Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komputer: Pengertian, Sejarah, Komponen, Fungsi, Jenis, dan Manfaatnya

Pengertian Komputer
Komputer
Pengertian Komputer
Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang bisa digunakan untuk mengolah data sesuai dengan berbagai prosedur yang sudah sebelumnya dirumuskan, sehingga mampu memberikan hasil informasi yang sangat bermanfaat untuk setiap penggunanya. Komputer di dalamnya terdapat rangkaian beragam komponen yang saling terkoneksi dan membentuk suatu sistem kerja.

Sistem yang terdapat di dalam komputer ini bisa melakukan pekerjaan secara otomatis dengan berdasarkan program yang sudah diperintahkan, sehingga bisa menghasilkan data serta program tertentu. Umumnya, komputer terdiri dari beberapa elemen utama, yakni perangkat keras atau hardware, software, dan pengguna atau brainware.

Kata komputer diambil dari bahasa latin, “computaire” yang memiliki arti menghitung. Sehingga, pengertian sederhana dari komputer adalah alat yang mampu menghitung aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Komputer Menurut Para Ahli
1. Robert H. Blissmer, komputer adalah sebuah benda elektronik yang bisa melakukan berbagai tugas, seperti menerima input dan memprosesnya sesuai dengan perintah, menyimpan berbagai perintah dan mengelola hasilnya, serta menyediakan hasilnya dalam bentuk informasi yang lengkap.
2. V. C. Hamacher, komputer adalah suatu mesin penghitung elektronik yang cepat dan mampu mendapatkan informasi input digital agar kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang sudah tersimpan di dalam memorinya, serta menghasilkan output dalam bentuk informasi.
3. Donald H. Sanders, komputer adalah sebuah sistem elektronik yang bisa digunakan untuk memanipulasi data secara cepat dan tepat, dirancang dan diorganisasikan agar mampu menerima serta menyimpan data secara otomatis, memproses berbagai data, sampai menghasilkan output dengan berdasarkan perintah yang sebelumnya sudah tersimpan di dalam memori.
4. William M. Fuori, komputer adalah sebuah alat yang mampu memproses data agar bisa melakukan perhitungan secara besar dan juga cepat, termasuk di dalamnya melakukan perhitungan aritmatika dan juga operasi logika, serta tidak ada campur tangan manusia di dalamnya.
5. Williams & Sawyer, komputer adalah suatu mesin serbaguna yang bisa diprogram dan menerima data serta memproses ataupun memanipulasi berbagai data tersebut ke dalam bentuk informasi yang bisa digunakan.

Sejarah Perkembangan Komputer
Pada awalnya, istilah komputer merupakan julukan seseorang yang ahli di bidang aritmatika (baik menggunakan alat hitung ataupun tidak). Barulah pada tahun 1897, komputer adalah perangkat mesin yang digunakan sebagai alat hitung. Hal tersebut terus mengalami pergeseran hingga sekarang komputer dimaknai sebagai seperangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen.

Sejarah komputer generasi pertama yang dikenal dengan Electronic Numerical Integrator and Calculator) yaitu sebuah alat digital elektronik yang dirancang pada Tahun 1942. Baru selesai pada tahun 1946.  Dikerjakan oleh John Presper Eckert dan Dr. John. W Mauchly di University of Pennsylvania), hingga saat ini ada lima generasi komputer di antaranya,
1. Generasi Pertama (Tabung Vakum)
Pada tahun 1946 komputer diciptakan dengan tabung vakum sebagai komponen utamanya. Beratnya hampir 30 ton. Tapi hal ini sangat tidak efisien karena membutuhkan daya listrik yang besar serta panas yang berlebih. Generasi pertama ini, masih menggunakan bahasa mesin yang hanya bisa dimengerti oleh komputer itu sendiri.

Inputnya menggunakan sebuah pita kertas dan punched card. Dengan output berupa printer. Yang mana, pada waktu itu membutuhkan sekitar 1 juta dollar hanya untuk mendapatkannya Ciri-cirinya yaitu:
a. Proses kurang cepat
b. Daya simpannya kecil
c. Suhunya cepat panas sehingga membutuhkan sebuah pendingin
d. Ukuran hardware sangat besar, sehingga membutuhkan ruangan yang luas.

2. Generasi Transistor
Generasi tabung vakum mengalami perkembangan. Sehingga tergantikan oleh teknologi transistor sebagai komponen utama yang sangat canggih. Mulai digunakan sekitar tahun 1959 hingga 1965. Beberapa kelebihan yang dimiliki adalah ukuran yang lebih kecil, tidak terlalu panas, dan minim tingkat kegagalan.

Generasi ini sudah tidak lagi menggunakan bahasa mesin seperti sebelumnya. Digantikan dengan bahasa FORTRAN dan CBOL. Sehingga bisa dikatakan bahwa komputer transistor adalah lebih baik dibanding tabung vakum. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:
a. Proses operasi lebih cepat
b. Mengembangkan magnetic score storage sebagai memori utamanya
c. Orientasi penggunaan program tidak hanya pada orientasi bisnis tetapi juga orientasi teknik
d. Mampu melakukan proses real time dan real sharing
e. Bahasa pemrograman tingkat tinggi

3. Generasi IC
Generasi ini disebut dengan generasi ketiga. Bentuk transistor diperkecil kemudian diletakkan pada IC bersama beberapa resistor dan kapasitor. Pertama kali dikembangkan oleh Jack Kilby yang merupakan seorang insinyur listrik. Kelebihannya adalah lebih cepat dan efisien. Juga merupakan komputer yang pertama kali menggunakan monitor dan keyboard.

Mengalami kemajuan dibanding sebelumnya yang menggunakan kertas. Karena dibandrol dengan harga yang cukup murah. Sehingga pada masa itu, orang-orang mampu membelinya. Ciri-cirinya di bawah ini:
a. Kapasitas memori lebih besar
b. Menggunakan terminal visual display yang bisa mengeluarkan suara
c. Media penyimpanan dengan kapasitas yang besar
d. Karena menggunakan IC, sehingga memiliki performa yang lebih cepat
e. Peningkatan software
f. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Generasi Mikroprosesor
Pertama kali dibuat oleh IBM pada tahun 1971. Kemudian di tahun 1984 perusahaan Apple merilis Macintosh. Sejarah komputer dan perkembangannya selanjutnya memasuki masa mikroprosesor. Yang mana, masih digunakan oleh beberapa masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Bersamaan dengan generasi mikroprosesor ini, lahirlah internet. Tampilan monitornya masih menggunakan satu warna (green color). Selain itu, dikembangkan sebuah chip sebagai memori komputer. Seiring berkembangnya waktu, para pakar mencoba untuk melengkapi apa yang belum ada. Yaitu PC-Compatible.

Oleh karena itu, pada generasi ini istilah PC mulai muncul. Perangkat mulai dikembangkan untuk perorangan dan mudah dibawa kemana-mana yaitu laptop. Beberapa contoh komputer generasi keempat ini adalah IBM Pentium II, Apple II, IBM 370, IBM PC/386 dan lain-lain.

5. Generasi AI
Yang terbaru dari perkembangan komputer adalah munculnya teknologi bernama AI. Yang memiliki kecerdasan buatan sehingga dapat melakukan input dengan lebih baik. Bahkan dengan teknologi ini, Anda dapat menginput bahasa yang digunakan sehari-hari, menyesuaikan keadaan dan mempelajari lingkungan sekitar.

Banyak developer yang saat ini sudah mulai menggunakannya. Disebut sebagai komputer masa depan. Dikembangkannya intel dan microsoft yang diprakarsai oleh Bill Gates yang merupakan pionir dari standar hardware dan software di seluruh dunia.

Ditandai dengan munculnya smartphone, tablet, netbook dan masih banyak lagi yang lainnya. Juga LSI (Large Scale Integration) yang memadatkan ribuan microprosessor. Yang paling terbaru adalah Pentium Empat yang dikeluarkan oleh Intel Corporation. Walaupun komputer generasi ini memiliki bentuk yang kecil dan sederhana. Tetapi memiliki kecepatan dan kecanggihan yang tidak perlu diragukan lagi.

Komponen Komputer
Komputer terdiri dari serangkaian komponen yang dikelompokkan menjadi tiga macam unit di antaranya,
1. Komponen INPUT
Komponen input adalah komponen hardware yang berfungsi sebagai pintu masuk tugas- tugas yang akan diberikan pada komputer. Contohnya adalah:
a. Keyboard. Keyboard merupakan komponen yang berfungsi memberikan masukan berupa data alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya. Pada keyboard terdapat huruf A-Z, angka 0 hingga 9, dan perintah-perintah lainnya.
b. Mouse.  penghubung  antara layar monitor dengan pengguna atau user. Dalam pengoperasiannya, mouse terlihat sebagai pointer di layar monitor.
c. Trackpad. Fungsinya sama dengan mouse, hanya berbeda pada bentuknya saja.
d. Pen. Hanya ada ketika layar yang digunakan merupakan layar sentuh. Fungsinya seperti mouse. Untuk memberi perintah cukup menekankan ujung pen pada layar.
e. Microphone. Komponen yang memberikan masukan dalam bentuk suara
f. Scanner. Untuk memindai gambar yang akan dimasukkan dalam sistem komputer menjadi file digital.

2. Komponen Proses
Komponen proses adalah komponen yang fungsinya memproses perintah yang diberikan oleh user untuk kemudian ditampilkan pada komponen output.
a. Prosesor. Komponen utama untuk pemrosesan data
b. Motherboard. Komponen yang menjadi tempat semua komponen berhubungan. Seperti hubungan antara komponen INPUT, PROSES, dan OUTPUT.
c. Hard Disk. Untuk menyimpan semua interpretasi yang diperlukan oleh komputer yang sifatnya permanen. Seperti dan sistem operasi komputer.
d. Memori (RAM). untuk menyimpan segala aktivitas komputer untuk sementara.
 
3. Komponen Output
Adalah komponen yang berfungsi sebagai alat untuk menampilkan informasi dari perintah yang telah di proses sebelumnya.
a. Monitor. Komponen yang menampilkan proses yang sedang dikerjakan oleh komputer.
b. Printer. Untuk mencetak data ke dalam bentuk hard copy.
c. Speaker. Untuk memberikan output berupa audio kepada pengguna.

Fungsi Komputer
1. Data Input (Data Entry)
Fungsi ini yaitu menerima data atau informasi dari sumber luar. Data yang diterima melalui aktivitas di keyboard, mouse dari komputer lain atau peralatan lainnya.

2. Pengolahan data
Fungsi komputer yang paling utama adalah melakukan pemrosesan. Berbagai macam data dan informasi adalah data yang diproses oleh komputer. Data yang diproses akan menghasilkan output yaitu berupa informasi. Contohnya seperti teks, gambar, audio, video, grafik, dan lainnya.

3. Penyimpanan data
Fungsi data storage adalah sebagai tempat untuk menyimpan informasi. Penyimpanan yang dilakukan berbeda-beda tergantung bagaimana informasinya akan digunakan. Fungsi komputer ini memudahkan pengguna untuk menemukan data dan akan digunakan kembali. Data tersebut dapat disimpan di dalam memori internal komputer maupun memori eksternal.

4. Keluaran data
Data yang telah diproses dalam komputer, hasilnya akan tersedia untuk digunakan oleh pengguna atau perangkat lainnya dengan berbagai tujuan. Contoh dari data output yaitu sebagai file audio, hard copy ke kertas, dicetak sebagai 3D model dan lain-lain.

Jenis Komputer
Jika kita perhatikan berdasarkan bentuk dan juga ukurannya, komputer terbagi menjadi tujuh jenis. Ketujuh jenis komputer tersebut adalah sebagai berikut ini:
1. Komputer Portabel
Pengertian komputer portable adalah komputer yang mudah untuk dibawa ke mana saja, yang mana bisa digunakan untuk kebutuhan penelitian di lapangan dan berpindah-pindah tempat. Jenis komputer ini kurang terkenal karena lebih berat dan juga lebih besar daripada laptop.

2. Komputer Desktop
Pengertian komputer desktop adalah komputer yang ditempatkan di atas meja. Jenis komputer ini mempunyai CPU yang terpisah dari keyboard dan juga monitor.

3. Komputer Palmtop
Pengertian komputer palmtop adalah komputer yang memiliki bentuk kecil dan bahkan bisa digunakan. Jenis komputer ini sudah sangat jarang digunakan semenjak kehadiran smartphone.

4. Komputer Tower
Pengertian komputer tower adalah komputer dengan bentuk lebih besar ketimbang komputer desktop. Umumnya, komputer ini disimpan di atas ataupun di sisi meja. Jenis komputer ini bisa ditambahkan dengan perangkat pendukung karena mempunyai expansion slot.

5. Komputer Notebook
Pengertian komputer notebook adalah komputer yang mempunyai ukuran lebih tipis. Biasanya jenis komputer ini digunakan oleh para pelajar, pengajar dan para peneliti yang memerlukan perangkat komputer yang ringan dan juga ringkas.

6. Handbook (Subnotebook)
Handbook adalah jenis dari notebook, namun dengan ukuran yang lebih kecil dari notebook. Biasanya, handbook didukung dengan prosesor berspesifikasi sangat rendah.

7. Komputer Laptop
Pengertian komputer laptop adalah komputer yang bisa ditempatkan di pangkuan para penggunanya. Laptop sudah didukung dengan CPU, monitor, dan juga keyboard yang menyatu dan bisa dibawa kemana saja.

Manfaat komputer
1. Memudahkan Pekerjaan
Dalam dunia kerja, komputer dirasa mampu membantu menyelesaikan segala urusan. Beberapa manfaat komputer yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan komputer ini adalah bisa mengolah data, mempercepat pekerjaan, berkirim informasi, mencetak dokumen penting, hingga berkomunikasi dengan orang penting yang berhubungan dengan perusahaan.

2. Penunjang Pendidikan
Komputer dalam dunia pendidikan bisa dimanfaatkan oleh guru untuk memberikan materi pelajaran. Hanya dengan menyajikan video interaktif, simulasi, dan program presentasi melalui komputer, siswa akan lebih mudah dalam memahami materi pelajaran.

3. Berbisnis
Untuk mendapatkan manfaat komputer dengan berbisnis ini, Anda bisa melakukannya dengan membuka rental komputer, warnet, kursus komputer, video editing, percetakan, programmer, dan lain sebagainya. Mengikuti perkembangan zaman seperti saat ini, bisa dilihat juga perkembangan usaha atau bisnis seperti jual beli online yang di mana juga menggunakan komputer.

4. Media Hiburan
Banyak sekali jenis hiburan yang bisa didapatkan dari komputer. Misalnya saja dengan menonton film, bermain game, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Ditambah semakin pesatnya perkembangan internet, membuat hadirnya banyak situs-situs yang menawarkan pengguna untuk menikmati hiburan yang disediakan.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Komputer: Pengertian, Sejarah, Komponen, Fungsi, Jenis, dan Manfaatnya"