Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Digital Agency: Pengertian, Layanan, Jenis, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Pengertian Digital Agency
Digital Agency
Pengertian Digital Agency
Digital Agency adalah perusahaan maupun perorangan yang berperan sebagai pihak ketiga yang membantu klien (pebisnis) untuk membuat, merencanakan, mengelola kampanye pemasaran digital. Instrumen yang digunakan biasanya berupa website, aplikasi, search engine, media sosial dan semacamnya.

Digital agency hadir untuk menangani berbagai klien yang membutuhkan bantuan periklanan kepada masyarakat yang sudah banyak menghabiskan waktu melihat berbagai device seperti komputer, laptop, dan lain sebagainya. Digital agency memadukan berbagai instrumen desain grafis dan copywriting berdasarkan teknik pemasaran.

Layanan Digital Agency
Kegiatan pemasaran yang mampu dilakukan oleh digital marketing agency biasanya meliputi di antaranya,
1. Membantu peningkatan branding secara online
2. Meningkatkan SEO ( Search Engine Optimisation ) website
3. Social media marketing management
4. Online Advertising meliputi Facebook, Instagram, Google, Youtube, Tiktok Ads
5. E-commerce Advertising
6. Content Marketing

Biasanya, perusahaan akan memilih beberapa opsi untuk memasarkan produk/jasanya sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jenis Digital Agency
Berdasarkan fungsinya digital agency dapat dibagi menjadi beberapa jenis di antaranya,
1. Digital Marketing Agency
Digital marketing agency membantu perusahaan Anda mendapatkan pelanggan secara online melalui pemasaran omnichannel, pemasaran multi channel, atau pemasaran single channel. Omnichannel merupakan pemasaran yang dilakukan dengan Integrasi beberapa media dalam satu platform, seperti integrasi website dengan toko online di marketplace.

Multi channel merupakan pemasaran menggunakan beberapa media seperti website dan sosial media. Single channel merupakan pemasaran menggunakan satu media saja, misalnya website atau sosial media.

2. Full-Service Digital Agency
Digital agency yang menyediakan layanan lengkap cenderung lebih besar dibanding kebanyakan jenis digital agency lain dan menawarkan berbagai layanan pemasaran digital.

Kebanyakan perusahaan memilih bekerja sama dengan full service digital agency karena mereka lebih berpengalaman dan dapat memberikan berbagai layanan mulai dari pengembangan website, seo hingga mendapatkan calon pelanggan.

Dengan bekerja sama dengan full service digital agency, perusahaan juga bisa menghemat budget pemasaran dan mendapatkan pelayanan yang lebih berkualitas.

3. SEO Agency
Agen pemasaran digital yang membantu perusahaan Anda dalam SEO (optimasi mesin pencari). SEO agency membantu klien mengoptimasi website, merencanakan konten, membuat konten berkualitas tinggi dan mendistribusikan konten ke situs web.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan posisi website di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari, untuk kata kunci yang berhubungan dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh klien. SEO agency akan melakukan beberapa berikut di antaranya,
a. Riset kata kunci
b. Audit situs web
c. Audit backlink
d. Merencanakan konten situs web dan blog
e. Membuat konten situs web dan blog
f. Link Building
g. Dan lainnya

SEO agency akan menggunakan berbagai alat analisis data seperti Google Analytics, Google Search Console, Semrush, Ahref dan SEO Moz.

4. Digital Ad Agency
Digital Ad Agency membantu Anda menjalankan kampanye digital menggunakan iklan pay per click (PPC) untuk mendapatkan calon pelanggan. Iklan PPC seperti seperti google ads merupakan cara berbayar untuk mendapatkan pengunjung ke situs web.

Tidak seperti pengunjung website yang diperoleh secara organik, iklan PPC membutuhkan budget untuk menampilkan website Anda pada halaman hasil pencarian untuk kata kunci tertentu. Tidak hanya muncul di hasil pencarian mesin pencari, iklan PPC juga bisa muncul di media sosial seperti facebook, instagram, linkedin dan lainnya.

Digital agency yang berfokus pada iklan online ini mampu membuat iklan yang menarik perhatian dan menjalankannya sesuai dengan pedoman-pedoman cara beriklan online.

5. Social Media Agency
Sosial media semakin diminati oleh masyarakat, penggunanya terus meningkat. Oleh karena itu kehadiran perusahaan di sosial media sangat penting untuk meningkatkan brand awareness. Social media agency dapat membantu perusahaan Anda mengembangkan akun sosial media dengan membuat konten-konten yang berkualitas dan kreatif.

Selain itu biasanya agensi sosial media juga menyediakan layanan iklan PPC di media sosial dan membantu perusahaan Anda menulis copywriting yang baik, sehingga mendapatkan konversi iklan yang lebih tinggi.

Agensi sosial media biasanya memiliki tim yang kreatif dan mampu membuat konten berkualitas dalam bentuk gambar ataupun video, tujuannya adalah untuk meningkatkan citra perusahaan Anda di mata pengguna sosial media.

6. Web Development Agency
Web development agency terdiri dari desainer situs web yang kreatif dan tim development yang mampu membangun situs web atau halaman web yang optimal untuk bisnis Anda. Layanan yang biasa disediakan di antaranya,
a. Web Design
b. Web Development
c. Redesign Website
d. Landing Page Design
e. Mobile Optimization

Desainer website mereka biasanya bekerja sesuai dengan pedoman dan cara mendesain UI/UX yang baik, sehingga website yang dihasilkan akan memiliki tampilan yang mudah digunakan dan diterima oleh pengguna.

7. Marketing Automation Agency.
Marketing automation merupakan layanan agensi yang sedang naik daun saat ini. Layanan yang disediakan mencakup Facebook chatbot, otomatisasi email, CRM, dan bentuk otomatisasi lainnya. Mereka bekerja menggunakan perangkat lunak seperti Hubspot, MailChimp, Infusionsoft, Manychat, Buffer dan banyak lagi.

Tim marketing automation agency mampu menggunakan perangkat lunak tersebut dengan baik dan mengoptimasi kampanye digital marketing perusahaan Anda untuk mendapatkan konversi yang lebih tinggi.

8. Influencer Agency.
Influencer agency bekerjasama dengan beberapa influencer di kota-kota tertentu, namun ada juga yang menjalin kerjasama dengan influencer berskala nasional. Jika bisnis Anda B2C dan menjual produk secara langsung ke klien maka influencer agency bisa membantu bisnis Anda berkembang dengan baik.

Biasanya mereka menyediakan beberapa influencer yang dapat Anda pilih sesuai dengan lokasi dan target pelanggan Anda. Mereka juga akan memberikan laporan hasil kampanye Anda dengan lengkap, seperti reach dan engagement.

Manfaat Digital Agency
Berikut beberapa manfaat Digital Agency di antaranya,
1. Mendapatkan Konsep Marketing yang Tepat
Konsep marketing yang tepat memang harus direncanakan agar kampanye digital marketing tepat sasaran dan mendapatkan hasil sesuai harapan. Dengan menyerahkan kampanye marketing ke agens ini, Anda akan mendapatkan strategi digital marketing yang tepat, yang meliputi di antaranya,
a. Strategi marketing
b. Video marketing
c. Marketing plan
d. Creative design
e. Digital advertising
f. Optimasi website
g. Social media marketing dan seterusnya.

2. Menjalankan Konsep yang Direncanakan dengan Benar
Strategi tidak hanya harus dikonsep saja, namun juga diaplikasikan. Dalam hal ini, Digital Agency memiliki tim khusus yang bisa mengeksekusi konsep tersebut dengan benar, sehingga hasil marketing yang direncanakan bisa tercapai.

3. Mendapatkan Laporan Detail Kampanye yang Dilakukan
Setelah konsep marketing digital direncanakan dan dieksekusi, Anda akan mendapatkan laporan detail tentang hasil kampanye secara periodik. Anda juga akan mendapatkan analisis secara problem solving untuk semakin meningkatkan kualitas produk sehingga penjualan juga ikut meningkat.

4. Menghubungkan Perusahaan dan Konsumen Langsung
Digital Agency memungkinkan Anda (pebisnis/perusahaan) berkomunikasi dengan konsumen secara langsung. Instrumen yang digunakan oleh Digital Agency memang sangat mendukung hal tersebut terjadi. Misalnya saja Digital Agency menggunakan media sosial (Facebook, Twitter, Instagram) sebagai instrumen promosi.

Ketika sebuah unggahan iklan di posting, konsumen bisa langsung berinteraksi dengan postingan tersebut, misalnya saja berkomentar, memberikan like dan lain sebagainya. Dengan ini, Anda atau staf akan tahu apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen.

Jika mereka mengeluh, Anda dan tim juga akan tahu apa tepatnya yang mereka keluhkan. Jadi Anda bisa mempertahankan/meningkatkan yang sudah baik dan memperbaiki apa yang kurang baik.

5. Promosi dengan Jangkauan Luas dan Lebih Terarah
Menggunakan jasa Digital Agency memungkinkan Anda bisa menjangkau area yang lebih luas. Dengan berbagai strategi online marketing, promosi juga tidak menyasar sembarang target, melainkan target pasar yang benar-benar berpeluang menjadi konsumen. Masih banyak manfaat menggunakan Digital Agency di antaranya,
a. Memberikan ROI yang besar dan cepat.
b. Strategi marketing yang tepat dengan bujet terjangkau.
c. Berkesempatan head-to-head dengan brand besar.

Cara Membuat Digital Agency
Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membangun perusahaan Digital Agency di antaranya,
1. Tentukan jasa yang ditawarkan, misalnya content marketing, membuat website, desain website, optimasi SEO dst.
2. Pilih niche market, misalnya saja industri konveksi.
3. Tentukan model bisnis (sistem pembayaran agensi), bisa per jam, harga tetap dan biaya tetap per bulan.
4. Tentukan nilai jual (hal yang membuat calon klien lebih memilih Anda dibandingkan agen pesaing), misalnya saja revisi sepuasnya, bonus dst.
5. Buat website, yang berisi Landing Page, Portfolio, About Us dan Contact Us.
6. Terapkan digital marketing untuk menggaet lebih banyak klien.
7. Jalankan content marketing untuk meningkatkan awareness dan traffic website.
8. Manfaatkan tenaga freelance yang tidak mengharapkan gaji tinggi, yang mana sangat cocok untuk perusahaan pemula.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Digital Agency: Pengertian, Layanan, Jenis, Manfaat, dan Cara Membuatnya"