Reach: Pengertian, Fungsi, Jenis, serta Perbedaannya dengan Impressions dan Engagement

Pengertian Reach
Reach

Pengertian Reach
Reach adalah jumlah total dari orang yang telah melihat konten Anda. Angka reach tidak akan bertambah meskipun orang yang sama melihat konten tersebut dua kali. Misalnya jika sepuluh orang yang melihat konten Anda maka jangkauan Anda memiliki nilai yang sama.

Dengan kata lain, reach dihitung berdasarkan satu user saja, jika satu orang itu melihat satu konten Anda secara berulang maka perhitungannya akan tetap satu Reach namun hal itu berdampak pada Impression yang meningkat jumlahnya. 

Baca Juga: Impression: Pengertian, Fungsi, Jenis, Serta Perbedaannya dengan Reach dan Engagement

Fungsi Reach
1. Untuk Mengetahui Kesalahan dalam Konten
Reach bisa digunakan untuk mengetahui berapa jumlah audiens yang telah melihat konten yang Anda posting, baik itu di website, blog tertentu, atau media sosial. Jumlah pengguna memang menjadi fokus dalam kalkulasi Reach.

Hal ini bisa untuk mendeteksi lebih lanjut apakah konten yang dibuat bisa menjangkau banyak orang ataupun tidak. Ketika ada kekurangan dalam konten yang dibuat, Anda bisa melakukan revisi pada konten yang dimiliki.

2. Untuk Menjangkau Pengguna Baru
Pemantauan terhadap jumlah audiens bisa Anda lihat dengan menggunakan Reach pada konten tersebut, sehingga jumlah pengguna yang melihat konten Anda bisa dilihat juga.

Hal ini tampak jika jumlah pengunjung konten Anda meningkat daripada biasanya, maka bukanlah hal yang tidak mungkin kalau konten yang Anda buat telah dijangkau oleh pengguna lainnya yang masih baru. Dengan reach, Anda bisa melihat jumlah user yang baru mengunjungi konten tersebut.

Jenis Reach
Reach ini juga memiliki beberapa jenis di antaranya,
1. Organic Reach
Mengacu pada jumlah orang yang melihat konten secara organik, yang dimaksud secara organik di sini sama artinya dengan secara gratis. Organik Reach ini membantu untuk dapat melihat jumlah user yang sudah melihat konten Anda.

Baca Juga: Organic Traffic: Pengertian, Cara Meningkatkan, dan Manfaatnya

2. Paid Reach
Untuk konten yang telah dibayar, bisa menggunakan Reach jenis paid. Misalnya iklan yang dihadirkan dengan cara berbayar, Reach jenis ini sering dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tawaran iklan atau juga bisa berpengaruh pada anggaran dan penargetan audiensnya.

3. Viral Reach
Jumlah pengguna internet yang melihat konten karena memiliki teman yang juga berinteraksi dengan konten Anda merupakan faktor dari Reach jenis ini, Anda bisa melakukan pemantauan terkait pengunjung baru dalam konten Anda yang bisa saja ia ketahui konten tersebut dari temannya.

Disarankan untuk membuat konten yang bagus dan menarik, sehingga pengunjung internet di luar sana bisa meluangkan waktunya untuk mengunjungi konten Anda.

Perbedaan Reach, Engagement, dan Impressions
Reach, engagement, dan impressions adalah tiga istilah yang sering muncul di sosial media khususnya mengenai analitik konten. Perbedaan ketiganya, reach adalah jumlah orang yang melihat sebuah konten. Oleh karena itu, meskipun konten tersebut dilihat dua kali oleh orang yang sama, angka reach tidak akan meningkat.

Sementara, impressions merupakan jumlah berapa kali konten tersebut ditampilkan. Tidak heran jika angka reach bisa melebihi jumlah follower yang dimiliki di media sosial. Sementara, engagement adalah jumlah interaksi pengguna dengan konten yang sudah di-post, seperti ketika mereka meninggalkan like, komentar, membagikan konten tersebut, atau me-retweet.

Baca Juga:

Engagement: Pengertian, Sejarah, Pengukuran, Cara Meningkatkan, sera Perbedaannya dengan Reach dan Impressions

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Reach: Pengertian, Fungsi, Jenis, serta Perbedaannya dengan Impressions dan Engagement"