Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perangkat Input Komputer: Pengertian, Contoh, Fungsi, dan Perbedaannya dengan Perangkat Output

Pengertian Perangkat Input Komputer
Perangkat Input Komputer

Pengertian Perangkat Input Komputer
Perangkat input komputer adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data dan juga perintah ke dalam komputer. Data input device yang masuk ke mikroprosesor bisa berupa data sinyal input atau data maintenance input. Sinyal tersebut kemudian masuk ke mikroprosesor dan maintenance input berupa program yang dipakai untuk menerjemahkan data dari sinyal input.

Perangkat input komputer juga bisa diartikan sebagai unit atau perangkat luar yang dipasang. Perangkat ini dipasang sesuai dengan slot atau portnya masing-masing untuk memasukkan atau mentransfer data dari luar ke dalam mikroprosesor untuk diproses dan diterjemahkan secara digital.

Selain itu, fungsi perangkat input pada komputer adalah untuk menerima masukkan data dari perangkat luar yang disambungkan menuju mikroprosesor dan diterjemahkan menjadi sebuah informasi. Biasanya, ahli komputer menggabungkan istilah perangkat input dengan perangkat output, yang menghasilkan kombinasi istilah perangkat I/O (input / output).

Contoh Perangkat Input Komputer dan Fungsinya
Sebuah perangkat input (masukan) pastinya memiliki fungsinya tersendiri. Para pencipta dari perangkat tersebut membuat alat yang bisa memudahkan kegiatan yang berkaitan langsung dengan perangkat komputer (PC, laptop, notebook, hingga HP sekalipun).

Berikut beberapa contoh dari perangkat masukan di antaranya,
1. Keyboard
Keyboard komputer merupakan salah satu perangkat berjenis input yang berfungsi untuk memasukkan data berupa teks, seperti huruf, angka, simbol, dan lain sebagainya. Keyboard menjadi perangkat yang penting pada komputer. Tanpa keyboard bisa dipastikan komputer tidak dapat bekerja dengan baik sebagaimana semestinya.

Sebagai perangkat input yang telah mengalami beberapa kali perkembangan, keyboard komputer memiliki berbagai varian port dari port serial, PS/2, USB, hingga wireless. Meskipun ada banyak jenis port keyboard, tetap saja keyboard tergolong sebagai perangkat input.

2. Mouse
Mouse merupakan alat penunjuk (pointer) pada perangkat komputer, biasanya penunjuk ini dapat dilihat di monitor saat mengoperasikan komputer. Selain itu, mouse juga umumnya dilengkapi dengan tombol klik kanan dan kiri yang gunanya sebagai pengganti tombol enter dan select pada keyboard.

3. Joystick
Perangkat input selanjutnya adalah Joystick, yang merupakan perangkat keras komputer dan biasanya digunakan untuk mengoperasikan objek-objek pada sebuah game. Joystick sendiri tidak berperan sebagai perangkat penting, namun hanya sebatas pelengkap saja.

4. Scanner
Adapun scanner juga termasuk sebagai perangkat input yang didesain untuk menyalin text maupun gambar grafis dan kemudian dapat disimpan dalam bentuk file.

3. Touchpad atau bantalan sentuh
Bantalan sentuh terletak di bagian paling depan sebelum keyboard pada sebuah laptop. Berbagai pemutar media portabel, PDA, serta laptop dan komputer kebanyakan memiliki perangkat masukan yang satu ini. Berbagai jenis dari touchpad adalah touchpad, multi-touchpad, dan trackball touchpad.

Sedangkan fungsi dari touchpad sendiri adalah mirip seperti mouse. Namun ada beberapa tambahan, yaitu touchpad bisa melakukan fungsi hingga 3 jenis sekaligus, yaitu perintah 1 jari, 2 jari, hingga 3 jari.

4. Web camera atau kamera web
Letaknya bisa menempel pada unit laptop, tapi biasanya pada komputer pribadi (PC) letak webcam terletak terpisah dan bisa dipindah tempat. Sekarang ini webcam tersedia dalam berbagai jenis, di antaranya adalah serial and parallel port web cam, firewire and card based web cam, USB web cam, network and wireless webcam.

Fungsi dari web cam cukup banyak, di antaranya adalah sebagai sarana berkomunikasi tatap muka hingga sarana konferensi jarak jauh.

5. Flashdisk atau disk lepas USB
Sebuah diska lepas USB adalah sarana penyimpanan yang termasuk dalam perangkat masukan pada komputer atau bahkan HP. Pada flashdisk, sarana penghubung antara perangkat tersebut dengan komputer adalah port USB.

Berbagai fungsi dari flashdisk adalah sebagai sarana penyimpanan berbagai jenis file, hingga sebagai sarana transfer file dari satu komputer ke komputer lain. Selain itu juga berfungsi sebagai pemutar audio atau video, hingga sarana install ulang sistem operasi.

6. Microphone
Microphone memiliki fungsi sebagai alat input untuk audio pada laptop dan komputer. Microphone biasanya sudah include dalam fitur standar untuk perangkat laptop, tetapi untuk komputer biasanya Anda harus menambahkan aksesoris microphone tambahan.

Kualitas dari audio yang dihasilkan bisa dipengaruhi dari kualitas microphone yang digunakan.

9. Trackball
Trackball merupakan fitur yang ada pada mouse, biasanya lokasinya berada di tengah antara tombol klik kiri dan kanan. Fungsi trackball ini membantu Anda memindahkan halaman secara vertikal dengan lebih mudah tanpa harus menggeser mouse.

10. Light pen atau pena cahaya
Perangkat masukan lain yang biasanya digunakan untuk memasukkan berbagai data ke komputer maupun ponsel pintar adalah light pen atau pena cahaya. Fungsi dari light pen beragam, di antaranya adalah menggambar desain pada komputer, memasukkan berbagai data, melakukan klik, dan lain sebagainya.

Perbedaan Perangkat Input dan Output Komputer
Perangkat input (Input Device) komputer mengubah data yang dimasukkan oleh pengguna ke dalam bahasa biner dan mengirimkannya ke komputer untuk memprosesnya. Misalnya, keyboard, mouse, pemindai, dll.

Perangkat keluaran (Output Device) adalah perangkat periferal yang digunakan untuk mengubah keluaran yang diproses oleh komputer menjadi bentuk yang dapat dibaca manusia. Perangkat ini baik menampilkan output di layar (Soft Copy), mencetak di atas kertas (Hard Copy), atau melalui bentuk lain. Contoh output device : printer, monitor, proyektor, Speaker, headphone, dll.

Baca Juga: Perangkat Output Komputer: Pengertian, Contoh, Fungsi, dan Perbedaannya dengan Perangkat Input

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Perangkat Input Komputer: Pengertian, Contoh, Fungsi, dan Perbedaannya dengan Perangkat Output"