Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

IBM (International Business Machines): Pengertian, Sejarah, dan Produknya

Pengertian IBM atau International Business Machines
IBM (International Business Machines)
Pengertian IBM (International Business Machines)
IBM (International Business Machines) adalah sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer. IBM didirikan pada 16 Juni 1911, beroperasi sejak 1888 dan berpusat di Armonk, New York, Amerika Serikat.

IBM adalah perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia, dan salah satu yang terus berlanjut dari abad 19. IBM memiliki banyak sekali perusahaan besar sebagai pusat-pusat pengembangan. Perusahaan ini memiliki teknisi dan konsultan di lebih dari 170 negara dan laboratorium pengembangan yang berlokasi di seluruh dunia.

IBM sendiri sebenarnya merupakan perusahaan gabungan dari beberapa perusahaan besar di antaranya,
1. The Tabulating Machine Company
2. The Computing Scale Corporation
3. The International Time Recording Company
4. The Bundy Manufacturing Company

Beberapa produk IBM yang terkenal dan sangat laku di pasaran, Anda bisa lihat Mainframe yang keluar tahun 1960-an, RA/6000, AS/400 dan IBM PC yang keluar tahun 1980-an. Lalu ada juga PowerPC CPU tahun 1990-an.

Sejarah IBM (International Business Machines)  
IBM berdiri sejak tahun 1911, tetapi cikal bakal keberadaannya sudah ada sejak tahun 1880-an. IBM telah berhasil menemukan beberapa teknologi komputer di antaranya,
1. Julius E. Pitrap yang berhasil menemukan timbangan berbasis komputer pada tahun 1885.
2. Dilanjutkan oleh Alexander Dey yang berhasil menemukan dial recorder pada tahun 1888.
3. Lalu ada Herman Hollerith yang berhasil menemukan Mesin Tabulasi Elektrik serta Williard Bundy dengan alat pengukur waktu kerja karyawan yang ditemukan pada tahun 1889.

Charles Ranlett Flint pada tahun 1911 kemudian mengumpulkan semua penemuan di atas dalam satu perusahaan bernama Computing-Tabulating-Recording. Hanya saja, seluruh teknologi di atas awalnya tidak dikaitkan dengan komputer, melainkan untuk mesin tabulasi dan pemotong keju.

Tiga tahun berikutnya, Flint merekrut Thomas J. Watson untuk memimpin perusahaan. Empat tahun di bawah pimpinan Watson, Computing-Tabulating-Recording meraup keuntungan mencapai US$ 9 juta. Maka pada tahun 1924 Computing-Tabulating-Recording (C-T-R) berubah nama menjadi IBM.

Periode perkembangan IBM berikutnya terjadi pada tahun 1953 hingga 1965. Pada saat itu juga terjadi beberapa penemuan hebat di antaranya,
1. Ketika tahun 1953, IBM memperkenalkan komputer pertama ke publik. Dan setahun kemudian secara resmi memasarkannya.
2. Dilanjutkan dengan dikembangkannya bahasa program ilmiah Formula Translation atau yang terkenal dengan FORTRAN oleh IBM pada tahun 1957.
3. Tahun 1964 , Komputer hasil produksi IBM mencapai kejayaan, tepatnya setelah berhasil membantu NASA melakukan rekam jejak astronot Mercury.

Pada tahun 1965 IBM secara resmi mengalihkan markas, dari sebelumnya di New York City, pindah ke Armonk.

Di tahun-tahun berikutnya, IBM terus melakukan penelitian dan pengembangan bidang komputer, hasilnya pada tahun 1981, IBM secara resmi mengeluarkan produk PC (Personal Computer) pertamanya, setelah sebelumnya pada tahun 1977 Apple mengeluarkan PC pertamanya.

Tahun 2002 IBM bahkan berhasil membeli bagian konsultasi PwC (PricewaterhouseCoopers). Inilah kantor jasa profesional terbesar di dunia. Setelah itu, IBM juga terus melakukan berbagai inovasi. Hasilnya IBM menjadi salah satu perusahaan teknologi dengan hak paten terbesar dari pemerintah Amerika Serikat.

Produk IBM (International Business Machines)
1. Perangkat Keras, Perangkat Lunak, dan Service
Beberapa contoh perangkat keras yang telah diproduksi IBM antara lain mesin server dari mulai Sistem P, Sistem I, hingga Sistem X, lalu ada pula teknologi penyimpanan (storage), dan juga mesin pencetak.

Sementara itu, untuk perangkat lunak, terdapat DB2 yang digunakan untuk mengelola data, WebSphere berupa aplikasi dan middleware, Tivoli yang berfungsi mengelola sistem dan jaringan, Rational untuk pembuatan aplikasi, dan Lotus untuk kolaborasi.

IBM juga menyediakan produk jasa berupa pelayanan service, termasuk kelangsungan dan perubahan bisnis, sistem aplikasi, service komputer dan perangkat lunak.

2. Mainframe Computer
Salah satu produk unggulan IBM adalah komputer mainframe. Komputer mainframe memiliki wujud fisik berupa sebuah komputer besar yang diperuntukkan kegunaannya sebagai pemroses data dan aplikasi yang besar.

Komputer mainframe banyak digunakan oleh organisasi atau perusahaan yang membutuhkan banyak data, seperti misalnya riset penelitian, keperluan militer, transaksi finansial, dan juga sensus.

Dalam waktu bersamaan, sebuah komputer mainframe dapat menangani ratusan pengguna, karena itulah harganya cukup mahal dan cukup menghabiskan daya listrik dalam jumlah tidak sedikit. Walau begitu, keunggulannya telah teruji dari segi pengolahan data dan ketangguhannya mengoperasikan berbagai macam aplikasi.

Dari IBM sendiri, komputer mainframe mulai populer pada awal tahun 1970-an, saat produknya telah memiliki interface yang memudahkan pengguna.

IBM adalah perusahaan teknologi komputer. Sudah banyak produk yang dihasilkan sangat bermanfaat untuk dunia. Beberapa produk IBM misalnya:
1. Automated teller machine (ATM)
2. Magnetic stripe card
3. Mesin virtual
4. Scanning tunneling microscope
5. Floppy disk
6. Dynamic Random Access Memory (DRAM)
7. Basis data relasional
8. Hard disk drive
9. Electronic keypunch
10. Reduced instruction set computing
11. Universal Product Code (UPC)
12. SABRE airline reservation system
13. Watson artificial intelligence

Di Indonesia sendiri keberadaan IBM diawali pada tahun 1937 ketika Watson Bedriffsmachine Java NV beroperasi. Saat itu, perusahaan ini berhasil membuat mesin pemrosesan data untuk perusahaan kereta milik pemerintah di Bandung. Lantas pada tahun 1953, perusahaan ini berubah nama menjadi IBM Indonesia Ltd, NV.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "IBM (International Business Machines): Pengertian, Sejarah, dan Produknya"