Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Backlink: Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat, Cara Mencari Backlink Berkualitas, serta Cara Cek Backlink Website

Pengertian Backlink Backlink atau inbound link
Backlink Backlink (Inbound Link)
Pengertian Backlink
Backlink (inbound link) atau pranala balik adalah link pada suatu situs web yang mengarah menuju ke situs web atau halaman web lainnya. Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain.

Backlink tersebut penting sebagai bagian dari peringkat search engine optimization (SEO). Jumlah backlink adalah salah satu indikasi popularitas atau pentingnya website atau halaman (ini digunakan oleh Google untuk menentukan PageRank dari halaman web).

Search engines seperti Google menganggap backlink sebagai salah satu cara memverifikasi otoritas dan relevansi dari situs web Anda. Backlink juga bisa dikatakan sebagai tanda kepercayaan situs lain atas situs Anda. Biasanya backlink hanya akan diberikan kepada situs yang mempunyai otoritas dan konten terpercaya.

Fungsi Backlink
Tautan backlink sangat penting untuk bisnis Anda karena mereka menentukan otoritas halaman Anda. Anda ingin memiliki domain otoritas tinggi karena membantu Anda muncul di hasil pencarian yang lebih relevan.

Ketika Anda mendapatkan backlink, itu berfungsi sebagai simbol bahwa situs web lain mendukung konten Anda. Jika Google melihat bahwa beberapa situs otoritas tinggi menautkan kembali ke laman Anda, Google akan berasumsi bahwa Anda memiliki konten relevan yang layak ditautkan ke situs web lain.

Jika itu layak untuk ditautkan, Google memutuskan bahwa itu layak mendapat peringkat yang lebih tinggi dalam hasil penelusuran sehingga lebih banyak orang dapat menemukannya. Tautan backlink juga menentukan relevansi halaman Anda.

Jika Anda meliput subjek tertentu dan situs otoritas menautkan ke halaman Anda dalam konten mereka (pada subjek yang sama), ini akan memberitahu Google bahwa halaman Anda relevan dengan subjek. Proses ini membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik untuk topik tersebut.

Jenis Backlink
Berikut beberapa jenis backlink yang mungkin bermanfaat bagi situs Anda di antaranya,
1. Guest post backlink. Terjadi saat Anda menulis guest post untuk situs web lain. Ini memungkinkan Anda untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan website Anda.
2. Editorial backlink. Backlink natural dari web lain ke situs Anda dalam konten berkualitas dengan berbagai bentuk, seperti sitasi, referensi, dan sumber informasi.  
3. Comment backlink. Terjadi saat Anda menyertakan backlink pada komentar dalam konten web lain. Jika tidak dilakukan secara berlebihan, jenis link ini bisa menghasilkan banyak traffic.
4. Do-follow backlink. Backlink dofollow memberitahu mesin pencari untuk memperhatikan backlink ke score SEOnya.
5. No-follow backlink. Nofollow backlink memberitahu mesin pencari untuk mengabaikan backlink tersebut dan tidak menghitungnya ke score SEO.

Manfaat Backlink
Selain dari segi SEO, backlink juga mempunyai banyak manfaat lain di antaranya,
1. Meningkatkan exposure website Anda. Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan dari situs web lain, semakin banyak eksposure yang akan Anda terima dari traffic website tersebut.
2. Meningkatkan kredibilitas website Anda. Mendapatkan backlink berarti website Anda terpercaya dalam menghasilkan konten berkualitas tinggi yang layak dibaca.
3. Meningkatkan peringkat pada SERPs. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, backlink dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian.
4. Mempermudah website Anda terindex di search engine. Semakin cepat proses pengindeksan di Google, Anda akan mendapatkan tingkat visibilitas tinggi dan juga trafik organik yang lebih banyak.
5. Membangun hubungan dengan situs lain. Backlink juga memungkinkan Anda membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan situs web lain yang mempunyai nice sama.

Cara Mencari Backlink Berkualitas
Ada beragam cara untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas, baik secara gratis maupun berbayar. Untuk cara gratisan, Anda bisa memanfatkan metode peletakan backlink profile, sosial bokmarking, atau guestpost.

Sedangkan untuk cara mendapatkan backlink berkualitas yang berbayar bisa melalui kerjasama content placement atau sponsored post. Berikut merupakan tips cara mencari backlink berkualitas untuk memenuhi kebutuhan website Anda di antaranya,
1. Membuat Konten yang Unik dan Menarik
Konten yang baik akan menarik banyak orang untuk membaca sekaligus mereferensikannnya. Jadi, fokuslah untuk mencari ide baru sebagai bahan tulisan. Siapa tahu artikel Anda bisa menjadi rujukan situs authrity seperti Wikipedia yang memang terkenal sering memberikan backlink berkualitas.

2. Aktif Membangun Relasi Pertemanan
Jika Anda merupakan seorang blogger, jangan sampai terlewat untuk ikut bergabung dalam sebuah komunitas. Di Jogja misanya, ada KBJ (Komunitas Blogger Jogja) yang menjadi wahana efektif untuk saling bertukar pikiran maupun menambah jejaring pertemanan.

Kalau Anda beruntung, bisa jadi ada satu atau dua orang yang tertarik dengan website Anda dan bersedia untuk diajak saling bertukar link.

3. Tulis Informasi yang Sedang Banyak Dicari
Untuk bisa menghadirkan konten berkualitas ada berbagai macam jalan yang bisa ditempuh, salah satunya yakni dengan menemukan topik bahasan yang sedang banyak dibutuhkan.

4. Melakukan Blogwalking ke Website yang Memiliki Topik Sama
Aktivitas blogwalking memang sudah mulai ditinggalkan karena dianggap cukup merepotkan dan kurang powerfull untuk mendongkrak posisi website di hasil pencarian. Namun, bagaimana jika blogwalking dilakukan pada blog atau website dengan topik bahasan yang sama? Silahkan Anda coba dan buktikan sendiri efeknya.

Sementara itu, jika Anda tidak mau capek-capek blogwalking tapi ingin mendapatkan backlink berkualitas, Anda bisa menggunakan layanan marketplace backlink seperti RajaBacklink yang sudah dipercaya oleh ratusan advertiser dari seluruh Indonesia.

5. Gunakan Tools
Agar proses pencarian backlink Anda semakin mudah, gunakan juga tools seperti Ahrefs, MOZ, atau Majestic yang bisa menampilkan data backlink dari website kompetitor. Dari data tersebut, kemudian bisa Anda pilah untuk dijadikan target membuat link building yang lebih optimal.

Cara Cek Backlink Website
Ada banyak perangkat yang bisa membantu Anda untuk mengecek backlink di antaranya,
1. SEMrush
SEMrush adalah alat yang hebat untuk memeriksa backlink situs web. Alat ini memiliki basis data informasi yang sangat besar yang diperbarui setiap hari. Pembaruan konstan ini memungkinkan Anda untuk memeriksa informasi backlink bisnis Anda secara akurat. Dengan SEMrush, Anda dapat secara akurat memeriksa dan memantau tautan balik situs Anda, serta tautan balik pesaing Anda.

Alat ini membantu Anda menemukan cara untuk mengalahkan pesaing Anda di hasil pencarian. Anda dapat melacak beberapa situs web pesaing sekaligus dan mempelajari tentang siapa yang menautkannya. SEMrush memungkinkan Anda untuk melihat tautan yang mengarah ke domain Anda dan kualitas tautan tersebut.
 
2. Majestic
Majestic adalah salah satu alat pemeriksa tautan backlink tertua di web. Alat ini menawarkan banyak hal untuk bisnis Anda. Jika Anda ingin memantau portofolio backlink Anda, Majestic menyediakan banyak informasi bagus untuk membantu Anda mempelajari backlink Anda. Saat Anda berada di Majestic, Anda memasukkan domain Anda ke dalam kotak telusur dan pergi dari sana.

3. Ubersuggest
Ubersuggest adalah alat pemeriksa tautan backlink gratis yang dibuat oleh Neil Patel yang merupakan guru pemasaran membuat alat ini untuk membantu perusahaan mencari tahu siapa yang menautkan ke mereka dan siapa yang menautkan ke pesaing. Ini adalah alat yang luar biasa untuk bisnis Anda jika Anda mencari alat yang efisien yang tidak merusak bank. 

Dari berbagai sumber

Baca Juga: Internal Link: Pengertian, Manfaat, Langkah Optimasi, dan Hubungannya dengan Optimisasi SEO

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Backlink: Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat, Cara Mencari Backlink Berkualitas, serta Cara Cek Backlink Website"