Pengertian Modem, Fungsi, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Modem atau modulator demodulator
Modem (Modulator Demodulator)

A. Pengertian Modem
Modem (modulator demodulator) adalah suatu perangkat komunikasi yang berfungsi sebagai alat komunikasi dua arah sehingga jaringan internet dapat diterima perangkat komputer/mobile dengan lebih baik. Modulator dalam hal ini berfungsi mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang siap untuk dikirimkan. Sementara demodulator adalah bagian dari modem yang berfungsi untuk memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa agar dapat diterima dengan baik.

Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

B. Fungsi Modem
Fungsi umum modem adalah sebagai alat untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog maupun sebaliknya. Tetapi modem memiliki fungsi lain di antaranya,
1. Perangkat untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog
2. Menghubungkan Perangkat dengan jaringan
3. Melakukan proses modulasi dan demodulasi
4. Melakukan pengecekkan data dan komunikasi
5. Melakukan kompresi data yang dikirimkan melalui sinyal

C. Jenis Modem
Modem dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan jaringan dan cara pemasangannya di antaranya,
1. Modem Eksternal
Merupakan alat yang digunakan komputer agar dapat mengakses internet. Data yang berasal dari komputer berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog. Apabila modem menerima data berupa sinyal analog akan diubah menjadi sinyal digital untuk diproses lebih lanjut melalui komputer.

2. Modem Internal
Jenis modem yang terpasang secara internal di mana sinyal analog yang tiba akan diubah menjadi sinyal digital dan secara langsung dikirim ke komputer.

3. Modem ISDN
Modem ISDN atau Integrated Service Digital Network merupakan sistem telekomunikasi yang ada dalam layanan berupa suara data maupun gambar yang kemudian diintegrasikan ke dalam suatu jaringan. Jaringan tersebut menyediakan konektivitas Digital dari ujung ke ujung untuk menunjang pelayanan yang lebih luas.

4. Modem GSM
Jenis modem yang menggunakan telepon seluler sebagai media untuk transfer data. Biasanya jenis modem ini didukung dengan penggunaan kartu koneksi dari provider yang memiliki sifat GSM.

5. Modem Analog
Sesuai dengan namanya bahwa modem ini memiliki fungsi sebagai alat yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

6. Modem ADSL
Modem ADSL atau Asimetric Digital Subscribe Line adalah alat untuk mengakses internet serta menggunakan telepon analog secara bersamaan. Dalam penggunaannya dibantu alat penghubung seperti splitter. Fungsi dari Splitter tersebut untuk menghilangkan gangguan agar dapat berjalan secara bersamaan yaitu menggunakan internet dan dapat menggunakan telepon biasa.

7. Modem Kabel
Modem kabel merupakan jenis modem yang digunakan untuk menerima data langsung dari penyedia layanan seperti TV kabel.

8. Wireless Modem
Data dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu seperti infrared pada remote TV atau melalui gelombang radio dengan frekuensi tertentu.

9. Modem CDMA
Merupakan jenis modem yang menggunakan frekuensi CDMA 1x atau CDMA 800 MHz. Untuk jenis modem CDMA yang terbaru sudah menggunakan frekuensi EVDO Rev-A setara 3G.

D. Kelebihan dan Kekurangan Modem
1. Kelebihan
a. Menghemat lebih banyak ruang.
b. Dari segi harga lebih ekonomis.
c. Tidak perlu adaptor, karena sudah terpasang di dalam CPU.
d. Sistemnya tampak lebih kompak tanpa banyak kabel berlarian yang bisa memberi kesan kurang rapi.

2. Kekurangan
a. Tidak ada indikator yang dapat ditemukan pada modem eksternal. Akibatnya, agak sulit untuk memantau status modem (meskipun dapat dilakukan melalui perangkat lunak).
b. Jangan menggunakan sumber tegangan itu sendiri, karena itu harus dipasok dari catu daya pada CPU.
c. Dapat meningkatkan suhu di kotak CPU. Karena pengaruh panas dari komponen di sirkuit modem internal.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Modem, Fungsi, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya"