Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Personal Computer (PC): Pengertian, Sejarah, Komponen, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, dan Manfaatnya

Pengertian Personal Computer atau PC
Personal Computer (PC)
Pengertian Personal Computer (PC)
Personal Computer (PC) atau komputer pribadi adalah istilah umum yang merujuk pada komputer yang dapat digunakan dan diperoleh orang dengan mudah. Personal Computer (PC) juga bisa diartikan komputer yang digunakan untuk tujuan umum dan biasanya lebih hemat biaya.

Mereka dirancang untuk digunakan oleh single-user atau pengguna tunggal. Setiap PC (komputer pribadi) bergantung pada teknologi mikroprosesor, yang memungkinkan pembuatnya dapat untuk mengatur seluruh unit pemrosesan pusat (CPU) pada satu chip.

Selain itu, Personal Computer (PC) merupakan istilah umum yang merujuk kepada mikrokomputer yang sesuai dengan spesifikasi IBM. PC adalah komputer pribadi yang pertama kali dikeluarkan oleh IBM dan secara tidak langsung mencetuskan penggunaan istilah PC (Personal Computer).

Sejarah Personal Computer (PC)
Istilah kata “PC” pertama kali digunakan dalam majalah New Scientist pada tahun 1964, termuat dalam artikel yang berjudul “The World in 1984”. Selain itu, juga bermunculan artikel-artikel lain mengenai PC yang berjudul “the Banishment of Paper Work”.

Generasi pertama dari mikrokomputer muncul pada tahun 1970-an tapi tidak berkemampuan tinggi dan kurang cakap bila dibandingkan dengan komputer bisnis saat itu, oleh karena itu hanya digunakan para peminat komputer saja atau untuk mengotak-atik mikrokomputer.

Contohnya seperti komputer modern di era chip silicon PC menggunakan mikrokomputer sebagai CPUnya (Central Proccesing Unit). Mikroprosesor pertama kali digunakan pada PC IBM yaitu intel4004 yang dikeluarkan perdana tahun 1971.

Kemudian, mikrokomputer generasi kedua diproduksi atau yang biasa dikenal sebagai komputer rumah (home computer) dan PC bisa digunakan untuk perorangan. Setelah itu, mikrokomputer menjadi alat perniagaan yang sangat  populer pada tahun 1980-an. Kepopuleran ini diakui karena harganya yang murah untuk komputer pribadi dan untuk saran bisnis.

Mikrokomputer juga menggunakan program spreadsheet VisiCalc yang diluncurkan untuk mesin Apple II, dan kemudian untuk kelompok 8-bit Atari, Commodore PET, dan PC IBM dimana menjadi program aplikasi terpopuler.

Pada tahun 1982, majalah Time memberikan penghargaan terhadap PC atau Komputer Pribadi dengan predikat “Man of the Year”.

Komponen Personal Computer (PC)
1. Hardware (Perangkat Keras)
Hardware adalah kumpulan perangakat keras komputer yang secara fisik bisa dilihat, diraba, dan dirasakan. Hardware terdiri dari 5 bagian di antaranya,
a. Input Device: (Keyboard, Mouse, dll),
b. Process Device: (Processor, Motherboard, RAM, dll),
c. Output Device:  (Monitor, Printer, dll),
d. Storage Device: (Hard disk, Flash disk, dll),
e. Peripheral Device: (WebCam, Modem, dll)

2. Software (Perangkat Lunak)
Software adalah perangkat lunak yang diprogram, disimpan dan diformat secara digital dan mempunyai fungsi tertentu sesuai dengan pembuatannya. Software tidak memiliki bentuk fisik dan Anda bisa mengoprasikannya menggunakan perangkat komputer. Software secara umum terdiri dari 3 bagian di antaranya,
a. Operating System (Sistem Operasi)
Sistem operasi menentukan cara komputer menyimpan file, beralih di antara aplikasi yang berbeda, mengelola memori, menjaga keamanannya sendiri, dan berinteraksi dengan periferal seperti printer dan kamera.

Sistem operasi yang berbeda mengambil pendekatan yang berbeda untuk semua ini, itulah sebabnya Anda biasanya tidak dapat menjalankan program Windows di komputer Macintosh dan mengapa izin terlihat berbeda di ponsel Android daripada di iPhone.

Sistem operasi yang berbeda berjalan pada jenis perangkat keras yang berbeda dan dirancang untuk jenis aplikasi yang berbeda. Misalnya, iOS dirancang untuk tablet iPhone dan iPad, sedangkan desktop dan laptop Mac menggunakan macOS.

Komputer atau ponsel cerdas Anda dilengkapi dengan OS, tetapi Anda dapat menginstal OS lain dalam beberapa kasus.

b. Programming Language (Bahasa Pemrograman)
Bahasa pemrograman komputer memungkinkan kita memberikan instruksi kepada komputer dalam bahasa yang dimengerti komputer. Sama seperti banyak bahasa berbasis manusia yang ada, ada berbagai bahasa pemrograman komputer yang dapat digunakan pemrogram untuk berkomunikasi dengan komputer.

Porsi bahasa yang dapat dipahami komputer disebut “biner”. Menerjemahkan bahasa pemrograman ke dalam biner dikenal sebagai “kompilasi”. Setiap bahasa, dari Bahasa C hingga Python, memiliki fitur tersendiri, meskipun sering kali ada kesamaan antara bahasa pemrograman.

Bahasa-bahasa ini memungkinkan komputer dengan cepat dan efisien memproses petak informasi yang besar dan kompleks. Misalnya, jika seseorang diberi daftar nomor acak mulai dari satu hingga sepuluh ribu dan diminta untuk menempatkannya dalam urutan menaik, kemungkinan itu akan memakan waktu yang cukup lama dan menyertakan beberapa kesalahan.

c. Program Aplikasi
Program aplikasi adalah perangkat lunak yang sudah umum digunakan seperti aplikasi untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Software di sini berfungsi sebagai alat pembuatan dari aplikasi itu sendiri. Contoh dari aplikasi itu adalah Excel, Mozila, Microsoft Word.

3. Brainware (pengguna/user)
Brainware adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan manusia yang berhubungan langsung dengan sistem komputer. Manusia adalah bagian penting dalam sistem komputer. Manusia mengambil bagian untuk merancang sistem komputer agar dapat bekerja sesuai yang diinginkan penggunanya.

Fungsi Personal Computer (PC)
Komputer pribadi dapat berupa komputer mikro, komputer desktop, komputer laptop, PC tablet, atau PC genggam sekalipun.

Fungsi utama dari komputer pribadi atau yang sering disebut dengan Personal Computer (PC) pada umumnya digunakan untuk bekerja dengan pengolah kata, komunikasi internet, dan komposisi suara dan juga untuk DTP. PC adalah teknologi yang paling dihargai di seluruh dunia. Kemampuan pemrosesan data PC juga telah ditambahkan ke dalam kegunaannya.

Bidang bisnis sendiri menggunakan PC untuk melakukan tugas-tugas seperti akuntansi, publishing dan mengolah kata serta untuk menjalankan database dan spreadsheet. Di rumah, PC terutama digunakan untuk hiburan multimedia, bermain game PC, mengakses internet, dan lain sebagainya.

Meskipun PC dimaksudkan untuk digunakan sebagai sistem pengguna tunggal, adalah merupakan hal yang normal untuk menghubungkan mereka bersama-sama untuk membuat networking (jaringan), seperti Local Area Network (LAN).

Cara Kerja Personal Computer (PC)
Cara kerja Personal Computer (PC) secara garis besar terbagi menjadi beberapa golongan di antaranya,
1. Data Input
Cara kerja komputer yang pertama adalah untuk melakukan input data atau memasukkan informasi. Komputer akan memasukkan data input dengan berbagai cara. Di antaranya melalui aktivitas yang dilakukan oleh perangkat keras seperti keyboard, mouse, mikrofon dan berbagai sensor eksternal lainnya.

2. Menyimpan Data
Setelah data input diterima, selanjutnya komputer akan melakukan penyimpanan. Kumpulan data-data sementara akan disimpan di RAM (Random Acces Memory). Pengguna nantinya bisa membuka kapan pun data atau informasi yang tersimpan di dalam komputer.

3. Memproses Data
Pemrosesan data merupakan kegiatan mengubah informasi yang didapat dari input kemudian diubah menjadi data output sesuai perintah pengguna. Data yang biasa diolah pada sebuah personal komputer juga terbilang sangat bervariasi. Mulai dari data berbentuk teks, gambar, video dan lain-lain.

Pemrosesan data tersebut dilakukan oleh CPU yang akan berperan sebagai otak dari sebuah komputer. Komponen CPU memproses serangkaian kode biner dan mengeksekusi instruksi yang diperintahkan menjadi data output.

4. Data Output
Personal komputer akan menghasilkan data output yang berisikan mengenai informasi yang telah diolah sebelumnya. Output ini nantinya akan ditampilkan pada perangkat melalui komponen tambahan seperti monitor, printer, atau melalui speaker.

Selain dilihat secara langsung dari perangkatnya, data output juga dapat dilihat melalui pantulan proyektor.

Jenis Personal Computer (PC)
Komputer pribadi atau personal computer (PC) terbagi dalam beberapa kategori berdasarkan ukurannya di antaranya,
1. Komputer Desktop
Komputer desktop dirancang untuk digunakan di meja dan jarang dipindahkan. Komputer desktop terdiri dari sebuah kotak besar yang disebut unit sistem yang berisi sebagian besar komponen penting.

Monitor, keyboard, dan mouse semua tancapkan ke dalamnya menggunakan kabel (atau dalam beberapa kasus, menggunakan teknologi nirkabel). Desktop menawarkan banyak daya komputasi dan kinerja untuk harga, dan mereka fleksibel karena Anda dapat menghubungkan monitor, keyboard, dan mouse apa pun yang Anda inginkan, serta memasang drive penyimpanan tambahan, memori, dan kartu ekspansi.

2. Laptop dan Notebook
Seperti namanya, laptop atau notebook adalah komputer portabel yang dirancang untuk dilipat seperti notebook untuk dibawa dan disimpan. Penutupnya terbuka untuk menampilkan layar, keyboard, dan perangkat penunjuk bawaan, yang menggantikan mouse.

Notebook dapat menjalankan sebagian besar perangkat lunak yang sama seperti desktop, dan mirip dengan itu dalam kinerja. Beberapa orang menyebutnya laptop. Notebook memungkinkan Anda membawa komputer ke mana saja. Namun, harganya lebih mahal daripada desktop dengan tingkat kinerja yang sama, dan tidak terlalu dapat disesuaikan atau ditingkatkan.

3. Netbook
Ini adalah singkatan dari internet notebook, netbook adalah komputer notebook yang lebih kecil dan kurang kuat yang dirancang terutama untuk mengakses Internet.

Netbook biasanya lebih murah daripada notebook atau komputer desktop, dan lebih ringan serta lebih nyaman untuk dibawa kemana-mana, tetapi mungkin, mereka tidak memiliki cukup memori dan prosesor yang cukup kuat untuk menjalankan semua aplikasi desktop.

4. Tablet
Sebuah tablet adalah komputer portabel yang terdiri dari layar peka sentuhan yang dipasang pada bingkai plastik ukuran tablet dengan komputer kecil di dalamnya.

Tidak ada keyboard atau pointer atau alat penunjuk, keyboard berbasis perangkat lunak muncul di layar saat diperlukan, dan jari Anda yang meluncur di layar berfungsi sebagai alat penunjuk. Tablet sangat portabel dan nyaman, tetapi biasanya tidak menjalankan aplikasi komputer desktop dan memiliki memori terbatas dan kemampuan penyimpanan.

5. Smartphone
Berarti ponsel pintar, smartphone adalah ponsel yang dapat menjalankan aplikasi dan memiliki kemampuan internet. Ponsel pintar biasanya memiliki layar sentuh yang sensitif. Banyak yang memiliki beragam aplikasi yang sadar lokasi, seperti Global Positioning System (GPS) dan program pemetaan dan panduan bisnis lokal.

Ponsel pintar memiliki banyak kesamaan dengan komputer, tetapi mereka tidak memiliki kekuatan dan fleksibilitas perangkat komputasi yang lebih besar.

Manfaat Personal Computer (PC)
PC memiliki manfaat yaitu sebagai perangkat yang digunakan untuk mengolah informasi sehingga mudah untuk melakukan perhitungan mekanis. Adapun manfaat lain PC di antaranya,
1. Alat untuk menghasilkan karya dengan praktis
Selain digunakan sebagai alat transfer data, PC juga memiliki peran penting dalam menghasilkan karya praktis dalam bentuk tulisan ataupun gambar bisa berupa digital atau grafis.

2. Dalam bidang administrasi dan bisnis
PC menjadi alat bantu untuk mempermudah pekerjaan manusia terutama dalam bidang bisnis dan administrasi. PC menunjang dalam pengolahan dokumen administrasi, perhitungan modal, untung, rugi dan masih banyak lagi.

3. Media transfer data dan informasi
PC menjadi alat untuk memindahkan data dan informasi dengan cepat dan mudah menggunakan jaringan internet.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Personal Computer (PC): Pengertian, Sejarah, Komponen, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, dan Manfaatnya"