang Terkait Dengan)

Searches Related To atau Penelusuran yang Terkait Dengan Google
Google Searches Related To
Jika Anda membuka SERP dan scroll hingga bagian paling bawah, Anda akan menemukan bagian ‘Searches related to …’ atau ‘Penelusuran yang terkait dengan …’ kata-kata yang tercantum di bagian tersebut bisa Anda jadikan sebagai LSI keyword di konten Anda.

3. People Also Ask (Orang Juga Bertanya)

People Also Ask atau Orang Juga Bertanya Google
Google People Also Ask

Ketika Anda mencari suatu hal di Google, maka akan muncul fitur tersebut di SERP. Fitur tersebut menampilkan hal-hal yang banyak ditanyakan pengguna Google terkait kata kunci yang Anda gunakan.

4. Google Trends
Produk Google yang satu ini bisa memberikan informasi kata kunci apa yang sedang tren atau banyak dicari di Google. Jadi, Anda bisa memasukkan keyword yang ingin Anda gunakan. Kemudian, Anda akan menemukan berbagai kata kunci yang relevan dengan istilah tersebut.

D. Manfaat LSI Keyword
Berikut beberapa manfaat atau kelebihan LSI keyword di antaranya,
1. Kualitas konten meningkat karena menggunakan banyak istilah yang terkait dengan kata kunci.
2. Konten tetap dinilai relevan tanpa perlu menggunakan keyword yang berlebihan.
3. Konten akan lebih mungkin ditemukan oleh banyak pengguna internet.
4. Search engine bisa memberikan peluang peringkat yang lebih tinggi, sebab ada banyak istilah yang bisa meningkatkan peringkat situs tersebut.
5. Menghindari penalti dari Google akibat penggunaan kata kunci yang terlalu sering.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian LSI Keyword, Cara Kerja, Cara Menemukan, dan Manfaatnya"