Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Printer: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya

Pengertian Printer
Printer
Pengertian Printer
Printer adalah peranti yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas, kain dan lain sebagainya. Printer bisa juga diartikan sebagai perangkat elektromekanik yang dapat mengubah data digital (text atau gambar) menjadi bentuk fisik.

Mesin printer elektronik pertama kali dibuat oleh perusahaan Jepang bernama Epson. Pada tahun 1968, Epson merilis EP-101 yang merupakan mesin printer elektronik pertama. Sejak saat itu, printer elektronik terus mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Sejarah Printer
Printer elektronik dibuat pertama kali oleh perusahaan Epson yang diluncurkan pada 1968. Tipe printer pertama yang berhasil dikembangkan tersebut diberi nama EP-101.

Awalnya printer yang dijual bebas itu masih menggunakan mesin ketik elektrik. Kemudian karena banyak orang yang membutuhkan kemampuan printer yang lebih cepat, printer Epson dikembangkan secara spesifik hanya untuk komputer.

Pada 1984 telah berhasil dikembangkan printer laser, yaitu HP Laserjet. Printer jenis ini sangat populer di kalangan masyarakat dunia. Selain karena harganya yang murah, printer ini juga memiliki sistem terbaru yang dapat memudahkan seseorang untuk mencetak dokumen.

Hingga sekitar 2010, printer 3D mulai diminati oleh masyarakat meski pada saat itu masih dalam tahap pengembangan dan belum bisa digunakan serta dijual secara umum.

Fungsi Printer
Pada dasarnya, fungsi dari printer adalah untuk mencetak dokumen elektronik menjadi dokumen fisik. Berikut beberapa fungsi printer secara spesifik di antaranya,
1. Mencetak Dokumen
Yang paling utama dari fungsi printer adalah untuk mencetak dokumen. Ada berbagai macam dokumen yang biasa dicetak menggunakan bantuan alat ini seperti transkrip, makalah, naskah, surat, ataupun tugas-tugas kuliah.

Biasanya dokumen tersebut akan dibuat terlebih dahulu di Microsoft Office untuk kemudian dicetak menggunakan printer.

2. Mencetak Foto
Selain dokumen, printer juga kerap kali digunakan untuk mencetak foto berbagai macam ukuran. Bahkan ada beberapa jenis printer dan merk tertentu yang menawarkan hasil cetak foto berkualitas dengan detail yang sangat tajam.

Untuk printer yang digunakan di sini adalah jenis printer berwarna dengan resolusi tinggi. Sehingga hasil cetak foto yang diharapkan bisa sangat memuaskan

3. Mencetak Banner/Spanduk/Poster
Untuk menunjang percetakan dalam berbagai media, turut dikembangkan printer berukuran besar yang biasa dikenal dengan sebutan plotter.

Jadi jenis printer besar ini biasanya digunakan untuk mencetak banner dan spanduk dalam berbagai ukuran serta mampu mencetak dengan resolusi yang tinggi.

4. Mencetak Sablon dan Stiker
Selain mencetak menggunakan kertas, printer juga bisa digunakan untuk mencetak di media lain seperti kain dan stiker. Terlebih lagi jenis sablon saat ini sudah banyak berkembang, Anda bisa mendapatkan sablon dengan berbagai motif

5. Merangkap alat pemindai (scanner)
Selain mencetak, perkembangan printer saat ini juga bisa merangkap sebagai alat scanner atau pemindai kertas. Perpaduan fungsi ini menjadi terobosan menarik sehingga banyak digunakan di berbagai instansi mulai perkantoran, rumah sakit, maupun pendidikan

Cara Kerja Printer
Untuk cara kerjanya, printer dapat bekerja dengan menggunakan listrik untuk mencetak dokumen. Selain itu, untuk bisa mencetak dokumen, maka data elektronik harus dikirimkan dari komputer ke printer yang Anda miliki.

Untuk mengirimkan data elektronik ini dibutuhkan software seperti software pemrosesan teks, software pemrosesan gambar dan software lainnya yang memberikan fitur untuk melakukan pencetakan. Dari software ini, biasanya Anda bisa menemukan fitur print untuk memulai pencetakan.

Ketika Anda menekan tombol print ini, maka akan keluar dialog box untuk melakukan pengaturan mengenai kegiatan printing yang akan Anda lakukan, mulai dari banyaknya jumlah copy, jenis print apakah hitam putih ataupun warna, setting margin dan lain-lainnya.

Begitu Anda sudah melakukan seting, maka langkah terakhir adalah dengan melakukan pencetakan. Tekan tombol Print yang ada pada dialog box yang sudah di setting tadi dan dokumen elektronik yang Anda inginkan bisa keluar dari print yang Anda miliki.  

Jenis Printer
Berikut beberapa jenis printer di antaranya,
1. Berdasarkan pemakaian
Berdasarkan pemakaiannya, printer bisa dibagi menjadi printer perseorangan dan printer Jaringan. Printer perseorangan atau pribadi adalah printer yang umumnya disambungkan dengan satu komputer saja. Biasanya jenis printer ini digunakan secara pribadi di rumah atau digunakan di kantor.

Printer jaringan adalah printer yang dihubungkan dengan jaringan komputer. Ini dapat ditemukan di berbagai tempat pencetakan. Ini juga biasa digunakan di perkantoran.

2. Jenis printer berdasarkan teknologi
Berdasarkan teknologi yang digunakannya, printer bisa dibagi menjadi beberapa jenis seperti printer daisy wheel, line printer, dot matrix, inkjet, dan laserjet. Saat ini umumnya yang banyak digunakan adalah jenis printer inkjet. Jenis ini adalah jenis printer dengan tinta isi ulang yang biasa digunakan di berbagai printer perseorangan saat ini.

Adapun printer lain yang cukup sering digunakan saat ini adalah laserjet. Jenis ini dikenal memiliki kecepatan mencetak yang cukup tinggi. Biasanya jenis printer inkjet ini digunakan sebagai printer jaringan di berbagai tempat percetakan atau kantor.

Berdasarkan teknologinya, bisa kita kelompokan beberapa jenis printer di antaranya,
a. Printer inkjet untuk mencetak foto dan gambar
b. Printer laser cocok untuk mencetak dalam jumlah banyak
c. Printer foto untuk Anda yang hobi foto

3. Berdasarkan merek yang beredar di pasaran
Khusus untuk pasar elektronik di Indonesia, ada beberapa jenis printer yang beredar dengan berbagai spesifikasi yang dimiliki sekaligus bisa jadi rekomendasi bila ingin beli printer.
a. CANON PIXMA iP2770
b. Brother Business Smart Plus MFC-J5520DW
c. HP Envy 5540 All-in-One
d. EPSON WorkForce WF-3521
e. HP DeskJet 1112 Printer [K7B87D]
f. Brother Work Smart MFC J885DW
g. FUJI XEROX DocuPrint CP115W
h. Brother HL-1211W
i. Dell B1265 Laser
j. HP Officejet Pro 8610
k. Primera Trio Portable All-in-One
l. Canon PIXMA iP110

Selain beberapa merek di atas, tentu saja masih ada banyak merek lainya tergantung kebutuhan.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Printer: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya"