Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Image SEO: Pengertian, Peran, dan Cara Memaksimalkannya

Pengertian Image SEO atau SEO Gambar
SEO Gambar
Pengertian Image SEO
Image SEO adalah upaya pengoptimalan konten dari sisi gambar, sehingga mesin pencari dapat dengan mudah menemukannya dan lebih memahami maksud dan konteks halaman. Setiap gambar yang disisipkan pada konten tetap memiliki nilai SEO nya sendiri. Dengannya, penting juga untuk mengoptimalkan gambar pada konten agar berada di posisi pertama dalam Search Engine Result Page (SERP).

Praktik SEO gambar yang tepat akan meningkatkan aspek-aspek dari situs web Anda seperti peringkat di mesin pencari karena setelah dirayapi dan diindeks, gambar yang dioptimalkan dengan baik membantu Google memahami konten halaman Anda dengan lebih baik. SEO Gambar atau Image SEO sendiri mencakup beberapa aspek utama seperti pengubahan ukuran dan kompresi gambar, memilih format file yang sesuai, menulis teks alternatif gambar yang komprehensif, judul dan keterangan.

Peran Image SEO
Menciptakan performa SEO supaya lebih optimal dalam pelaksanaannya tidak sebatas dalam mengolah teks serta kata kunci semata saja. Tetapi justru ada hal lain yang tidak kalah penting yakni menjadikan peran gambar yang disajikan dalam konten tersebut bisa menjadi SEO for Images.

Setelah memaksimalkan gambar untuk SEO, artikel Anda pada laman web menjadi lebih indah dan lengkap dengan penegasan berupa gambar atau image di bagian dinding pada laman web yang memakai background polos. Dalam penelitian yang dilakukan yang memverifikasi sebanyak 80% orang turut membaca konten yang ada disertakan di dalam foto atau image, sedangkan sebanyak 64% lebih memilih mengingat image atau foto tersebut sesudahnya.

Keuntungan lain yang Anda peroleh dalam penggunaan SEO for images yakni, meski pengunjung tidak membaca keseluruhan isi pada laman, bahkan mereka hanya melihat sekilas gambar yang disediakan, crawler di mesin penelusuran telah mencatat aktivitas tersebut. Maka kemungkinan besar menaikkan peringkat website pada mesin pencarian menjadi lebih besar. Dengan begini juga akan turut menaikkan nama baik dari web dan blog Anda serta juga membantu branding yang ingin Anda capai.

Cara Memaksimalkan Image SEO
Cara Memaksimalkan Image SEO atau SEO Gambar
Search Engine Optimization

Terdapat beberapa cara optimasi image SEO di website Anda agar maksimal di antaranya,
1. Berikan Nama File Gambar yang Sesuai
2. Deskripsikan Alt Text dan Captions dengan Lengkap
3. Pilih Format Gambar Terbaik
4. Kompres Gambar Anda
5. Gunakan Gambar SVG Jika Perlu
6. Pastikan Gambar Anda Responsif
7. Manfaatkan Schema Markup
8. Pakai Lazy Loading
9. Gunakan Leverage Browser Caching
10. Gunakan Content Delivery Network
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Materi Sosiologi SMA

Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Image SEO: Pengertian, Peran, dan Cara Memaksimalkannya"