Zoom Meeting: Pengertian, Fitur Utama, Cara mengunduh dan Menggunakannya, serta Harga Premiumnya

Pengertian Zoom Meeting
Zoom Meeting
Pengertian Zoom Meeting
Zoom Cloud Meetings (Zoom) adalah layanan telekonferensi video yang dikembangkan oleh Zoom Video Communications. Zoom memungkinkan pengguna untuk melakukan obrolan daring dengan memanfaatkan teknologi cloud computer dan keamanan 256-bit TLS encryption.

Zoom menjadi alternatif untuk bekerja dan belajar jarak jauh dari banyak organisasi dan lembaga di seluruh dunia. Dukungan OS untuk layanan Zoom juga sangat beragam mulai dari MacOS, Windows, Linux, iOS, Android, Web App, hingga ekstensi untuk Google Chrome dan Firefox.

Dengan Zoom, pengguna dapat saling terhubung, melakukan meeting, webinar, chatting, hingga melakukan diskusi dalam sebuah Channel. Pemakaian gratis mengizinkan 100 peserta untuk mengadakan rapat, dengan batasan waktu 40 menit.

Pengguna memiliki opsi untuk pembaharuan dengan cara berlangganan pada pemakaian berbayar. Paket tertinggi mendukung hingga 1.000 peserta serentak untuk mengadakan rapat yang berlangsung hingga 30 jam.

Zoom dikembangkan oleh perusahaan Zoom Video Commucations, Inc. yang berpusat di San Jose, California, Amerika Serikat. Zoom didirikan oleh mantan eksekutif Cisco Webex, Eric Yuan pada tahun 2011 dan diluncurkan secara publik pada tahun 2013.

Fitur  Utama Zoom Meeting
Banyak sekali Fitur Zoom yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa fitur inti Zoom Meeting di antaranya,
1. Pertemuan rapat one-on-one.
Host atau tuan rumah dapat melakukan pertemuan persatuan atau one-one-one tanpa batas bahkan dengan paket gratis sekalipun. Anda juga dapat dengan mudah melakukan manage terhadap user yang bergabung pada Konferensi meeting Anda dengan menggunakan Aplikasi Zoom

2. Konferensi rapat grup video.
Anda dapat mengundang hingga 500 orang peserta jika Anda membeli add-on untuk rapat besar. Namun paket gratis memungkinkan Anda untuk menyelenggarakan konferensi rapat format video hingga 40 menit dan sampai 100 peserta. Zoom sangat mudah digunakan bahkan dengan koneksi yang lambat sekalipun.

3. Sharing screen & Chat
Peserta dapat bertemu dalam format one-one-one atau dengan kelompok besar serta berbagi layar Anda dengan peserta lain sehingga mereka dapat melihat apa yang Anda lihat. Hal ini sangat berguna bagi kita yang menggunakan Zoom untuk rapat pekerjaan, mempresentasikan proyek dengan client, dan lainnya
 
Untuk peserta juga dalam melakukan Chat kesemua user atau juga ke user lain secara Private. Fitur ini sangat bermanfaat untuk diskusi antar peserta yang hadir untuk rapat dan Conference. Bisa juga dimanfaatkan untuk sesi FAQ atau tanya jawab dengan menginformasikan pertanyaan pada Fitur Chat ini.

4. Fitur Recording Video Call
Satu lagi yang tidak kalah keren dari Zoom, Kita bisa melakukan Recording atau merekam Video Call yang kita lakukan, hal ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang melaksanakan Video Conference di mana nantinya videonya akan di upload kembali atau di edit agar lebih baik sebelum di publikasi ke umum.

Cara Mengunduh Aplikasi Zoom Meeting
1. Aplikasi Zoom Untuk Windows
a. Buka Web Browser di Laptop Anda. Lalu ketik ‘Zoom Cloud Meeting’ pada kolom pencarian
b. Untuk versi terbarunya 5.10.4 dan baru saja diupdate tanggal 29 Maret 2022
c. Kemudian Klik ‘Download‘ atau ‘Install’
d. Tunggu sebentar, dan aplikasi Zoom sudah bisa Anda gunakan di Laptop Anda
e. Selesai !
 
2. Aplikasi Zoom Untuk Android Smartphone
a. Buka Playstore di smartphone Anda, dan ketik ‘Zoom Cloud Meeting’.
b. Untuk versi terbarunya 5.10.4 dan baru saja diupdate tanggal 29 Maret 2022.
c. Kemudian Klik ‘Download’ atau ‘Install’.
d. Tunggu sebentar, dan aplikasi Zoom sudah bisa digunakan di smartphone Anda.

3. Aplikasi Zoom Untuk Iphone Smartphone
a. Buka Appstore di Smartphone Anda, dan ketik ‘Zoom Cloud Meeting’.
b. Untuk versi terbarunya 5.10.4 dan baru saja diupdate tanggal 29 Maret 2022.
c. Kemudian Klik ‘Download’ atau ‘Install’.
d. Tunggu sebentar, dan aplikasi Zoom sudah bisa Anda gunakan di smartphone Anda.
e. Selesai !

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting
Sebelum menggunakan perangkat video conference ini periksa dulu apakah kamera dan audio sudah aktif atau belum. Selanjutnya koneksi internet pastikan cepat dan stabil agar tak mengganggu jalannya rapat. Jangan lupa tes suara mic agar suara terdengar jelas .

Apabila ditugaskan sebagai Host berarti memiliki kewajiban untuk membuat ruang meeting baru. Ada baiknya menggunakan laptop atau komputer karena lebih mudah digunakan. Ikuti cara membuat room meeting jika Anda sebagai host di antaranya,
a. Buka aplikasi Zoom Meeting, kemudian klik Start
b. Pilih Invite Others untuk mengundang partisipan lain, bisa melalui email atau salin link yang tertera
c. Setelah itu tunggu semua peserta masuk ke dalam meeting
d. Untuk meminimal obrolan yang bertumpuk, host bisa gunakan fitur Lock Meeting di menu Security
e. Apabila host ingin merekam pilih menu Record, maka meeting akan tersimpan otomatis dalam bentuk mp4
f. Jika meeting telah berakhir dan peserta meninggalkan forum, silahkan klik End Meeting di sebelah kanan bawah. Atau pilih End Meeting for All agar host bisa langsung mengakhiri meeting untuk semua peserta

Jika Anda hanyalah seorang partisipan yang ingin bergabung dalam meeting ada beberapa langkah yang perlu dilewati di antaranya,
a. Buka aplikasi Zoom Meeting
b. Jika tidak Sign In, tinggal masukkan link undangan lalu Join Meeting
c. Atau bisa langsung masukkan ID Meeting, ketik nama tampilan, lalu klik Join Meeting
d. Sedangkan bila sudah Sign In, maka klik Join Meeting dan masukkan ID Meeting
e. Atur aktivasi audio atau video, jika ada pertanyaan bisa gunakan fitur Chat

Harga Berlangganan Zoom Meeting Premium
Zoom memberikan kemudahan bebas biaya atau gratis bagi penggunanya yang mendownload aplikasi ini melalui laptop. Namun bagi pengguna yang ingin melakukan pengelolaan secara lebih besar dan advance harus melakukan registrasi lebih dulu.

Terlebih lagi jika Anda ingin melakukan konferensi online dengan lebih dari 1000 orang di saat yang bersamaan, Anda dapat mencoba menggunakan paket Enterprise Plus dengan harga mulai dari $19,99 per bulan.

Sedangkan bagi penggunanya dalam jumlah konferensi kecil, Zoom juga mempunyai paket gratis tapi tentunya paket ini mempunyai keterbatasan tersendiri seperti partisipan yang dibatasi hanya dengan 100 orang dalam satu konferensi, waktu konferensi 40 menit serta pembatasan fitur- fitur lainnya.

Dari berbagai sumber

Baca Juga: Google Meet: Pengertian, Fitur, Cara Menggunakan, Manfaat, Harga Paket, Kelebihan, dan Kekurangannya

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Zoom Meeting: Pengertian, Fitur Utama, Cara mengunduh dan Menggunakannya, serta Harga Premiumnya"