Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perangkat Output Komputer: Pengertian, Contoh, Fungsi, dan Perbedaannya dengan Perangkat Input

Pengertian Perangkat Output Komputer
Perangkat Output Komputer
Pengertian Perangkat Output Komputer
Perangkat output komputer adalah perangkat yang memiliki fungsi untuk menyampaikan suatu informasi berupa keluaran dari hasil pemrosesan sistem. Output yang dihasilkan bisa teks, visual, audio, atau salinan cetak (dicetak di atas kertas).

Perangkat keluaran juga memiliki arti sebagai perangkat apa pun yang menerima data dari komputer, biasanya untuk tampilan, proyeksi, atau reproduksi fisik. Monitor, Speaker dan Printer adalah tiga perangkat output yang paling umum banyak digunakan pada komputer saat ini.

Contoh Perangkat Output Komputer dan Fungsinya
1. Layar monitor
Layar monitor yang termasuk dalam perangkat output yang paling sering kita jumpai. Jenis-jenis layar monitor adalah CRT (Cathode Ray Tube), Plasma Display, LCD Monitor, dan LED Monitor. Fungsi monitor adalah pada umumnya untuk menampilkan informasi grafis yang telah diolah sebelumnya oleh perangkat mesin terkait.

Keluaran yang dihasilkan bisa berupa gambar, tulisan, hingga video.

2. Speaker atau pengeras suara
Pengeras suara atau speaker termasuk dalam perangkat yang cukup dibutuhkan dan vital keberadaannya. Terdapat cukup banyak jenis dari pengeras suara di antaranya sub woofer, woofer, midrange, tweeter, full range.

Fungsi pengeras suara pada umumnya untuk mengubah gelombang listrik menjadi gelombang suara yang bisa didengarkan oleh telinga manusia normal.

3. Printer atau pencetak
Printer memiliki fungsi yang sangat vital. Jenis-jenis dari printer cukup banyak di antaranya,
a. Printer Dot-Matrix. Jenis printer yang mencetak tinta pada kertas dengan cara menorehkan tinta melalui benturan jarum pada panel yang berbentuk pita.
b. Printer Ink-Jet. Jenis printer yang mencetak tinta pada media printing dengan menggunakan torehan tinta yang diperoleh dari semprotan pada nozzle.
c. Printer Laser. Jenis printer yang menggunakan teknologi laser. Printer yang satu ini akan menorehkan tinta pada media printing dengan cara menghasilkan nodes atau titik-titik.
d. Printer Thermal. Jenis printer yang menghasilkan tinta pada media printing  dengan cara memanaskan roll  karet dengan pemanas elektronik.  Jenis printer thermal biasanya Anda  temui di kasir supermarket.
e. Printer 3D. Jenis printer ini memiliki berbagai kemiripan dengan jenis printer inkjet perbedaannya ada pada jenis plastik yang digunakan untuk mencetak tinta, yaitu plastic molten wax.
f. Printer Multifungsi. Jenis printer yang memiliki berbagai fungsi sekaligus. Berbagai fungsi dari jenis printer ini adalah scanning, faximile printing, dan lain sebagainya.

4. LCD Projector atau LCD Proyektor
LCD Proyektor memancarkan output pada layar presentasi berupa tampilan grafis. Berbagai jenis LCD di antaranya proyektor LCD, proyektor CRT (Cathode Ray Tube), digital Proyektor, proyektor LCOS (perpaduan antara LCD dengan DLP), proyektor DLP (Digital Light Processing).

Fungsi dari LCD proyektor adalah sebagai media informasi, sebagai media presentasi, dan sebagai pemutar video pada layar yang telah tersedia.

5. Headphone
Fungsi umum dari perangkat keluaran yang satu ini adalah mengubah energi listrik menjadi gelombang suara, hampir sama seperti speaker. Yang membedakan adalah kerasnya suara, headphone hanya bisa didengar sendiri sedangkan speaker bisa terdengar lebih luas.

Selain headphone, earphone dan headset juga termasuk perangkat output. Adapun perbedaan headphone dan headset terdapat pada fitur microphone, untuk headset memiliki microphone sedangkan headphone tidak memiliki microphone.

6. Plotter
Plotter ini memiliki fungsi yang mirip dengan printer, tetapi mencetaknya dalam ukuran yang besar. Kebanyakan plotter dipakai untuk mencetak banner, poster, spanduk dan hasil desain yang memiliki ukuran yang besar.

7. Interactive Flat Panel Display
Interactive flat panel display memiliki fungsi untuk menampilkan gambar beresolusi tinggi, gambar tebal, tajam dan jelas. Perangkat output ini biasa digunakan untuk ruang kelas sebagai pengganti papan tulis konvensional.

Tetapi di Indonesia belum banyak yang mengadopsi teknologi ini.

8. Sound Card
Sound card memiliki fungsi untuk menghasilkan suara dari sistem komputer sehingga bisa didengarkan melalui perangkat speaker dan headphone. Setiap perangkat komputer memiliki sound card, ada yang onboard dan ada juga kartu ekspansi sound card.

9. VGA Card
VGA Card atau kartu grafis memiliki fungsi untuk mengolah grafis komputer sehingga bisa ditampilkan pada monitor. Untuk para gamer tentu VGA ini menjadi perangkat output yang wajib karena berkaitan dengan kualitas gambar dan frame rate grafis.

Perbedaan Perangkat Input dan Output
Input Device. Perangkat input komputer mengubah data yang dimasukkan oleh pengguna ke dalam bahasa biner dan mengirimkannya ke komputer untuk memprosesnya. Misalnya, keyboard, mouse, pemindai, dll.

Output Device. Perangkat keluaran adalah perangkat periferal yang digunakan untuk mengubah keluaran yang diproses oleh komputer menjadi bentuk yang dapat dibaca manusia. Perangkat ini baik menampilkan output di layar (Soft Copy), mencetak di atas kertas (Hard Copy), atau melalui bentuk lain. Contoh output device: printer, monitor, proyektor, Speaker, headphone, dll.

Dari berbagai sumber

Download 

Baca Juga: Perangkat Input Komputer: Pengertian, Contoh, Fungsi, dan Perbedaannya dengan Perangkat Output

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Perangkat Output Komputer: Pengertian, Contoh, Fungsi, dan Perbedaannya dengan Perangkat Input"