Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keyboard: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Perkembangannya

Pengertian Keyboard
Keyboard
Pengertian Keyboard
Keyboard adalah sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 1 sampai 9, dan juga 0. Serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard pada komputer berfungsi sebagai alat untuk input data.

Dalam komputasi, keyboard menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik. Tombol-tombol pada keyboard memiliki fungsi yang berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya.

Umumnya port keyboard pada komputer ada 2 macam di antaranya PS2 dan USB akan tetapi seiring berkembangnya teknologi, sekarang keyboard sudah ada yang memakai wireless atau tanpa menggunakan kabel.

Keyboard diciptakan oleh Christopher Latham Sholes (Seorang editor dan pencetak surat kabar) pada tahun 1868 berupa rancangan mesin ketik, kemudian ia mematenkan mesin tik praktis pertamanya. Berlanjut segera setelah itu pada tahun 1877 perusahaan Remington mulai memasarkan massal mesin ketik pertama.

Hingga berkembangnya teknologi, membuat mesin ketik secara bertahap mengalami revolusi menjadi keyboard komputer standar, seperti yang kita gunakan saat ini.

Fungsi Keyboard
Fungsi Keyboar Berdasarkan Susunan Tombolnya
Tombol-tombol pada keyboard dapat dibagi menjadi beberapa grup (susunan) berdasarkan fungsinya,
1. Typing (alphanumeric) keys. Merupakan tombol untuk mengetik yang terdiri dari huruf, angka, tanda baca, dan tombol simbol.
2. Control keys. Tombol kontrol digunakan untuk mengontrol atau mengombinasikan dengan tombol lain untuk melakukan tindakan tertentu. Beberapa tombol yang sering digunakan yaitu Ctrl, Alt, tombol logo Windows, dan Esc.
3. Functions keys. Merupakan tombol fungsi yang digunakan untuk melakukan tindakan tertentu. Beberapa tombol fungsi di antaranya, F1, F2, F3, hingga F12, yang memiliki fungsionalitas berbeda dari program ke program.
4. Navigation keys. Tombol navigasi merupakan kunci yang digunakan untuk berpindah-pindah dalam dokumen, halaman web, maupun mengedit teks.
5. Numeric keypad. Keypad numerik berguna untuk meng-input angka secara cepat. Kunci ini dikelompokkan bersama-sama dalam blok keyboard seperti kalkulator konvensional.

Ilustrasi tersebut memperlihatkan bagaimana penempatan tombol-tombol tersusun pada keyboard. Tata letak keyboard biasa akan terlihat seperti di atas, namun di sisi lain ada jenis dan tipe susunan yang berbeda tergantung keyboard yang dipakai.

Fungsi Keyboard Pada Komputer dan Android
Keyboard secara umum memiliki fungsi yang sederhana, yakni menginputkan data berupa angka, huruf, maupun simbol yang ditekan untuk penggunanya. Meskipun sederhana, namun alat ini cukup membantu pengguna komputer.

Keyboard komputer dan android berfungsi untuk mengirimkan perintah yang telah diketikkan oleh pengguna yang kemudian sampai ke CPU (Central Processing Unit), lalu perintah tersebut akan menjadi sinyal digital yang akhirnya akan ditangkap oleh processor.

Jenis dan Perkembangan Keyboard
Papan ketik yang saat ini banyak digunakan orang merupakan hasil pengembangan keyboard yang dipatenkan pada tahun 1868 oleh Christopher Latham Scholes. Berikut jenis dan perkembangan keyboard dari masa ke masa di antaranya,
1. Keyboard QWERTY
Pada tahun 1860, Sholes dan Dunsmore menciptakan keyboard pertama, yakni keyboard QWERTY. Keyboard ini merupakan terinspirasi dari mesin ketik yang seperti papan tuts dan hingga sekarang pun masih banyak diminati orang. Awalnya, mereka membuat keyboard dengan papan ketik yang berurutan abjad, “ABCD..”.

Namun, karena adanya kendala seperti pengerjaan yang jadi terhambat akibat macetnya papan ketik dan proses pengetikan yang semakin cepat akhirnya membuat mereka berpikir kembali untuk menemukan letak-letak huruf agar sesuai.

Kemudian, didapatkanlah inovasi dengan mengacak huruf-huruf abjad yang akhirnya menghasilkan desain keyboard baru.

Desain baru itu dibagi menjadi 4 baris. Urutan pada desain baru tersebut kemudian dipatenkan oleh Remington yang juga hasil penyempurnaan dan sudah tertata rapi seperti yang banyak digunakan sekarang.

2. Keyboard DVORAK
Tahun 1936, ada penemuan desain keyboard yang dibuat oleh August Dvorak. Keyboard ini dirasa lumayan rumit karena pengguna komputer telah terbiasa menggunakan keyboard QWERTY.

Desain keyboard itu dikenal dengan nama DVRAK yang namanya mengambil nama dari penemunya. Di android sendiri, ada banyak aplikasi keyboard terbaik.

3. Keyboard Klockenberg
Keyboard ini terbagi menjadi dua bagian (kiri dan kanan) yang merupakan hasil penyempurnaan keyboard sebelumnya. Keyboard ini cukup unik dengan pemisahan bagian kanan dan kirinya bersudut 15 derajat dan dibuat dengan miring ke bawah.

Keyboard seperti ini dapat berguna untuk mengurangi beban otot yang ada pada jari jemari dan pergelangan tangan pengguna terutama ketika melakukan pengetikan dengan durasi waktu yang cukup lama.

Selain itu, juga mengurangi beban pada otot tangan dan bahu. Tetapi, dengan adanya pemisahan tersebut, membuat keyboard ini membutuhkan tempat yang relatif luas dari keyboard lainnya.

4. Keyboard Maltron
Keyboard ini adalah keyboard yang paling berbeda dari keyboard lain. Bentuknya yang cukup unik dengan bentuk agak cekung ke dalam membuatnya cukup berbeda dari keyboard-keyboard sebelumnya.

Produsen Maltron beranggapan bahwa, manusia dapat mengetik dengan 8 jari dari 10 jari yang ada dengan keyboard biasa. Lalu, tangan harus terampil menyesuaikan dengan bentuk keyboard biasa.

Keyboard biasa dengan bentuk yang demikian, dianggap dapat menyebabkan Repetitive Stress Injures (RSI). Nah, berbeda dengan Maltron, tangan pengguna tidak perlu menyesuaikan keyboard melainkan keyboard Maltron itulah yang akan menyesuaikan tangan pengguna.

Sehingga, dengan bentuknya yang unik itu dianggap dapat membuat pengguna lebih nyaman dalam mengerjakan pengetikan dan mengurangi risiko terjadinya RSI. Bahkan, dapat pula meningkatkan kecepatan mengetik karena semua jari dapat turut andil dalam mengerjakan pengetikan.

5. Keyboard Chord
Keyboard ini, sepertinya menjadi keyboard yang paling sederhana dengan memiliki beberapa tombol saja yang kira-kira 4 sampai 5 tombol. Jika ingin menggunakan keyboard ini untuk mengetik, pengguna perlu menekan beberapa tombol bersamaan.

Pengguna juga mengetahui kombinasi-kombinasi penekanan yang akan digunakan untuk mengetik yang dapat menginput huruf. Adanya hal tersebut membuat keyboard chord jarang digunakan karena membuat pengguna akan sedikit mengalami kesulitan.

Meski begitu, keyboard ini memiliki kecepatan yang tinggi walaupun kurang populer digunakan orang. Ada beberapa macam keyboard chord di antaranya,
a. Keyboard Palantype
Keyboard ini memiliki 3 bagian kelompok, yang mana bagian kiri adalah konsonan awal sebuah kata, bagian tengah adalah kelompok vokal, dan bagian kanan adalah konsonan terakhir dari sebuah kata atau suku kata.

Tidak semua konsonan yang disajikan pada keyboard sehingga perlu menggunakan dan paham bagaimana menggunakan kombinasi beberapa tombol ketika mengerjakan pengetikan.

b. Keyboard Stenotype
Merupakan tulisan singkat yang digunakan untuk mencatat ucapan orang-orang-orang. Jenis tulisan seperti ini banyak digunakan oleh para wartawan dalam mencatat hasil wawancaranya agar lebih cepat.

Keunggulannya sama seperti keyboard palantype yang mana pengguna bisa menggunakan papan ketik ini dengan input data yang lebih cepat.

c. Keyboard Alphabetik
Dapat dilihat dari namanya, keyboard alphabetik ini merupakan keyboard yang susunan huruf-hurufnya berurutan seperti urutan alphabet. Keyboard semacam ini biasanya digunakan pada keyboard mainan anak-anak sehingga mereka dapat belajar dan mengenal huruf-huruf alphabet secara langsung.

d. Keyboard Numeric
Keyboard ini memiliki 2 bagian yakni angka dan arrow. Orang yang berkecimpung di bidang keuangan sepertinya kaan lebih dimudahkan jika menggunakan keyboard ini terutama dalam menginputkan bilangan dalam jumlah besar.

Tombol-tombolnya yang didesain hanya berupa angka dan arrow cukup mudah digunakan karena tata letak tombolnya dapat terjangkau tangan.

Pada keyboard biasa, keyboard numeric ini juga bisa ditemukan di bagian kanannya. Struktur angka yang disusun pada keyboard ini menyerupai kalkulator ataupun alat hitung lainnya. Dengan melihat lampu indikator num lock, jika menyala maka keyboard berfungsi sebagai angka.

Lalu, jika tidak menyala, maka keyboard berfungsi sebagai arrow.

Jenis Keyboard berdasarkan Bentuk
Zaman yang semakin canggih, membuat bentuk keyboard yang juga beragam. Semakin praktis dalam mengoperasikan benda ini, juga membuat waktu pengguna semakin efesien. Mulai dari penggunaan kabel untuk menghubungkannya dengan Central Processing Unit hingga konektivitas melalui Bluetooth.

Berikut beberapa jenis keyboard berdasarkan bentuknya di antaranya,
1. Keyboard Serial
Keyboard Serial merupakan keyboard yang menggunakan DIN 5 pada portnya. Untuk komputer yang berjenis AT sangat cocok untuk keyboard serial. Pada port DIN 5 keyboard ini terdapat 5 jarum, sehingga hal ini akan berguna sebagai detektor aktif. Jika salah satu mengalami kerusakan pada port nya maka keyboard ini tidak akan bisa digunakan.

2. Keyboard PS/2
Jenis keyboard ini tidak jauh berbeda dengan keyboard serial, hanya saja keyboard PS/2 lebih sering dipasangkan dengan sebuah komputer bertype ATX.

Jenis keyboard ini juga lebih sering digunakan dan dipakai. Jenis port ini menggunakan plug DIN mini yang di dalamnya terdapat 6 jarum sebagai penghubung. Dan setiap jarum masing-masing memiliki fungsi dan tugasnya.

3. Keyboard Wireless
Tidak kebanyakan keyboard pada sebelumnya, keyboard ini menggunakan sambungan tanpa kabel ke sebuah komputer. Dengan koneksi yang berbentuk infrared, wifi atau bluetooth, membuat keyboard ini dapat digunakan dengan semua jenis komputer.

Menggunakan port USB sebagai penghantar sinyal, kemudian sinyal-sinyal tersebut ditangkap langsung oleh Mouse agar dapat terkoneksi.

4. Keyboard USB
Keyboard USB merupakan paling sering dijumpai dan digunakan oleh banyak user. Jenis keyboard ini juga bisa digunakan semua jenis komputer.

Proses penggunaan pemasangan yang mudah dan simpel, membuat keyboard ini menjadi andalan. Menggunakan konektor berupa USB pada portnya, membuat proses mengantar data lebih cepat.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Keyboard: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Perkembangannya"