Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Permalink: Pengertian, Fungsi, Cara Membuat, Contoh, dan Memperbaikinya

Pengertian Permalink atau permanent link
Permalink (Permanent Link)
Pengertian Permalink
Permalink (permanent link) adalah keseluruhan URL yang bisa dilihat di website untuk setiap konten atau postingan. Saat membuka sebuah website, Anda akan menemukan kalimat ataupun angka yang ada setelah domain. Dengan adanya permalink membuat pemilik website lebih mudah mengidentifikasi setiap konten yang dibuat.

Di sisi lain, hal ini juga memudahkan user untuk mengunjungi suatu halaman. Permalink juga membantu website agar mudah diindeks oleh Google. Dengannya, membuat permalink yang SEO-friendly juga menjadi tugas yang harus diselesaikan dengan baik oleh content writer.

Fungsi Permalink
1. Mudah dilihat oleh user
Saat Anda ingin membagikan konten website di media sosial, otomatis akan menggunakan permalink. Permalink yang dibagikan di media sosial akan mudah dilihat oleh user karena strukturnya sudah jelas. Dengan demikian, user yang melihatnya pun akan merasa nyaman dan memiliki kecenderungan untuk mengklik link tersebut.

2. Mudah diindeks oleh Google
Selain mudah dilihat oleh user, alasan kenapa permalink sangat penting adalah dapat memudahkan Google dalam mengindeks website Anda. Tanpa permalink, dipastikan Google akan sulit mengindeks website sehingga kemungkinan untuk berada di halaman pertama mesin pencarian sangat kecil.

3. Memperkuat SEO website
Dalam membuat konten, pemilik website tentu membutuhkan keyword yang tepat agar kontennya dapat menembus halaman pertama mesin pencarian Google. Dari keyword tersebut, Anda dapat memasukkannya menjadi permalink.

Dengan begitu, otomatis SEO dalam website Anda akan kuat dan Google akan mudah menemukan konten saat user mencari keyword yang berkaitan dengan konten Anda.

Cara Membuat Permalink yang SEO Friendly
Dalam membuat tautan permalink, sebaiknya harus memiliki semua karakteristik URL yang ramah SEO. Praktik terbaiknya yang bisa Anda coba di antaranya,
1. Harus dimulai dengan https yang akan menunjukkan bahwa halaman web aman, yang berarti bahwa informasi apa pun yang dikirimkan antara browser web dan server web dienkripsi.
2. Tautan harus pendek dan deskriptif karena tautan permalink harus pendek tanpa informasi yang tidak perlu, tetapi pada saat yang sama, tautan permanen harus mendeskripsikan tentang apa sebuah halaman.
3. Perlu memasukkan kata kunci SEO yang mana kata kunci SEO adalah frasa pencarian yang diketik pengguna di kotak pencarian mesin pencari. Dengan memasukkan istilah tersebut di permalink Anda, Anda memberi mesin pencari petunjuk yang kuat tentang konten halaman dan ini meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat tinggi untuk kata kunci tersebut. Ini juga memberi pengguna petunjuk besar tentang apa yang diharapkan dengan mengunjungi halaman tertentu.
4. Kata-kata di tautan permanen harus dipisahkan dengan tanda hubung karena kata apa pun yang membentuk tautan permanen harus dipisahkan dengan ‘-‘ dan bukan karakter lain.
5. Tautan permalink adalah huruf kecil untuk menghindari masalah apa pun, semua huruf dalam tautan permanen harus menggunakan huruf kecil. Ini karena beberapa server web memperlakukan karakter huruf besar secara berbeda.
6. Tidak boleh menyertakan kata-kata berhenti mengingat ini adalah kata-kata umum yang tidak memberikan nilai tambah atau membantu dalam memahami konten sebenarnya dari sebuah halaman. Misalnya, kata-kata seperti “a”, “the”, “on”, “and”, “is”, “of”, “you” dan kata-kata serupa lainnya.

Contoh Permalink dan Strukturnya
Struktur permalink utamanya terdiri dari dua bagian, yaitu domain website dan slug halaman. Contoh permalink yang baik adalah seperti berikut:
https://www.domainanda.com/contoh-website/

Penjelasannya seperti ini:
Nama domain website – https://www.domainanda.com
Slug halaman – /contoh-website/

Permalink yang baik harus jelas dan tepat sasaran. Berikut beberapa contoh permalink yang harus dihindari:
https://www.domainanda.com/cara-sukses-bisnis-online-cuan-untuk-pemula-di-tahun-2021/
https://www.domainanda.com/artikel183

Kedua permalink di atas dianggap buruk karena terlalu panjang dan tidak menjelaskan kepada pengunjung tentang apa yang akan dibahas dalam isi postingan atau halaman website.

Memperbaiki Struktur Permalink dan Kepentingannya untuk SEO
Sebagai pemilik situs, Anda harus berusaha semaksimal mungkin untuk memastikan permalink artikel blog ramah SEO. Ini karena mesin pencari memperhitungkan URL halaman web untuk pengindeksan dan peringkat.

Selain itu, tautan permalink ramah SEO lebih mudah diingat oleh pengguna situs web, dan karena pengunjung dapat dengan mudah mendapatkan ide tentang konten, tautan permanen ini cenderung menghasilkan rasio klik tayang yang lebih tinggi.

Saat mengubah tautan permanen halaman web untuk tujuan SEO, penting untuk menambahkan pengalihan 301 dari URL lama ke yang baru. Jika menggunakan sistem manajemen konten, ini biasanya dapat dilakukan melalui opsi pengaturan tautan permanen.

Jika tidak, dimungkinkan untuk mengarahkan tautan permanen melalui file .htaccess. Untuk meningkatkan kinerja SEO, tautan permanen harus disusun mengikuti rekomendasi berikut :
1. Kata yang digunakan harus sederhana, deskriptif, dan mudah dibaca.
2. Kata kunci yang relevan dengan pencarian calon pengunjung situs harus muncul dan ditempatkan di beberapa kata pertama tautan permanen.
3. Idealnya, pemilihan kata permalink tidak boleh lebih dari 5 kata dan tidak mengandung kata henti.
4. Kata-kata harus dipisahkan dengan tanda hubung, bukan garis bawah. Mesin pencari memperlakukan tanda hubung sebagai pembatas kata, tidak demikian halnya dengan garis bawah.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Permalink: Pengertian, Fungsi, Cara Membuat, Contoh, dan Memperbaikinya"