Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Webinar, Fungsi, Jenis, Aplikasi, Cara, dan Manfaatnya

Pengertian Webinar, Fungsi, Jenis, Aplikasi, Cara, dan Manfaatnya


A. Pengertian Webinar

Webinar adalah kegiatan seminar yang dilakukan secara online atau melalui media digital. Webinar akronim dari kata web dan seminar, yakni sebuah seminar yang dilakukan melalui sebuah situs web atau aplikasi tertentu berbasis internet. Teknik ini sendiri memungkinkan pembicara atau pengisi materi membagikan informasi mereka lewat internet maupun media elektronik lainnya.

Webinar bertujuan menghubungkan setiap user melalui situs web untuk melakukan kegiatan seminar yang dilakukan secara online. Seminar akan dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet menggunakan berbagai media elektronik, seperti PC, laptop, smartphone, tablet, dan lain sebagainya. Untuk tampilan yang biasa disajikan dalam sebuah seminar online biasanya dapat berupa media presentasi dalam bentuk power point.

Dengan memilih webinar sebagai media berbagi informasi, maka Anda tidak perlu bertatap muka secara langsung. Meski begitu, Anda tetap bisa mengadakan sebuah seminar dengan jumlah peserta yang melebihi target perkiraan. Untuk itu, sebelum menjalankan webinar, Anda perlu memperkirakan dahulu seperti apa cara dalam menyusun webinar agar berhasil menarik target dengan tepat sasaran.

B. Fungsi Webinar
1. Sebagai wadah atau tempat untuk mengumpulkan leads
Pemilihan topik menjadi sangat penting, di mana para penonton tentu ingin mengetahui lebih dalam mengenai informasi yang Anda tawarkan. Fungsi pertama, leads yang akan didapatkan merupakan orang yang tertarik dengan seminar Anda. Jadi web seminar ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk mengumpulkan orang yang memiliki kesamaan.

2. Sebagai media promosi barang atau jasa paling efektif
Fungsi yang kedua, dengan adanya seminar online mampu untuk menampilkan informasi campaign produk atau jasa Anda. Pastikan untuk memberikan materi yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan dari penonton.

3. Memiliki efektivitas dalam memperkenalkan keunggulan bisnis
Yang ketiga, berfungsi untuk menunjukkan kelebihan dari produk atau jasa yang Anda miliki. Dengan begitu, pengunjung akan lebih memahami setiap informasi dan kegunaan dari produk atau kampanye bisnis yang Anda implementasikan.

4. Dapat menampung feedback (umpan balik)
Fungsi yang terakhir, webinar juga mampu untuk menampung sebuah feedback. Di mana, Anda harus selalu menyertakan umpan balik kepada penonton agar dapat memberikan testimoni secara langsung untuk kemajuan dari web seminar yang berikutnya. Serta, seminar online yang diadakan dapat berlangsung secara dua arah dan terkesan interaktif.

C. Jenis Webinar
Terdapat beberapa istilah yang sering kali disamakan dengan webinar di antaranya,
1. Web broadcast
Merupakan sebuah siaran web yang berbeda dengan webinar. Dengan web broadcast seseorang bisa menghadiri hingga ribuan atau lebih pengguna. Berbeda dengan webinar yang hanya dapat dihadiri oleh puluhan atau ratusan orang pengguna saja.

2. Web conference
Merupakan sebuah telekonferensi yang juga berbeda dengan webinar. Jika dilihat dari sisi arah komunikasi maka webinar umumnya hanya dilakukan dalam satu arah saja. Berbeda dengan telekonferensi yang umumnya penonton dapat memberikan pertanyaan lewat pembicaraan mereka.

Dari tersebut, sebenarnya terdapat beberapa jenis webinar di antaranya,
1. The Lead-Generation or Sales Webinar
Jenis webinar yang satu ini umumnya sering digunakan oleh para pemasar dalam meningkatkan leads. Webinar ini umumnya memungkinkan peserta untuk mendaftarkan diri dan email pada website. Barulah nantinya panitia dapat memberikan akses webinar pada materi atau modul yang ingin dijalankan.

Namun jika memilih webinar yang satu ini, pastikan Anda tidak hanya mencari jumlah peningkatan leads namun juga berikan informasi yang benar-benar berguna. Karena webinar ini berfungsi untuk memberikan informasi serta pemahaman bagi pesertanya.

2. The One-Off For-Profit Webinar
Bagi Anda para pemasar yang ingin mencari sebuah keuntungan melalui webinar, maka bisa memilih webinar jenis ini. Hal ini karena setiap peserta yang ingin mengikuti webinar diharuskan untuk membayar terlebih dahulu. Adapun kelebihan yang didapat adalah pembicara dengan topik yang berkualitas serta profesional.

Tentu saja setiap peserta akan mendapatkan ilmu sesuai jumlah uang yang mereka keluarkan. Bagi Anda yang ingin memilih webinar ini, maka ada baiknya untuk mempersiapkan kualitas ilmu sesuai dengan harga yang ditawarkan.

3. The Multi-Module Webinar or Webinar Series
Webinar ini umumnya dapat dikatakan sebagai jenis webinar terbaik. Karena webinar ini terdiri dari lebih satu episode dengan topik yang dipilih bisa dijelaskan secara komprehensif. Lebih dari itu, para peserta juga bisa memperoleh topik tambahan dengan cara mengajukan pertanyaan.

Dalam memilih webinar jenis ini, apapun topik yang Anda pilih pastikan peserta benar-benar mendapatkan manfaat di akhir sesinya. Dengan begitu, mereka tidak menghadiri webinar secara cuma-cuma.

D. Aplikasi Webinar Gratis
Terdapat beberapa aplikasi webinar gratis yang dapat Anda gunakan. Namun untuk menikmati berbagai fitur tambahan yang membantu produktivitas kerja dan aktivitas Anda, Anda dapat mengupgradenya ke versi yang pro.
1. Zoom
Zoom merupakan aplikasi video conference yang dibuat di negara China oleh miliarder, Eric Yuan pada tahun 2013. Fitur yang dimiliki sangat banyak dan dapat diakses secara gratis. Keuntungan dari pemakaian zoom sendiri adalah dapat menampung hingga 100 partisipan, serta mendukung kualitas suara dan gambar yang HD.

2. Google Meet
Google meet merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Google untuk membantu kegiatan online meeting. Google meet juga telah terintegrasi dengan G Suite. Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dan telah tersedia pada perangkat website, desktop, dan mobile.

3. Platform Youtube Live
Saat ini, banyak orang yang menggunakan waktunya untuk mencari berbagai konten dan informasi menarik pada kanal video Youtube. Anda juga dapat memanfaat fitur yang disediakan untuk kebutuhan komunikasi dengan berbagai user, yaitu Youtube Live. Fitur ini sangat mudah digunakan, serta membutuhkan jaringan koneksi yang stabil.

4. Facebook atau Instagram live
Media sosial juga dapat dijadikan sebagai media untuk melaksanakan online meeting. Di mana, terdapat fitur seperti Facebook live dan Instagram live. Kedua fitur tersebut tergolong ke dalam webinar gratis dan dapat digunakan oleh banyak orang sekaligus.

5. WebinarJam
WebinarJam merupakan platform seminar online yang dikembangkan oleh sekelompok orang yang memiliki pengalaman dalam hal online marketing. Banyak sekali kemudahan yang dimiliki oleh aplikasi ini serta didukung dengan teknologi yang advanced. Anda dapat mencoba versi trial aplikasi atau beralih pada versi premium.

E. Cara Mengadakan Webinar
Terdapat beberapa tips untuk mengadakan webinar yang efektif yang bisa Anda lakukan di antaranya,
1. Menentukan topik webinar
Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan topik yang akan diangkat dalam webinar nanti. Pastikan topik yang diangkat adalah isu mengenai hal-hal terkini atau yang sedang trending. Sehingga banyak orang tertarik untuk mendaftar menjadi peserta

2. Menentukan tujuan webinar
Selanjutnya tentukan tujuan dari diadakannya webinar tersebut. Pembuat webinar harus menentukan apa tujuan dari diadakannya webinar, sehingga kegiatan webinar bisa terlaksana dengan baik. Contohnya seperti tujuannya hanya sekadar membagi ilmu, kegiatan pelatihan, atau untuk mempromosikan suatu produk.

3. Menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan untuk webinar
Selanjutnya adalah menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan untuk kegiatan webinar. Fasilitas yang perlu disiapkan adalah fasilitas terkait teknis dan non teknis.

4. Menentukan media yang digunakan untuk melakukan webinar
Menentukan media yang digunakan untuk webinar juga sangat penting. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan secara gratis ada juga yang berbayar. Selain itu ada aplikasi yang memiliki Batasan waktu dan juga batasan pengguna room tersebut. Jika Anda ingin mengadakan webinar yang berskala besar, maka menggunakan aplikasi berbayar adalah solusi yang tepat untuk kelancaran acara.

5. Menyiapkan acara
Mulailah menyiapkan acara yang ingin dijalankan. Jika ingin mengadakan acara berupa pemasaran suatu produk, maka disarankan untuk menyiapkan strategi pemasaran supaya kegiatan berlangsung dengan baik dan pelanggan menjadi tertarik kepada produk yang dipasarkan.

6. Memerhatikan waktu pelaksanaan webinar
Waktu atau susunan acara webinar juga perlu diperhatikan. Terutama ketika akan memulai dan mengakhiri webinar. Jangan sampai acara mulai tidak pada waktunya, itu akan membuat poin plus kepada pembuat webinar.

7. Menyediakan waktu tanya jawab antara peserta dan pemateri
Ini adalah waktu yang sangat penting bagi peserta, peserta bisa bertanya kepada pemateri mengenai hal-hal yang tidak ia mengerti. Jadi sesi tanya jawab harus diadakan di dalam sebuah webinar

8. Menyediakan hadiah
Hadiah juga bisa memicu ketertarikan peserta webinar untuk mengikuti webinar dan menyelesaikannya hingga bagian akhir. Jika memungkinkan, sediakanlah hadiah supaya peserta lebih antusias terhadap seminar.

F. Manfaat Webinar
Webinar memiliki dua sisi manfaat, yakni dari sisi perusahaan penyelenggara serta dari sisi peserta.
1. Untuk Perusahaan
a. Sarana Branding
Saat ini kekuatan branding merupakan aset utama yang harus dikelola dan dikembangkan. Nah, salah satu cara untuk mendongkrak branding perusahaan adalah dengan melakukan webinar. Anda bisa mengundang pakar atau ahli di bidang bisnis Anda, sehingga bisa meningkatkan brand awareness di mata calon pelanggan.

b. Mendapatkan Leads
Karena webinar diikuti oleh peserta yang tertarik dengan materi, maka bisa dipastikan bahwa perusahaan akan mendapat Leads tertarget yang bisa dikonversi menjadi penjualan.

c. Promosi Produk yang Tertarget
Selain memberikan informasi berupa tips, sharing pengalaman, serta edukasi. Beberapa webinar biasanya dilakukan dengan tujuan untuk mempopulerkan produk yang relevan dengan kebutuhan peserta. Misalnya, seperti melakukan promosi diskon hosting murah di event webinar cara membuat website, promo gratis ongkir untuk event webinar tentang UKM, dan lain sebagainya.

2. Untuk Peserta
a. Menambah Ilmu dan Pengetahuan
Siapa sih yang tidak ingin tambah pintar? Semua orang pasti ingin memiliki banyak wawasan dan pengetahuan yang bisa memudahkan segala keperluan. Nah, ketika mengikuti webinar Anda akan berpeluang mendapatkan banyak sekali ilmu dan pengetahuan baru yang mungkin tidak pernah terpikirkan.

Adapun besarnya ilmu pengetahuan yang didapat dalam sebuah sesi webinar sendiri biasanya tergantung dari kapabilitas pemateri yang diundang.  Jadi, Anda harus pintar dalam memilih event webinar agar tidak menyesal ketika sudah mendaftar.

3. Mencari Networking
Meski antar peserta tidak saling bertatap muka secara langsung, tetapi Anda masih bisa menjalin networking melalui percakapan di chat room / live chat. Ya, cara ini memang agak unik namun pernah penulis lakukan ketika mengikuti webinar di salah satu instansi.

Menariknya, dari webinar tersebut kemudian menghasilkan kenalan baru atau networking yang sampai saat ini masih sering bertukar informasi seputar dunia SEO dan penulisan artikel.

4. Mendapatkan Doorprize
Untuk yang satu ini biasanya dilakukan oleh para quiz hunter yang lebih mementingkan hadiah dibandingkan dengan isi materi pembahasan. Kendati demikian, keberadaan doorprize dalam sebuah acara webinar sendiri tidak bisa dilepaskan satu sama lain.

Hal tersebut penting untuk menarik animo dan antusias peserta agar lebih aktif berdiskusi dengan narasumber. Pemberian doorprize juga tidak melulu soal uang tunai, namun bisa juga berupa merch perusahaan sehingga semakin menguatkan hubungan dengan brand.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
6. Materi Ringkas Interaksi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Webinar, Fungsi, Jenis, Aplikasi, Cara, dan Manfaatnya"