Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Komputer: Pengertian, Komponen, Fungsi, dan Penerapannya

Pengertian Sistem Komputer
Sistem Komputer
Pengertian Sistem Komputer
Sistem komputer adalah kombinasi dari berbagai komponen komputer yang saling berkaitan satu sama lain, sehingga dapat berinteraksi dan menjalankan proses pengolahan data. Masing-masing komponen penyusun tersebut memiliki peran yang jelas, saling terhubung dan tidak terpisahkan dalam menunjang kinerja komputer.

Sistem Komputer Menurut Para Ahli
1. Wimatra, dkk (2008), sistem komputer adalah suatu sistem dalam perangkat komputer yang memiliki tujuan untuk melakukan proses pengolahan data, yang kemudian dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna.
2. V. C. Hamacher, sistem komputer adalah sistem yang dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

Komponen Utama Sistem Komputer
Sistem komputer sendiri memiliki berbagai komponen utama yang sangat penting keberadaannya demi berjalannya sistem komputer yang baik. Ketiadaan salah satu komponen utama ini tentu saja sistem komputer tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Komponen utama pada sistem komputer dibagi setidaknya menjadi tiga bagian di antaranya,
1. Brainware (User)
Brainware (perangkat otak) adalah manusia atau pengguna komputer itu sendiri. Brainware bisa pula disebut sebagai user. Jadi, ketika menggunakan sebuah komputer maka sebenarnya Anda yang menjadi pengguna komputer itu sendiri juga menjadi bagian dari sistem komputer tersebut.

Brainware secara sederhana bisa disebut sebagai pengguna komputer tersebut. Keberadaan brainware menjadi sangat penting karena tentu saja komputer tidak mungkin berjalan sendiri tanpa dioperasikan oleh pengguna.

2. Hardware
Hardware atau perangkat keras adalah perangkat yang memiliki wujud fisik. Perangkat ini adalah berbagai benda komputer yang Anda gunakan. Misalnya monitor, mouse, keyboard, dan CPU. Semua komponen tersebut merupakan bagian dari elemen hardware komputer.

Hardware pada sistem komputer juga terdiri dari beberapa unit komponen di antaranya,
a. Processing Unit (CPU)
Processing Unit atau CPU (Central Processing Unit) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai pusat pengolahan data dan mengontrol semua perangkat internal ataupun eksternal yang terhubung pada komputer. Jadi bisa dikatakan perangkat ini merupakan otak dari komputer.

CPU akan melakukan komunikasi dengan komponen input, output dan storage untuk melaksanakan data atau perintah yang dimasukkan.

b. Input Unit
Input Device adalah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Misalnya keyboard, pointing device, mouse, touch screen, digitizer grapich tablet, scanner, microphone.

c. Output Unit
Output Device adalah perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk menampilkan informasi atau data yang merupakan hasil dari pemrosesan di sistem komputer. Data yang dihasilkan dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), gambar, suara atau berupa video. Misalnya monitor, printer, speaker.

d. Storage Unit
Instruksi yang telah dimasukkan pada sistem komputer melalui input unit selanjutnya akan simpan di unit storage sebelum benar-benar mengalami pemrosesan.

Begitu juga dengan hasil dari data yang telah selesai diproses, data tersebut terlebih dahulu disimpan pada storage unit sebelum dipindahkan pada output unit. Storage Unit terbagi menjadi dua di antaranya internal storage dan external storage.

3. Software
Software sendiri juga dikenal sebagai perangkat lunak. Disebut perangkat lunak karena tidak seperti hardware, software tidak memiliki bentuk fisik. Bisa dikatakan software adalah perangkat yang berisi perintah atau instruksi yang bisa dipahami komputer.

Software dapat dibedakan menjadi beberapa macam jenis kategori di antaranya,
a. Operating System (Sistem Operasi)
Sistem Operasi komputer merupakan program dasar komputer yang berfungsi untuk menghubungkan pengguna dengan hardware. Bisa juga dikatakan sistem operasi adalah perangkat lunak yang memiliki tugas untuk melakukan kontrol perangkat keras yang memungkinkan terjadinya interaksi antara perangkat keras dengan jenis software yang lain.

Contoh sistem operasi komputer misalnya microsoft windows, linux, mac os, program aplikasi (aplication program).

Program aplikasi adalah kategori software yang dipakai untuk membantu pekerjaan pengguna komputer untuk mengolah berbagai macam data. Perangkat lunak umumnya dinstall sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer tersebut.

Contoh adalah microsoft excel, microsoft word, microsoft access, photo shop, web browser, game dan masih banyak yang lain.

b. Utility Program (Program Tambahan )
Utility Program atau software adalah software yang mempunyai fungsi untuk menjaga dan melindungi sistem komputer tetapi tidak berhadapan langsung dengan hardware. Contohnya antara lain data recovery, disk defragmenter, sceensever, backup, anti-virus dan lain-lain.

c. Language Program (Bahasa Pemerograman )
Language Program adalah bahasa yang dipakai oleh pengguna komputer untuk berkomunikasi dengan komputer, bisa juga dikatakan sebagai standar bahasa instruksi untuk berkomunikasi dan memberikan perintah pada komputer. Contoh bahasa pemrograman antara lain PHP, Java, Python dan lain-lain.

Fungsi Sistem Komputer
Sistem komputer memiliki empat fungsi dasar di antaranya,
1. Menginput Data
Sistem komputer berfungsi untuk menginput seluruh jenis data yang telah dimasukkan oleh pengguna melalui perangkat hardware seperti mouse, keyboard, microphone dan yang lainnya.

2. Memproses Data
Sistem komputer berfungsi untuk memproses data. Data yang telah diinput oleh user masih dalam bentuk mentah. Oleh karena itu setelah diinput sistem akan melakukan sebuah process yang mana mentransfer data mentah tersebut menjadi sebuah informasi yang dapat dibaca oleh memori komputer. Proses data ini dilakukan pada Central Processing Unit yang juga berperan sebagai otak komputer.

3. Menghasilkan Data
Sistem komputer berfungsi untuk menghasilkan sebuah output yang merupakan hasil dari data yang telah diproses. Hasil output tersebut dapat berupa informasi, gambar, suara ataupun video.

4. Menyimpan Data
Sistem komputer berfungsi untuk menyimpan data output yang merupakan hasil olahan dari process pada memori komputer

Penerapan Sistem Komputer di Kehidupan Sehari-hari
Sistem komputer ini tentunya sangat membantu pekerjaan manusia di era teknologi seperti sekarang. Berikut beberapa penasaran sistem komputer dalam kehidupan sehari-hari di antaranya,
1. Bidang industri
Di bidang industri, komputer digunakan untuk mengontrol mesin yang digunakan untuk produksi perusahaan dengan kecepatan tertinggi. Contohnya untuk CNC hingga mesin serba guna. Dengan sistem komputer, pekerjaan di industri tidak sesulit yang dibayangkan.

2. Bidang niaga
Di bidang niaga atau bisnis, penerapan sistem komputer sudah sangat jelas. Contohnya digunakannya mesin kasir yang menggunakan tenaga sistem komputer. Sehingga mesin bisa dikontrol dengan baik oleh manajer hanya dari ruang kerjanya saja.

3. Bidang pendidikan
Sistem komputer biasanya digunakan untuk media bantu ajar. Selain itu, banyak alat laboratorium yang dilengkapi sistem komputer supaya pekerjaan lebih teliti serta bisa terhindar dari hambatan indra manusia. Alat riset kebanyakan juga menggunakan sistem komputer.

4. Bidang bioteknologi
Alat-alat kultur yang ada di bidangnya kebanyakan menggunakan kontrol sistem komputer. Tujuannya agar ketelitian pekerjaan lebih bagus dan menjadikan ruangan lebih steril. Bahkan tidak sedikit perusahaan negara maju mengembangkan robot komputer untuk keperluan ini.

5. Bidang militer
Sistem komputer juga sudah merambah ke bidang militer. Sistem komputer mengontrol pesawat angkasa dan pesawat terbang. Hal ini untuk mengatasi kesulitan kontrol, kebanyakan pesawat sudah mengadopsi tenaga komputer.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Sistem Komputer: Pengertian, Komponen, Fungsi, dan Penerapannya"