Pengertian Rencana Pemasaran, Tujuan, Manfaat, dan Cara Menyusunnya

Pengertian Rencana Pemasaran atau Marketing Plan
Marketing Plan

A. Pengertian Rencana Pemasaran (Marketing Plan)
Rencana pemasaran (marketing plan) adalah bentuk dari proses manajemen yang mengarah pada strategi pemasaran di mana tujuan utamanya adalah untuk mencapai tujuan pemasaran sehingga marketing plan dilakukan pada serangkaian proses yang sistematis dan melalui koordinasi untuk mendapatkan keputusan rencana pemasaran.

Bagi perusahaan dengan sistem perencanaan pemasaran yang tepat sasaran maka akan mendapat hasil yang maksimal dengan keuntungan yang didapatkan lebih maksimal, efektif, serta efisien. Banyak hal yang menjadi kategori marketing plan di antaranya strategi dalam pengumpulan informasi, pendistribusian informasi, strategi promosi, dan koordinasi marketing.

Rencana Pemasaran (Marketing Plan) Menurut Para Ahli
1. Kurowski dan Sussman, perencanaan pemasaran adalah sebuah dokumen yang memiliki banyak kegiatan tertentu seperti menganalisis adanya peluang dan ancaman bagi perusahaan, menentukan sasaran pemasaran dan lain sebagainya.
2. Malcom McDonald, marketing plan adalah proses manajemen yang mengarah pada perencanaan pemasaran. Perencanaan tersebut merupakan urutan logis dan rangkaian aktivitas ke arah penetapan tujuan pemasaran, dan membuat rumusan rencana untuk mencapai tujuan.

B. Tujuan Rencana Pemasaran (Marketing Plan)
Marketing plan menjadi sebuah kompas dalam mencapai sebuah tujuan bisnis. Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya marketing plan haruslah menjadi sebuah rujukan yang hasilnya dapat dinilai secara berkelanjutan. Berikut beberapa tujuan marketing plan di antaranya,
1. Mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai arah perubahan pasar serat kompetitor yang ada
2. Sebagai kail untuk berafiliasi dengan banyak kelolaan organisasi lainya
3. Menjadi sarana dalam menyesuaikan diri dalam lingkup bisnis modern
4. Memaksimalkan benefit dengan effort yang sederhana namun dapat terlaksana secara efektif dan efisien

C. Manfaat Rencana Pemasaran (Marketing Plan)
Membuat rencana pemasaran secara terperinci adalah sesuatu yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Pemasaran sama pentingnya dengan produk atau layanan yang Anda berikan. Tanpa pemasaran, konsumen dan klien tidak bisa mencari tahu tentang Anda. Jika mereka tidak tahu tentang Anda, mereka tidak dapat membeli apapun dari Anda, dan akibatnya, Anda tidak akan menghasilkan uang.
1. Untuk mencapai koordinasi aktivitas pemasaran yang lebih baik
2. Dapat mengidentifikasi sejauh mana perkembangan perusahaan
3. Menjadi acuan bagaimana perusahaan harus berubah
4. Dapat menjadi alat untuk menghindari konflik tentang bagaimana perusahaan harus bergerak
5. Dapat menjadi sumber informasi bagaimana kebijakan perusahaan harus dibuat atau diperbarui
6. Menjadi acuan supaya manajer bergerak dan berpikir ke arah yang lebih sistematis

Selain itu, rencana pemasaran juga memberikan keuntungan lainnya bagi sebuah bisnis di antaranya,
1. Memberikan kejelasan siapa target market. Lebih mudah untuk menemukan klien dan pelanggan jika Anda tahu siapa mereka.
2. Membantu membuat pesan pemasaran yang akan memberikan hasil. Pemasaran adalah tentang mengetahui apa yang dapat dilakukan produk atau layanan Anda untuk membantu target pasar. Pesan Anda perlu berbicara langsung dengan pasar Anda.
3. Menyediakan fokus dan arah. Email, media sosial, periklanan, blog tamu, surat langsung, publisitas, dan seterusnya. Dengan begitu banyak pilihan pemasaran, Anda memerlukan sebuah rencana untuk menentukan tindakan terbaik untuk bisnis Anda

D. Cara Menyusun Rencana Pemasaran (Marketing Plan)
Dalam penyusunan rencana pemasaran bisnis, membutuhkan beberapa komponen yang harus terlibat. Rencana pemasaran biasanya mencakup beberapa elemen termasuk deskripsi pesaing, permintaan akan produk atau layanan yang ditawarkan, kekuatan dan kelemahan dari sudut pandang pasar baik bisnis maupun pesaingnya.

Rencana pemasaran merupakan alat yang perlu digunakan setiap hari untuk membantu organisasi untuk menjangkau target pasar dan target keuntungan. Semua bisnis harus memahami pasar yang dibidik dan menjadi dasar dalam membuat rencana pemasaran. Berikut ini adalah beberapa langkah cara menyusun rencana pemasaran di antaranya,
1. Melakukan Analisis Situasi
Salah satu komponen utama dalam memulai penyusunan rencana pemasaran adalah dengan analisis. Dengan adanya analisis SWOT maka manajer pemasaran perusahaan dapat membuat memetakan bagaimana peluang dan permasalahan yang mungkin muncul di pasar serta apa kekuatan dan kelemahan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran.

2. Menetapkan Tujuan dan Sasaran.
Setelah melakukan analisis SWOT, rencana pemasaran dilanjutkan dengan menetapkan sasaran atau target pemasaran. Misalnya mengidentifikasi siapa saja yang membutuhkan produk tersebut dan kemana produk tersebut harus dipasarkan.

Sehingga ketika sudah mengetahui kearah mana pemasaran dilakukan dapat dilakukan penyusunan strategi untuk mencapai target tersebut. Strategi pemasaran penting dilakukan untuk meminimalkan anggaran dan effort yang diperlukan untuk promosi namun dengan keuntungan yang maksimal.

3. Menyusun Strategi dan Program
Adapun strategi dan program dibuat berdasarkan tujuan atau sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Strategi ini merupakan tindakan yang dibuat sebagai rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan organisasi., serta mendukung strategi tersebut dibuat program atau tindakan jangka pendek secara berkesinambungan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Rencana Pemasaran, Tujuan, Manfaat, dan Cara Menyusunnya"