Pengertian Smartphone, Sejarah, Sistem Operasi, Fitur, Jenis, dan Dampaknya

Pengertian Smartphone
Smartphone

A. Pengertian Smartphone
Smartphone adalah sebuah telephone genggam yang bekerja dengan menggunakan perangkat lunak sistem operasi (OS) yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Smartphone dilengkapi dengan fitur yang mutakhir dan berkemampuan tinggi layaknya sebuah komputer.

Smartphone Menurut Para Ahli
1. David Wood, smartphone adalah handphone cerdas yang memiliki kelebihan dibanding alat telekomunikasi lainnya. Kelebihannya terlihat dari proses pembuatannya dan proses penggunaannya.
2. Williams dan Sawyer, smartphone adalah telepon selular yang memakai beberapa layanan seperti layar, mikroprosesor, memori, dan modem bawaan. Dengan begitu, smartphone memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding handphone biasa.
3. Ridi Ferdiana, smartphone adalah perangkat telepon seluler yang dilengkapi dengan berbagai fitur. Dengan begitu, selain sebagai alat telekomunikasi, smartphone juga dapat digunakan untuk keperluan bisnis oleh pengusaha dan masyarakat umum.

B. Sejarah Smartphone
Penemuan smartphone ini telah dimulai sejak tahun 1909, yang ditandai oleh lahirnya PDA (Personal Digital Assistant) pada masa itu. Kemudian setelah itu lahirlah Nokia 9000 communicator. Handphone ini memenuhi standar kelayakan smartphone pada masanya, karena keypad yang dimiliki ponsel ini adalah QWERTY, ditambah dapat menggunakan fasilitas internet dan aplikasi bisnis.

Sebelum generasi smartphone yang memiliki Operating System Android, lahirlah ponsel dengan merek produk BlackBerry. Pada zamannya ponsel dengan merk BlackBerry ini adalah ponsel ekonomis dan canggih sehingga banyak digunakan oleh para pebisnis dan pemuda pada zaman itu. Tahun 2011 android dan iOS mengeluarkan teknologi terbarunya yang hingga sekarang dikenal dan dinamai smartphone. Tahun 2011 teknologi smartphone modern sudah memulai awal yang baik.

C. Sistem Operasi Smartphone
Seperti halnya pada komputer atau laptop, sebuah smartphone membutuhkan Operating System (OS) agar bisa bekerja sebagaimana mestinya. Berikut ini beberapa OS smartphone di antaranya iOS, Android, Windows Phone, Blackberry, Bada, Firefox OS, MeeGo OS, Palm, Symbian, Ubuntu, Tizan.

Dari sekian banyak OS smartphone yang digunakan, OS yang paling populer adalah Android, iOS, Windows Phone, dan Blackberry. Namun, secara keseluruhan Smartphone Android lah yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

D. Fitur Smartphone
Sebuah smartphone umumnya dilengkapi dengan berbagai fitur canggih agar bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Beberapa fitur tersebut di antaranya Telephone, SMS, Camera, Pemutar Musik dan Video, Internet, Editing Document, Ebook Viewer, Aplikasi Game, Dan lain-lain. Kita juga bisa menambahkan fitur lainnya yang dibutuhkan pada sebuah smartphone dengan menginstal aplikasi tertentu ke dalamnya.

E. Jenis Smartphone
Beberapa jenis Smartphone dapat dibedakan berdasarkan bentuknya. Berikut ini adalah jenis-jenis smartphone berdasarkan bentuknya di antaranya,
1. Handphone, adalah yang paling banyak digunakan karena bentuknya yang lebih kecil dan ringkas dibawa kemana saja. Umumnya smartphone berbentuk handphone sudah memiliki layar touch screen. Tombol keypad pada smartphone berada pada screen yang dapat dinavigasi melalui touch screen tersebut.
2. iPhone, adalah smartphone berbentuk handphone yang dikeluarkan oleh Apple. Secara garis besar fiturnya sama dengan handphone smartphone pada umumnya.
3. Tablet, merupakan smartphone yang bentuknya lebih lebar dan terlihat seperti buku. Layarnya lebih lebar dibandingkan dengan handphone dan seringkali dilengkapi dengan mini keyboard jika dibutuhkan. Biasanya tablet sangat jarang digunakan untuk telephone. Hal ini dikarenakan ukurannya yang cukup besar dan membutuhkan earphone agar bisa nyaman menggunakannya.
4. iPad, adalah istilah untuk tablet yang dikeluarkan oleh brand Apple.
5. Smartwatch, adalah sebuah jam tangan pintar yang terhubung dengan internet dan perangkat lain, misalnya smartphone. Smartwatch dilengkapi dengan fitur GPS, Email, Telephone, SMS, dan prediksi cuaca.
6. iWatch, adalah produk jam tangan pintar yang dikeluarkan oleh brand Apple. Produk ini hanya bisa terhubung dengan produk iPhone.

F. Dampak Smartphone
Beberapa dampak smartphone yang dapat memengaruhi penggunanya di antaranya,
1. Dampak Positif
a. Membantu efektivitas tugas maupun pekerjaan
b. Memberi pengetahuan
c. Penggunanya dari semua kalangan
d. Memiliki fungsi yang sama seperti laptop, namun lebih kecil sehingga mudah dibawa
e. Memberi informasi dan hiburan
f. Komunikasi lebih mudah dilakukan
g. Membantu produktivitas dan alat bisnis yang menghasilkan uang.

2. Dampak Negatif
a. Jika tidak dikontrol, bisa membuat penggunanya seolah lupa pada dunia nyata
b. Bisa membuat penggunanya kecanduan, dan tidak baik untuk kesehatan mental
c. Menciptakan kelas-kelas di masyarakat sehingga terjadi sekat antar masyarakat
d. Menambah pengeluaran jika tidak digunakan secara bijak dan produktif.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Smartphone, Sejarah, Sistem Operasi, Fitur, Jenis, dan Dampaknya"