Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Clickbait, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Membuatnya

Pengertian Clickbait, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Membuatnya


A. Pengertian Clickbait

Clickbait adalah suatu tindakan yang menjanjikan sesuatu secara berlebihan yang umumnya bisa ditemukan dengan mudah pada judul berita, caption di sosial media, judul pada thumbnail youtube, dan lain-lain. Dengan kata lain, clickbait sendiri adalah judul sebuah konten yang sangat menarik, namun isinya belum tentu sesuai dengan apa yang dijanjikan pada judul.

Beberapa ciri clickbait di antaranya judul yang menarik perhatian, penggunaan gambar yang familiar dan menarik untuk khalayak umum, dan hal lain yang membuat orang penasaran untuk melihat lebih lanjut. Demikian, sebuah judul bisa memberikan pengaruh yang sangat besar bagi para pembaca atau para pengguna internet.

Namun saat ini banyak user internet yang mulai tidak tertarik lagi dengan adanya judul menarik. Beberapa judul yang menarik ternyata tidak sesuai dengan harapan para pengguna internet. Judul menarik yang tadinya diharapkan bisa memberikan berita atau informasi menarik ternyata justru sebaliknya.

Judul menarik pada sebuah konten ternyata diikuti berita atau informasi yang biasa saja dan bahkan terkadang berita itu tidak menarik. Bahkan hal lain yang terjadi adalah adanya berita yang dianggap bohong oleh beberapa user internet.

B. Kelebihan dan Kekurangan Clickbait
1. Kelebihan Clickbait
a. Meningkatkan Click Through Rate (CTR)
Judul clickbait akan membuat audiens lebih tertarik untuk melakukan klik. Sebab selain penasaran, mereka berharap menemukan jawaban dari konten Anda. Faktanya, 8 dari 10 orang akan melakukan klik pada judul konten clickbait.

Ketika semakin banyak orang mengklik pada konten yang dibuat, tentu rasio click-through-rate (CTR) Anda juga akan meningkat. CTR yang tinggi membuktikan bahwa  konten Anda relevan dengan kebutuhan audiens. Pada akhirnya, Google akan menempatkannya pada posisi yang baik di hasil pencarian atau related search.

b. Meningkatkan Pageviews
Judul clickbait akan membuat audiens tertarik membaca atau menonton konten Anda. Pada akhirnya jumlah pageviews, yaitu total halaman yang dilihat oleh audiens, akan meningkat. Saat jumlah pageviews Anda tinggi, konten tersebut akan dianggap bermanfaat untuk pembaca sehingga mesin pencari akan merekomendasikannya di hasil pencarian atau Search Engine Result Page.

Selain itu, bagi media online seperti BuzzFeed, clickbait juga efektif untuk mendapatkan pemasang iklan lebih mudah. Jadi, penghasilan mereka akan bertambah dengan strategi clickbait yang tepat

c. Potensi Social Share
Clickbait juga cukup efektif untuk  membuat orang membagikan konten tersebut ke orang lain. Sebab, dengan judul yang menimbulkan emosi seperti penasaran, kaget dan lainnya, membuat orang tertarik melakukannya.

Potensi social share inilah yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan brand awareness produk Anda. Jika langkah ini berhasil, Anda bisa tetap membuat judul clickbait yang relevan dengan isi yang dimuat di dalamnya.

Sebaliknya, jika clickbait yang dibuat tidak mendapatkan social share yang cukup, bisa jadi karena audiens menganggap judul tersebut terlalu berlebihan dan tidak ingin menyebarkan konten tidak kredibel.

2. Kekurangan Clickbait
a. Mendatangkan Traffic yang Tidak Sesuai
Clickbait mungkin mampu mendatangkan trafik dari audiens yang penasaran dengan isi konten Anda. Namun, bisa saja audiens tersebut bukanlah target audiens yang sesuai sehingga tidak akan melanjutkan ke halaman pembelian produk. Kalau sudah begitu, upaya peningkatan pendapatan melalui strategi konten marketing tentu tidak maksimal.
 
3. Bounce Rate Meningkat
Kekurangan menggunakan clickbait lainnya adalah adanya bounce rate yang tinggi di website/blog Anda. Alasannya, saat audiens menyadari bahwa konten tak sesuai dengan judul, mereka akan langsung meninggalkan konten Anda.

Website dengan angka bounce rate yang tinggi terindikasi memiliki konten yang tidak relevan dengan pencarian pengguna. Dengan demikian, Google tidak akan merekomendasikannya ke pengguna mereka sehingga posisi di hasil pencarian akan buruk.

4. Merusak Brand Image
Bayangkan Anda membuat clickbait dengan isi konten marketing yang tidak sesuai. Contohnya, Anda menawarkan promo jam tangan untuk semua audiens pada bagian judul. Saat audiens membacanya, ternyata promo itu hanya berlaku untuk 100 pembeli pertama. Audiens tentu akan merasa Anda hanya tipu-tipu saja.

Jika konten clickbait itu muncul sekali saja, mungkin pembaca masih maklum. Namun kalau hal itu selalu dilakukan, tentu kepercayaan mereka pada bisnis Anda bisa menurun. Akibatnya, reputasi brand Anda bisa jatuh.

C. Cara Membuat Clickbait
Membuat clickbait bisa jadi tidak mudah berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan di antaranya,
1. Membuat judul yang luar biasa
Anda bisa membuat sebuah judul yang mungkin saja bisa menimbulkan kehebohan sehingga para user mau membaca konten Anda. Jangan pernah berpikiran untuk membuat judul yang biasa saja karena tidak akan tampak menarik bagi beberapa pengguna internet. Seperti yang telah kita ketahui bahwa judul menjadi hal pertama pada sebuah konten yang dilihat oleh user.

Judul yang menarik akan memikat bagi para user sehingga user terpacu untuk melakukan klik pada konten tersebut. Namun yang harus diperhatikan juga adalah bahwa isi konten haruslah sesuai dengan judul. Selain itu berikan informasi atau berita yang berdasarkan pada kebenaran. Jangan sampai berita yang Anda tulis pada konten itu bersifat hoax.

2. Membuat judul yang kontroversial
Sebuah judul juga bisa dituliskan secara kontoversial. Hal ini juga bisa menarik minat pengguna internet untuk membacanya. Namun sebaiknya kontroversial ini hanya terdapat pada judul saja. Anda tidak perlu memberikan berita yang juga bersifat kontroversial sebab hal ini bisa menimbulkan berbagai masalah di kemudian hari.

Berita yang dibuat dan dipublikasikan melalui internet sebaiknya memang tidak mengundang kebencian atau rasa tidak suka. Justru sebaliknya sebaiknya konten dibuat dengan adanya unsur positif sehingga apa yang Anda buat ini bisa berguna bagi semua orang.

3. Gunakan angka pada judul
Angka pada judul juga bisa menjadi suatu solusi bagi Anda. Adanya tambahan angka pada sebuah judul bisa saja membuat konten seolah lebih tegas. Tentu saja hal ini dapat membuat user menjadi semakin tertarik untuk membukanya dan membacanya.

Namun menuliskan angka pada judul juga tidak boleh dilakukan secara ceroboh dan sembarangan. Penulisan angka pada judul ini setidaknya sesuai dengan isi konten Anda. Listicle sebaiknya sesuai dengan judul yang Anda berikan sehingga user tidak merasa kecewa dengan konten Anda.

4. Buatlah clickbait untuk judul yang terlalu singkat
Jika memang judul Anda terlalu singkat maka Anda bisa menambahkan clickbait. Sebab sebuah judul yang menarik akan mengundang klik dari para pengguna internet. Selain itu dengan adanya tambahan judul yang menarik maka user akan semakin tertarik untuk membacanya.

Namun hal yang penting dan perlu Anda ingat adalah berikan berita dan info yang sesuai dengan judul. Artikel yang dibuat dan dipublikasikan melalui website bisa saja menambah minat para user untuk terus dibaca jika isinya sesuai dengan judul.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Clickbait, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Membuatnya"