Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Processor: Pengertian, Komponen, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya

Pengertian Processor
Processor

Pengertian Processor
Processor adalah sebuah komponen IC yang dapat mengontrol semua proses yang berjalan pada sebuah sistem komputer dan dapat digunakan sebagai pusat atau otak dan dapat melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Prosesor terletak tepat di tengah motherboard.

Prosesor memiliki fungsi yang penting bagi seluruh operasi perangkat komputer karena semua perintah dimulai dari processor. Adapun Jenis dan kapasitas processor mempengaruhi kecepatan dari sebuah komputer dalam menjalankan aplikasi atau program.

Processor Menurut Para Ahli
1. Juharis dan Abdul Hamid. Processor yaitu selaku pusat eksekusi dari setiap perintah, baik sebuah instruksi maupun data dalam sistem komputer.
2. Lia Kuswayatno. Processor yaitu sebuah chip yang menjadi pengolah utama serta digunakan sebagai pusat pengendali dari berbagai perangkat komputer.
3. Rahmat Putra. Processor yaitu sebuah komponen terpenting yang terdapat pada komputer dalam mengendalikan segala komponen yang berada di dalam komputer, untuk mengolah data serta untuk mengeksekusi semua sistem operasi yang sudah diinstalkan pada komputer.

Komponen Prosesor
1. Control Unit (CU)
Pengatur lalu lintas dan kegiatan data yang ada di dalam komputer seperti input dan output. Aktivitas bisa dieksekusi tanpa ada tumpang tindih dan dilakukan secara teratur.

2. Artimatics Logical Unit (ALU)
Komponen yang melakukan perhitungan aritmatika sesuai perintah yang diperoleh. Perhitungan digunakan supaya komputer dalam membaca instruksi dengan benar. Di dalam komponen ini, prosesor benar-benar melakukan pekerjaan yang penting pada sebuah sistem.

3. Register Unit (RU)
Komponen ini adalah alat penyimpanan yang lebih kecil daripada memory utama dan memiliki kecepatan akses cukup tinggi. Data yang telah diolah CU dan ALU akan disimpan di komponen ini untuk nantinya diolah kembali.

Fungsi Processor
Terdapat empat fungsi utama prosesor di antaranya,
1. Fetch, adalah operasi yang menerima instruksi dari memori program dari RAM sistem.
2. Decode, adalah tempat instruksi diubah untuk memahami bagian mana dari CPU yang diperlukan untuk melanjutkan operasi. Ini dilakukan oleh dekoder instruksi
3. Execute, adalah tempat operasi dilakukan. Setiap bagian dari CPU yang diperlukan diaktifkan untuk menjalankan instruksi.
4. Store, setelah prosesor menjalankan instruksi dari suatu program, maka harus memberikan umpan balik berupa data keluaran. Data keluaran ini kemudian ditulis ke memori komputer untuk referensi di kemudian hari.

Cara Kerja Processor
Procesor menjalankan sekumpulan instruksi mesin dengan memberitahunya tentang apa saja yang harus dilakukan. Berdasarkan instruksi tersebut, processor sendiri melakukan 3 hal dasar di antaranya,
1. Memakai ALU “Arithmetic Logic Unit” yang mana ALU ini bekerja untuk melakukan operasi matematis seperti pengurangan, penambahan, perkalian bahkan dengan pembagian. Pada mikro processor modern memiliki kandungan floating point unit yang mana bisa melakukan operasi-operasi yang sangat kompleks pada angka cukup besar.
2. Kemudian memindahkan data tersebut dari satu lokasi memori ke lokasi lainnya.
3. Mengambil keputusan dan juga melompat ke instruksi lain yang sesuai dengan keputusan tersebut.

Secara sederhana cara kerja dari processor yaitu menerima umpan maupun perintah masuk “input” baik itu dari mouse, keybord muapun pada alat penginput data lainnya yang terhubung, selanjutnya menerjemahkan maupun memproses data-data perintah ini lalu mengeluarkan maupun meneruskan outputnya pdaa hardware ataupun software terkait.

Jenis Processor
1. Intel
Processor intel adalah processor komputer yang paling banyak digunakan pada komponen laptop di seluruh dunia. Produk proses ini juga yang paling populer di Indonesia, terlebih lagi pengguna komputer yang sudah pasti mengenal brand processor ini, meskipun sangat terkenal Intel memiliki saingan yang berat dari segi produk yaitu AMD.

Processor Intel adalah sebuah produk processor keluaran dari perusahaan terkenal Intel Corporation. Pada tahun 1968 intel Corporation sudah berdiri dan menjual produk processornya. Di Amerika produk processor intel pertama kali dikembangkan dan diproduksi.

Ada beberapa contoh seri dari produk processor Intel seperti Intel Atom, Intel Celeron, Intel core 2 duo, Intel Core i3, Intel core i5, intel core i7 dan yang paling baru intel core i9. Ada juga versi untuk komputer server menggunakan Intel Xeon.

2. AMD (Advanced Micro Processor)
Processor AMD adalah sebuah perusahaan pembuat processor dan Graphic Card. AMD menjadi perusahaan pemasok processor terbesar kedua setelah Intel Corporation. Tetapi pada tahun 2019-2020 AMD mulai unggul dari Intel dengan lini produk processornya dengan seri Ryzen. Produk AMD banyak disukai oleh gamer karena processor AMD sudah disertai dengan Graphic Card langsung di processornya.

Pada tahun 1969 perusahaan AMD berdiri dan membuat produk processor. Berpusat di Sunnyvale, California, AMD mengembangkan dan membuat processornya. Secara umum produk AMD diminati oleh pengguna Gamers karena produknya sudah dilengkapi oleh Graphic Card. Berikut jenis produk processor AMD yang telah dipasarkan AMD E2, AMD A4, AMD A9, AMD Ryzen 3, AMD Ryzen 5, AMD Ryzen 7 dan lain sebagainya.

3. ARM Processor
ARM Processor yaitu sebuah perusahaan yang mana di dalamnya ini ada arsitektur processor mencapai 32 bit. Pusat pengembangan serta basis produksi ARM Processor ini masih berada dibawah lisensi dari ARM Limited. Processor ini dipakai untuk processor pada ponsel, sehingga tidak heran apabila hardware yang saru ini banyak tertera pada berbagai macam smartphone.

4. Cyrix Processor
Cyrix yaitu sebuah perusahaan yang mana melakukan pengembangan pada bidang mikroprocessor komputer. Awal dari pendirian perusahaan dan produksi produk yang dilakukan yaitu pada tahun 1988. Pusat pengembangan serta produksi processor ini letaknya berada di Texas. Cyrix ini yaitu termasuk dalam salah satu pemasok processor dengan performa cukup tinggi.

5. Transmeta Processor
Transmeta yaitu sebuah perusahaan yang mana melakukan pengembangan di bidang semi konduktor mikroprocessor. Pusat pengembangan dan produksi dari trasnmeta ini letaknya di California.

6. Via
Via yaitu sebuah perusahaan yang mana melakukan pengembangan pada chipset. Berbeda dengankebanyakan produsen processor lainnya yang dikembangan dieropa, produk ini adlah termasuk dalam salah satu bagian dari Formisa Plastics Group yang mana pusat pengembangan dan juga produksinya berada di Taiwan.

7. Apple Processor
Apple Processor awalnya adalah perusahaan yang dikenal dengan nama Apple Computer, Inc akan tetapi  belakangan ini perusahaan processsor berada di bawah lisensi apple yang disebut sebagai Apple Inc. Pergantian nama tersebut dilakukan setelah peluncuran produk baru dari iphone.

Baca Juga:

1. Processor Intel: Pengertian, Jenis, dan Perbandingannya dengan AMD 

2. Processor AMD: Pengertian, Jenis, dan Perbandingannya dengan Intel

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Processor: Pengertian, Komponen, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya"