Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Organic Traffic: Pengertian, Cara Meningkatkan, dan Manfaatnya

Pengertian Organic Traffic
Organic Traffic
Pengertian Organic Traffic
Organic traffic adalah lalu lintas pengunjung suatu website melalui pencarian hasil organik (search engine), bukan dari iklan-iklan berbayar. Dikatakan organic traffic dalam hal ini saat seorang pengguna sedang mencari informasi atau konten tertentu dengan mengetikkan kueri atau kata kunci di halaman mesin pencarian seperti Google atau Bing, lalu menemukan sebuah website dan mengunjunginya.

Traffic yang satu ini memang sangat ampuh digunakan untuk menaikkan domain authority ataupun page authority dari website. Salah satu upayanya yaitu dengan melakukan optimasi SEO (search engine optimization) pada website. Dan untuk mendatangkan organic traffic ini tidak memerlukan biaya alias gratis.

Dalam praktiknya, seseorang menggunakan berbagai macam teknik, seperti membuat konten berkualitas dan melakukan riset keyword. Jika kita berhasil menemukan keyword yang tepat dan kontennya berkualitas, bisa dipastikan website kita akan terpampang di halaman pertama Google.

Dari sana, kita bisa mendapatkan banyak sekali organic traffic dari pengunjung karena berhasil mendapatkan ranking yang bagus di Google. Namun, pada kenyataannya untuk bisa mendapatkan traffic jenis ini memang perlu usaha yang lebih keras.

Waktu yang dikerahkan juga relatif lama, karena mesin pencari akan menyesuaikan seberapa baik dan berkualitas sebuah konten website.

Cara Meningkatkan Organic Traffic
Salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan organic traffic adalah dengan mengoptimalkan SEO. berikut beberapa cara yang bisa ditempuh di antaranya,
1. Riset keyword
Selalu lakukan riset keyword sebelum membuat konten untuk website. Anda bisa menggunakan tools seperti Ahrefs, SEMRush, ataupun Ubbersuggest. Untuk menemukan keyword yang tepat, pastikan cari search volume yang tinggi serta keyword difficulty atau tingkat persaingan yang rendah.

Setelah menemukannya, Anda tinggal membuat konten yang berkualitas. Dengan begitu, Anda memiliki kesempatan besar untuk berada di halaman pertama Google.

2. Optimalkan meta description dan SEO title
Saat mencari kueri di mesin pencarian, hal pertama yang dilihat oleh user adalah meta description dan SEO title pada sebuah website. SEO title adalah judul konten yang terpampang di mesin pencarian. Sementara meta description adalah tulisan yang mendeskripsikan keseluruhan isi kontenmu dan berada di bawah SEO title.

Untuk meningkatkan organic traffic, pastikan SEO title Anda menarik dan meta description-nya benar-benar spesifik dan menjelaskan isi konten secara keseluruhan. Jika keduanya dioptimalkan dengan baik, dipastikan pengunjung akan langsung mengklik website Anda.

3. Buat website user-friendly
Selain pengoptimalan SEO on page dan off page, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi website Anda, apakah sudah user-friendly atau belum. Pastikan website Anda tidak lama saat dibuka oleh user. Jika loading-nya lama, kemungkinan besar user akan meninggalkan website Anda.

Selain itu, perhatikan desain website dengan baik. Jangan buat tampilan website rumit sehingga menyulitkan user.

Manfaat Organic Traffic
Seperti halnya sayuran organik yang memiliki kandungan manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Begitu juga dengan organic traffic pada website, dapat memberikan manfaat yang baik pada website tersebut. Berikut beberapa manfaat yang bisa di dapatkan dari organic traffic di antaranya,
1. Jangkauan Pelanggan yang Semakin Luas
Seperti yang telah kita ketahui, organic traffic didapatkan dari hasil pencarian yang relevan dengan kata kunci yang diketik oleh pengunjung di mesin pencari. Oleh karena itu, hasil pencarian akan menampilkan query pencarian dari pengunjung.

2. Popularitas Website akan Terus Meningkat
Popularitas tidak hanya milik artis saja. Pada website juga demikian. Semakin banyak orang mencari dan mengakses website Anda, Google pun akan menilai bahwa website Anda memiliki konten yang menjadi pilihan pengunjung.

Oleh karena itu Google akan selalu menampilkan website Anda di peringkat pertama sebagai rekomendasi konten yang relevan dengan pencarian pengunjung.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Organic Traffic: Pengertian, Cara Meningkatkan, dan Manfaatnya"