Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CPU: Pengertian, Komponen, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya

Pengertian CPU atau Central Processing Unit
CPU (Central Processing Unit)
Pengertian CPU
CPU (Central Processing Unit) adalah sirkuit elektronik di dalam komputer yang menjalankan perintah untuk membentuk program komputer. Istilah CPU mengacu pada prosesor, otak komputer karena CPU mengatur semua aktivitas dan jalannya semua program termasuk aplikasi atau software di dalamnya.

Bentuk, desain, dan implementasi CPU berubah sepanjang sejarahnya, tetapi operasi dasarnya hampir tidak berubah. Semua hal yang berkaitan dengan proses dalam komputer baik suatu proses yang sepele sekalipun akan selalu diatur oleh CPU.

Dengan demikian, tanpa adanya CPU dalam komputer maka komputer tidak akan bisa melakukan apapun atau komputer tidak dapat menjalankan programnya.

Komponen CPU
CPU memiliki berbagai macam komponen di dalamnya di antaranya,
1. Unit Kontrol
Unit kontrol merupakan bagian dari prosesor yang mengatur jalannya program. Komponen ini terdapat dalam semua CPU. Salah satu tugas dari unit kontrol adalah mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.

Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian unit kontrol dapat mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsinya.

2. Register
Register merupakan alat penyimpanan berukuran relatif kecil namun memiliki kecepatan akses cukup tinggi dengan fungsi untuk menyimpan data atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya di gunakan untuk menyimpan data saat sedang di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.

3. Aritmathic Logic Unit
Aritmathic Logic Unit atau dapat disingkat dengan ALU merupakan bagian dari CPU yang memiliki tugas untuk melakukan operasi aritmatika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut juga sebagai mesin bahasa karena ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmatika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri.

Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.

Fungsi CPU
Fungsi utama dari CPU adalah untuk melakukan operasi logika dan aritmatika untuk data yang diambil dari memori. Data juga dapat diberikan melalui beberapa perangkat keras. Pada dasarnya, CPU mirip dengan kalkulator namun cara kerja CPU jauh lebih kompleks untuk menyelesaikan instruksi yang diberikan.

Untuk dapat melakukan pemrosesan data, instruksi diberi alamat memori yang unik saat disimpan pada RAM. CPU kemudian melakukan pemrosesan dengan mengakses data pada RAM dengan alamat data yang telah dipilih. Berikut beberapa fungsi dari CPU di antaranya,
1. Memproses dan mengelola seluruh kalkulasi, perintah, dan operasi aritmatika serta logika dari data yang diambil dari memori.
2. Menjalankan program yang tersimpan dalam memori utama yang dilakukan dengan menerjemahkan setiap instruksi yang diberikan dan dieksekusi sesuai dengan alur perintah. Kontrol dari CPU dilakukan dengan menggunakan instruksi dari software komputer.
3. CPU memiliki tugas untuk mengontrol komputer agar ada sinkronisasi kerja antar komponen yang ada di dalamnya.
4. CPU memiliki fungsi sebagai pusat dari sumber tenaga komputer

Cara Kerja CPU
Processor (CPU) melakukan pemrosesan atau kinerja dengan beberapa langkah dasar menjadi siklus instruksi di antaranya,
1. Mengambil (Fetch). Langkah ini berarti CPU akan mengambil instruksi dari perangkat RAM.
2. Mendekode (Decode). Setelah instruksi diambil decoder dapat mengonversi instruksi menjadi sinyal untuk dikirim ke komponen komputer lainnya.
3. Mengeksekusi (Execute). Instruksi yang sudah diterjemahkan akan dikirim ke setiap komponen, yang akhirnya operasi yang dikehendaki dapat di jalankan dengan baik.
4. Simpan (Store). Langkah ini dijalankan setelah instruksi dari program, processor  kemudian mengirim umpan balik dalam bentuk output data. Data output tersebut akan ditulis ke memori komputer untuk referensi nantinya.

Jenis CPU
1. Intel Processor
Prosesor intel boleh jadi masih menjadi raja prosesor saat ini. Hampir sebagian besar produk komputer menggunakan prosesor intel. Dari segi produk yang banyak beredar di pasaran, saingan utama intel adalah AMD. Nah intel bukanlah nama baru, ia telah berdiri sejak tahun 1968 yang diproduksi oleh Intel Corporation.

Perusahaan Intel Corporation berkembang dan memproduksi produknya di Amerika Serikat. Selain memproduksi prosesor, Intel Corporation juga memproduksi mikroprocessor. Beberapa produk intel yang beredar di pasaran di antaranya,
a. Intel Quad Core Xeon2006
b. Intel Pentium Processor
c. Intel Pentium Pro Processor
d. Intel Pentium M Processor2003
e. Intel Pentium M 735/ 745/ 7552004
f. Intel Pentium III Xeon Processor2000
g. Intel Pentium III Processor1999
h. Intel Pentium II Xeon Processor
i. Intel Pentium II Processor
j. Intel Pentium D2005
k. Intel Pentium 4 Processor2001
l. Intel Pentium 4 Extreme Edition2005
m. Intel Italium Processor2001
n. Intel Italium II Processor2002
o. Intel Core i7 800, i5 dan Xeon 34002009
p. Intel Core 2 Quad2006
q. Intel Celeron Processor1999
r. Intel 486 TM DX CPU Microprocessor
s. Intel 386 TM
t. 8086 – 8088 Microprocessor
u. 8080 Microprocessor
v. 8008 Microprocessor
w. 4004 Micro processor
x. 286 Microprocessor

2. AMD (Anvanced Micro Processor)
Inilah pesaing utama intel, Anvanced Micro Processor atau yang lebih dikenal dengan nama AMD. Sekalipun sampai saat ini pamornya masih kalah dengan intel, tetapi dibanding jenis prosesor lainya, AMD lah satu-satunya pesaing utama intel.

Terutama karena sampai saat ini AMD terkenal memiliki pengembangan produk yang baik. Kantor utama AMD berada di Sunnyvale, California. Beberapa produk AMD  processor yang beredar di pasarkan di antaranya,
a. AMD Phenom II X6 1100T BK dengan spec 3,3 GHz,6x 512,6 KB
b. AMD Phenom II X6 1090T BK dengan spec 3,2 GHz,6x 512,6 KB
c. AMD Phenom II X6 1075T dengan spec 3 GHz,6x 512,6 KB
d. AMD Phenom II X6 1055T dengan spec 2,8 GHz,6x 512,6 KB
e. AMD Phenom II X4 970 Black dengan spec 3,5 GHz,4x 512,6 KB
f. AMD Phenom II X4 965 Black Edition dengan spec 3,4 GHz,4x 512,6 KB
g. AMD Phenom II X4 955 Black Edition dengan spec 3.2 GHz,4x 512,6 KB
h. AMD Athlon II X2 255 dengan spec 3,2 GHz,2 x 1024 KB
i. AMD Athlon II X2 250 dengan spec 3 GHz,2 x 1024 KB
j. AMD Athlon II X2 245 dengan spec 2,9 GHz,2 x 512 KB
k. AMD Athlon II X2 240 dengan spec 2,8 GHz,2 x 1024 KB

3. ARM Processor
ARM Processor yang dikembangkan oleh perusahaan yang bermarkas di Cambridge, Inggris dan telah berdiri sejak 1990 dnegan nama Advanced RISC Machines. Di bawah lisensi ARM Limited, prosesor ini terus berkembang sebagai rajanya processor pada ponsel. Jadi tidak mengherankan jika Anda banyak menemukan ponsel dengan prosesor ARM.

Beberapa jenis ARM Processor yang beredar di pasaran di antaranya,
a. Texas Instrument OMAP
b. Samsung Hummingbird
c. Qualcomm Snapdragon
d. Nvidia Tegra

4. Cyrix Processor
Cyrix adalah prosesor yang berkembang untuk mikroprocessor komputer. Pertama kali produk ini hadir di tahun 1988 dengan pusat pengembangan berada di Texas. Untuk kualitas, Cyrix memiliki performa cukup tinggi. Beberapa produk yang beredar di pasaran di antaranya,
a. Cyrix MII-433GP
b. Cyrix MII
c. Cyrix MediaGX
d. Cyrix FasMath
e. Cyrix 6×86 (M1)
f. Cyrix 5×86
g. Cyrix 486SLC dan Cyrix 486DLC

5. Apple Processor
Berikutnya ada nama prosesor yang terkenal sangat ekslusif, siapa lagi kalau bukan Apple Computer, Inc yang kemudian lebih dikenal dengan nama Apple Inc saja.  Perusahaan multinasional ini banyak memproduksi beragam processor dimulai dari tahap perancangan, resource, dan juga penjualan produk.

Pengembangan produknya dilakukan di Silicon Valley, Supertino, California. Beberapa produk yang beredar di pasaran di antaranya,
a. Apple CP/M
b. Apple DOS
c. Apple I
d. Apple II
e. Apple Pascal
f. Apple ProDOS
g. Apple SOS
h. Macintosh

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "CPU: Pengertian, Komponen, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya"