Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Niche Market, Cara Mengidentifikasi, Manfaat, dan Contohnya

Pengertian Niche Market, Cara Mengidentifikasi, Manfaat, dan Contohnya


A. Pengertian Niche Market (Ceruk Pasar)

Niche market (ceruk pasar) adalah bagian dari industri dengan target pasar dan konsumen yang lebih spesifik, darinya pedagang atau pemasar menjual produk atau jasa yang disediakan. Cara ini sangat penting untuk dipertimbangkan saat ingin membangun bisnis di era sekarang, di mana persaingan semakin ketat dan luas.

Menentukan target pasar yang lebih spesifik dapat membantu meraih keuntungan yang lebih besar dibandingkan harus terjun ke dalam target pasar yang luas. Sebab, pada akhirnya seorang marketer tidak bisa menjual produk atau layanannya ke semua orang.

Di industri ini, Anda dapat menemukan pakaian anak-anak dan pakaian dewasa. Dari situ terlihat jelas ada pakaian untuk anak-anak dan orang dewasa. Kedua pasar memiliki spesifikasi yang berbeda, termasuk harga, jenis kelamin, usia, dan lain-lain.

B. Cara Mengidentifikasi Niche Market (Ceruk Pasar)
Terdapat beberapa cara mengidentifikasi dan menentukan nice market (ceruk pasar) di antaranya,
1. Cari tahu minat Anda
Menurut laporan dari pengusaha, jika seorang pengusaha melakukan sesuatu yang tidak disukainya, ia tidak akan bersemangat menjalankan usahanya. Mungkin sebagian dari Anda sudah mengetahui minat Anda untuk menjadi sebuah bidang usaha. Misalnya, Anda tertarik pada bidang fashion. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis pakaian jadi dan mencari ceruk pasar yang tepat.

2. Identifikasi kebutuhan pelanggan
Setelah memahami minat Anda pada bisnis, langkah selanjutnya dalam menentukan ceruk pasar adalah memahami kebutuhan dan masalah pelanggan. Anda dapat melakukan riset pasar terlebih dahulu, lalu mencari tahu masalah apa saja yang dihadapi pelanggan. Dari sana, Anda dapat mengubah produk atau layanan Anda menjadi solusi yang dapat mengatasi masalah pelanggan.

3. Riset kompetitif niche market
Anda mungkin sudah mengetahui produk dan target pasar yang tepat. Namun, jangan lupa untuk mempelajari persaingan yang akan Anda hadapi. Metodenya sederhana. Anda hanya perlu mencari kata kunci dari produk atau layanan Anda melalui berbagai alat, seperti Google Trends, Google Keyword Planner, dan lain-lain. Dapatkan gambaran kasar tentang peluang memasukinya. Apakah ada pesaing lain dalam target pasar yang sama dengan Anda? Jika ya, cari tahu ciri-ciri dan kelemahannya. Dari situ, Anda bisa mengembangkan produk Anda dengan baik.

4. Pengujian Niche Market
Terakhir, jangan lupa untuk melakukan tes pasar terkait dengan ceruk pasar yang Anda tentukan. Apakah akan berkembang atau tidak berkembang sama sekali? Jika tidak, jangan mudah menyerah. Anda masih dapat menerapkan beberapa ide bisnis ke ceruk pasar yang tepat. Jadi, jelaskan secara singkat ceruk pasar dan cara menentukannya. Intinya, ceruk pasar adalah target pasar khusus yang berguna untuk menjalankan bisnis. Apakah Anda tertarik untuk membuat target pasar mulai sekarang?

C. Manfaat Niche Market (Ceruk Pasar)
Dengan hanya beberapa segmen pelanggan untuk dilayani, Anda memiliki peluang bagus untuk mengenal pelanggan Anda lebih baik daripada bisnis lainnya. Disisi lain,  Anda juga ingin menghasilkan uang. Keseimbangan selanjutnya adalah menemukan ceruk yang memiliki cukup pelanggan dan nilai pasar yang cukup untuk menjamin Anda mendirikan bisnis.

Apa yang membuat pemasaran ceruk menarik adalah Anda menyediakan produk atau layanan yang disesuaikan dengan sekelompok kebutuhan pelanggan potensial. Berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda terfokus pada segmen pelanggan tertentu di antaranya,
1. Lebih Sedikit Persaingan
Biasanya, ada lebih sedikit persaingan atau lebih sedikit anggaran untuk persaingan secara keseluruhan di ceruk pasar. Namun, karena ceruk pasar menjadi lebih menarik dan mapan, lebih banyak pemain yang mungkin bergabung untuk memanfaatkan peluang.

2. Lebih Banyak Dampak
Dalam hubungan pasar kecil dan komunikasi sering berkembang menjadi komunitas. Anda akan menemukan komunitas baik di situs media sosial, misalnya Grup Facebook atau sebagai contoh di Linkedin. Kabar baiknya adalah dalam komunitas menjadi mudah untuk membangun merek Anda dan mengembangkan kesadaran merek.

3. Anda Cepat Mengembangkan Keahlian
Mendengarkan komunitas khusus, percakapan di media sosial, melakukan penelitian tentang topik yang berkaitan dengan ceruk semakin mengarah pada Anda menjadi seorang ahli. Seiring waktu saat Anda menggunakan pengetahuan Anda untuk mengembangkan pemasaran, Anda dapat memosisikan diri Anda sebagai figur otoritas dalam ceruk tersebut.

4. Peluang Perluasan
Setelah Anda menetapkan pendapatan dan laba, Anda dapat memikirkan tentang ekspansi dan menyeberang ke area khusus lainnya. Banyak bisnis tumbuh dengan cara ini.

D. Contoh Niche Market (Ceruk Pasar)
Berikut beberapa bisnis yang bisa dijadikan contoh untuk menargetkan ceruk pasar di antaranya,
1. Beranda ceruk pasar-iCook
Industri katering sering muncul di masyarakat. Namun, banyak orang yang tidak menyangka bisa menjalankan bisnis katering makanan cepat saji seperti iCook. Perusahaan kuliner yang tidak biasa ini menjual berbagai menu ala Indonesia dan Oriental yang diantar ke alamat pembeli. Uniknya, masakan ini belum jadi tapi belum matang.

Meski belum dimasak, bahan yang dikirim sudah dipotong dan diukur. Oleh karena itu, konsumen hanya perlu memasak sesuai petunjuk yang menyertai makanan tersebut. Anda bisa menebak bahwa tujuan iCook sebenarnya adalah untuk melayani pelanggan yang tidak punya waktu untuk berbelanja dan menyiapkan bahan. Bahkan, homepage website tersebut bahkan menyebutkan bahwa layanan ini “cocok untuk ibu rumah tangga dan wanita profesional super sibuk yang tidak punya waktu untuk pergi ke pasar”.

2. Niche market-situs Left Hand Store Kiri
Mungkin Anda tidak tahu bahwa hampir semua alat yang Anda gunakan setiap hari dirancang untuk penggunaan tangan kanan. Faktanya, 10% dari populasi dunia adalah kidal. Melihat keadaan tersebut, Lefty’s Left Hand Store didirikan untuk melayani konsumen yang mayoritas kidal.

Produk yang dijual di website toko online ini juga sangat beragam mulai dari peralatan berkebun hingga peralatan kantor. Produk anak-anak tidak akan terlupakan. Di Lefty’s Left Hand Store, Anda juga bisa membeli berbagai alat tulis untuk anak Anda.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Niche Market, Cara Mengidentifikasi, Manfaat, dan Contohnya"