Word Processor: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Manfaat, dan Contohnya

Pengertian Word Processor
Word Processor
Pengertian Word Processor
Word Processor (perangkat lunak pengolah kata) adalah suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk produksi (termasuk penyusunan, penyuntingan, pemformatan, dan kadang pencetakan) segala jenis bahan yang dapat dicetak. Word processor sehari-hari dikenal dengan kegiatan pengetikan meliputi pembuatan naskah, dokumen, atau surat-menyurat.

Pengolah kata sangat diperlukan pada berbagai bidang kehidupan seperti bidang pendidikan, pemerintahan, sosial dan ekonomi, kesehatan, keuangan, dan lain sebagainya. Dengan adanya aplikasi pengolah kata ini kita dapat dengan mudah membuat surat, laporan, dokumen, naskah-naskah, serta karya tulis lainnya.

Word Processor Menurut Para Ahli
1. Rusmanto (2011), word processor adalah suatu perangkat lunak yang dibuat khusus untuk mengolah kata, baik melalui pembuatan, penyuntingan, maupun penyimpanan dokumen.
2. Kuswayatno (2007), perangkat lunak pengolah kata atau word processor memfungsikan komputer sebagai mesin tik elektronik yang canggih. Program aplikasi word processor yang ada di Microsoft Office adalah Microsoft Word.

Sejarah Word Processor
Word processor yang paling awal adalah mesin tik yang ditemukan oleh Christhoper Latham pada tahun 1867. Pada tahun 1950, Ulrich Steinhilper seorang mekanik dari IBM menemukan mesin komputer yang dapat melakukan pengolahan kata.

Setelah dilakukan riset lebih lanjut, pada tahun 1969 IBM mengeluarkan Mag Card yang berfungsi untuk menyimpan tulisan. Namun Mag Card ini hanya mampu menyimpan satu file saja. Oleh karena itu, pada tahun 1970 ditemukan floppy disk yang berguna untuk penyimpanan program dan dapat menyimpan dokumen sebanyak 80-100 halaman.

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin majunya teknologi, akhirnya ditemukan sebuah program untuk pengejaan kata dan pengecekan surat pada tahun 1987. Sistem ini disebut Star Information System. Setelah ditemukannya sistem ini, barulah beberapa tahun kemudian banyak program tentang word processor seperti Microsoft Word dan WordStar.

Fungsi Word Processor
1. Digitalisasi tulisan
Beralih dari penulisan yang konvensional, dengan aplikasi Word Processor Anda bisa menambahkan visual untuk tulisan, seperti tabel, grafik, gambar, dan lain-lain. Sehingga, tulisan Anda pun dapat terlihat lebih menarik lagi.

Digitalisasi tulisan ini juga dapat mempermudah Anda jika ingin langsung mengirimkan tulisan melalui surat elektronik atau media sosial lainnya.

2. Mempermudah pengecekan ketepatan tata bahasa yang digunakan  
Pengecekan ketepatan tata bahasa dapat lebih mudah dilakukan dengan Word Processor yang bisa ekstensi ke aplikasi pengecekan tata bahasa. Selain ekstensi aplikasi pengecekan tata bahasa, terdapat koreksi otomatis juga jika Anda salah ketik suatu kata. Hal ini dapat meminimalisir kesalahan yang dibuat oleh penulis.

3. Mempermudah dalam penyimpanan dokumen
Dokumen yang berbentuk digital akan lebih mudah untuk dilacak dan diarsipkan. Tidak hanya menjadi mudah untuk dicari, tetapi juga mudah untuk diakses kembali. Dokumen konvensional lebih sulit untuk diakses kembali karena tidak mudah ditemukan bentuk fisiknya.

4. Penyuntingan dokumen dan mencetak dokumen jadi lebih mudah
Penyuntingan dokumen agar sesuai dengan format yang dibutuhkan akan lebih mudah dan rapi dengan Word Processor. Setelah disunting, jika ingin mencetak dokumen pun bisa langsung dilakukan.

Manfaat Word Processor
Adapun manfaat word processor di antaranya,
1. Membuat surat formal yang standar dan rapi dengan fasilitas pengolah kata yang tersedia.
2. Membuat tulisan dan laporan menarik dengan menambahkan gambar, tabel, dan grafik sesuai dengan yang diinginkan.
3. Memudahkan melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi dengan aplikasi pengolah kata, kita dapat menyunting dan merubah jika terjadi kesalahan sebelum naskah dicetak.
4. Menghemat biaya dan kertas untuk percetakan karena naskah dapat disimpan dalam bentuk file.

Contoh Aplikasi Word Processor
Contoh aplikasi word processor yang banyak digunakan di antaranya,
1. Microsoft Word
Microsoft word merupakan aplikasi pengolah kata yang paling populer dan paling banyak digunakan di seluruh dunia. Aplikasi ini mempunyai berbagai fasilitas untuk memudahkan penggunanya untuk membuat tulisan yang menarik. Microsoft word atau sering disingkat MS Word merupakan bagian dari Microsoft office yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1983.

2. OpenOffice.org Writer
OpenOffice.org Writer merupakan aplikasi pengolah kata yang merupakan bagian dari OpenOffice.org. Aplikasi ini berfungsi untuk mengedit dokumen dengan format .doc .docx .rtf .odt dan lain sebagainya yang penyelesaiannya juga dapat di-export menjadi file pdf.

Aplikasi ini dapat dengan mudah membuat memo, dokumen-dokumen, dan laporan yang menarik karena dapat juga dilengkapi dengan gambar, ilustrasi, tabel dan grafik. Sistem operasi yang bisa menggunakan aplikasi ini yaitu Windows, Linux, MacOS X, dan Sun Solaris.

3. Notepad
Notepad merupakan editor teks untuk membuat file teks sederhana yang berjalan pada Operating System (OS) Windows. Notepad atau lengkapnya Microsoft Notepad ini sudah hadir di semua versi sistem Microsoft Windows. Fungsi notepad adalah untuk membuat dan mengedit file teks sederhana.

Aplikasi ini tidak dapat melakukan pembuatan dokumen kompleks yang menggunakan gambar, tabel, grafik, atau ilustrasi lainnya. Biasanya notepad juga digunakan untuk membuat atau menyunting berbagai kode-kode program, seperti HTML, Java, CSS, dan lain sebagainya, meskipun dirasa cukup sulit untuk mengerjakan sesuatu yang kompleks.

4. Wordpad
Wordpad merupakan aplikasi pengolah kata yang juga terdapat pada semua versi sistem Microsoft Windows. Aplikasi ini lebih sederhana dibandingkan Microsoft Office namun lebih maju dari Notepad. Fungsi Wordpad adalah untuk membuat dokumen dan menyimpannya dalam bentuk file teks.

5. Google Docs
Google docs merupakan layanan pengolah kata, presentasi, formulir dan penyimpanan data web yang diterbitkan oleh google. Layanan ini mulai diterbitkan pada 10 Oktober 2006. Layanan ini tersedia pada website, seluler untuk iOS, Android, Blackberry, Windows, dan desktop di Google Chrome.

Berkas yang telah dibuat oleh aplikasi ini pun dapat diekspor ke komputer pengguna dengan format DOC, DOCX, HTML, ODF, PDF, Teks, RTF, ataupun Office Open XML.

6. Word Star
Word star merupakan aplikasi pengolah kata yang dipublikasikan oleh Micro Pro International. Sistem operasi yang digunakan pada aplikasi ini adalah sistem operasi DOS dengan menggunakan dot command. Namun aplikasi ini tidak mempunyai nama menu-menu sehingga semua perintah yang ada di Word star ini harus dihafal secara manual.

Salah satu kelebihan word star adalah aplikasi ini mampu menggunakan modus non-document di mana kita dapat menciptakan file text ASCII tanpa kode format. File tersebut sangatlah populer digunakan oleh programmer untuk membuat kode program.

7. Word Online
Word online merupakan layanan pengolah kata yang dilakukan secara online melalui browser. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi yang diciptakan oleh Google untuk seseorang yang ingin mengolah file word, presentasi ataupun spreadsheet melalui jaringan online.

Pengguna yang telah mempunyai akun di google maka secara langsung dapat memakai word online ini.

8. Abiword
Abiword merupakan aplikasi pengolah kata bagian dari GNOME Office. Aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur yang sama dengan Microsoft Word yang mampu membaca dokumen dengan format dokumen umum seperti .doc .sxw dan format-format lainnya.

Aplikasi ini juga memiliki fitur yang terintegrasi dengan layanan AbiCollab.net yang dapat digunakan oleh penggunanya untuk menyimpan file secara online. Abiword juga dikembangkan dengan lisensi General Public License (GPL), sehingga aplikasi ini termasuk open source software yang penggunaannya dan pengembangannya boleh dilakukan oleh siapa saja secara legal.

Sistem operasi yang dapat menggunakan aplikasi ini adalah Windows, Linux, MacOS X, dan Sun Solaris.

9. Kword
Kword merupakan aplikasi pengolah kata bagian dari KOffice. Kword ini seperti halnya aplikasi pengolah kata lainnya. Namun aplikasi ini memiliki kelebihan yaitu terdapat skema tata letak yang mengikuti konsep frame.

Dengan adanya frame ini, memudahkan penataan teks, objek dan grafik yang akan ditampilkan. Aplikasi ini dapat digunakan pada sistem operasi Windows, Mac OS X, Linux, dan Ubuntu. Ada beberapa versi Kword yaitu Mdk 8.0, Mdk 8.2 dan Mdk 9.0.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Word Processor: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Manfaat, dan Contohnya"