Pengertian Email, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Email
Email

A. Pengertian Email
Email (e-mail/surat elektronik) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet). Email dapat dibuat dan dikirim ke alamat email lainnya dengan menggunakan komputer/ laptop dan gadget lainnya, misalnya smartphone dan tablet yang terhubung dengan internet.

Email dapat digunakan untuk mengirimkan data, entah itu dalam bentuk file teks, gambar, audio ataupun video. Dengan menggunakan email, aktivitas pengiriman data seperti misalnya surat menyurat jadi lebih mudah dan cepat dibandingkan menggunakan jasa manusia (pos).

B. Sejarah Email
Sejarah email dimulai pada tahun 1968, ketika jaringan ARPANET, sejenis internet di zaman sekarang, mulai tumbuh dan berkembang. ARPANET itu sendiri awalnya hanyalah sebuah proyek komunikasi yang dibangun untuk institusi militer dan pendidikan. Selanjutnya, perkembangan email mulai menunjukkan kemajuan. Seorang insinyur bernama Ray Tomlinson bertugas untuk membuat suatu sistem komunikasi yang kemudian proyek ini dinamakan SNDMSG.

SNDMSG adalah sebuah program yang mampu membuat orang, yang memiliki mesin yang sama, saling berkirim pesan. Tentu saja, Anda tak bisa membandingkannya dengan email di zaman sekarang yang sudah sangat mudah untuk digunakan. Cara berkirim pesan dalam program ini hampir menyerupai cara Anda saat menulis dan berkirim pesan melalui email. Setelah pesan seleksi ditulis, pesan akan dikirim pada kotak surat yang ada di mesin yang sama.

Perkembangan email terus bergerak maju. Ray Tomlinson terus membuat inovasi dan berhasil membuat SNDMSG mampu mengirim pesan di dalam jaringan ARPANET. Mungkin bisa dibilang ini adalah bentuk email paling lawas. Surel pertama yang dikirim di dunia ini adalah pesan berbunyi “QWERTYUIOP". Kemudian pada tahun 1972, Ray kembali mengenalkan sebuah ikon “@" sebagai pemisah antara identitas email dengan domain alamat email.

Awalnya, email adalah sebuah layanan yang berbayar. Salah satu program yang paling terkenal adalah Eudora. Namun, dengan cepat Eudora tergeser dari kedudukannya karena ada program baru yang lebih baik dan gratis, yaitu Netscape dan Internet Explorer.

C. Fungsi Email
Fungsi dan manfaat email secara umum adalah untuk mengirimkan pesan atau surat kepada orang lain.
1. Mengirim dan Menerima Pesan
Kegunaan email yang paling umum adalah untuk mengirim dan menerima email dari orang lain di manapun mereka berada. Pesan tersebut dapat terkirim ke tujuan dalam waktu yang sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik saja. Namun, tentu saja kecepatan tersebut dipengaruhi oleh kecepatan internet, baik si pengirim atau si penerima email.

2. Mengirim dan Menerima File
Email juga dapat mengirimkan berbagai jenis file dan dokumen digital dengan ukuran tertentu, baik itu foto, video, teks, dan lain-lain. Biasanya file tersebut ditambahkan di dalam lampiran (attachment) pada email.

3. Sebagai Identitas Diri
Email juga berfungsi sebagai identitas diri di internet di mana orang lain dapat menghubungi pengguna email melalui alamat email miliknya. Dalam berbagai aspek, penggunaan email bagi seseorang sudah menjadi kewajiban. Email seringkali menjadi syarat mutlak untuk proses aktivasi berbagai layanan digital, misalnya untuk aktivasi smartphone, untuk aktivasi layanan berlangganan surat, dan lain-lain.

4. Email Untuk Mendaftar di Berbagai Situs
Sebagian besar layanan website saat ini membutuhkan email penggunanya agar bisa melakukan aktivitas di website tersebut. Mulai dari situs media sosia, situs e-commerce, game online, situs forum, dan berbagai layanan lainnya, mengharuskan pengguna mendaftarkan email. Berbagai layanan website tersebut membutuhkan verifikasi dari penggunanya, dan ini hanya bisa dilakukan bila penggunanya memiliki alamat email yang valid.

5. Email untuk Media Pemasaran
Pemasaran online saat ini banyak dilakukan dengan memanfaatkan email. Dan sebagian besar pebisnis online melakukan pemasaran melalui email untuk meningkatkan penjualan. Pemasaran melalui email merupakan salah satu pemasaran online yang paling tua. Dan hingga saat ini email marketing masih termasuk jenis pemasaran online yang sangat efektif.

D. Cara Kerja Email
Secara konsep, mengirim email sama saja dengan mengirim surat secara konvensional. Anda harus memiliki alamat yang dituju, perangkat seperti laptop atau telepon genggam, dan tentunya jaringan internet.
1. Setelah Anda mengetikkan email dan mengirimkannya ke alamat yang dituju, server akan mengidentifikasi alamat yang dituju.
2. Setelah alamat penerima email ditemukan, server akan mengirimkan pesan kepada server email Pesan yang dikirim akan tersimpan di server email penerima sampai pengguna membukanya sendiri.
3. Setelah pengguna email menyadari dan membuka pesan baru tersebut, aplikasi email akan mengunduh pesan yang tersimpan di dalam server ke dalam komputer.
4. Setelah proses ini selesai, pengguna bisa membaca isi pesan yang sudah dikirim tersebut.

E. Jenis Email
1. POP Mail (Post Office Protocol), adalah jenis email yang didapatkan oleh pengguna dari ISP yang menjadi langganan atau alamat email pekerja yang diberikan perusahaan kepada pegawainya.
2. Webmail, adalah email yang berbasis website. Dengan kata lain, pengguna email hanya bisa membuka email miliknya maka ia harus membuka halaman situs penyedia layanan email tersebut.
3. Forward Mail, adalah jenis layanan email yang memforward atau meneruskan email yang diterima pengguna ke alamat email yang lain. Biasanya forward mail hanya digunakan oleh mereka yang sering berganti alamat email.

F. Kelebihan dan Kekurangan Email
1. Kelebihan Layanan Email
Terdapat beberapa kelebihan dari layanan email yang tak bisa digantikan dengan jasa layanan pengiriman surat secara konvensional.
a. Menawarkan Efisiensi Waktu
Jika dengan layanan konvensional, sebuah surat baru bisa sampai di tujuan dalam waktu satu minggu bahkan sebulan. Namun, dengan email, sebuah pesan bisa sampai hanya dengan hitungan menit dan detik, tergantung pada kualitas jaringan internet. Penerima email juga bisa langsung menerima dan mengakses pesan yang dikirim, jika terhubung dengan internet. Semua proses berkirim pesan dengan cara digital seperti ini dapat dilakukan dalam waktu yang begitu singkat.

b. Menawarkan Efisiensi Biaya
Jika surat konvensional menagih jasa biaya antar dengan prangko, email sama sekali tidak membutuhkan biaya untuk jasa pengirimannya, selain biaya jaringan internet yang dibutuhkan. Apalagi, email menawarkan sesuatu yang tidak bisa digantikan oleh layanan jasa pengiriman surat konvensional, yaitu jarak penerima tidak memengaruhi biaya kirim. Tidak peduli sejauh apa pun alamat penerima, biaya yang dikeluarkan tetap sama, yaitu tidak ada. Sedangkan dengan cara konvensional, semakin jauh alamat penerima, biaya yang ditagih akan semakin besar.

c. Menawarkan Cara yang Praktis
Pengiriman surat secara konvensional merepotkan, mulai dari mempersiapkan amplop, kertas, prangko dan harus pergi ke kantor pos atau mencari kotak pos. Dengan fasilitas email kita dapat berkirim surat tanpa harus berpanas-panasan keluar rumah atau mengeluarkan modal untuk membeli prangko.

d. Menawarkan Keamanan Data
Cara pengiriman surat secara konvensional yang membutuhkan surat secara fisik membuat keamanan dan kerahasiaan pesan menjadi rentan untuk dicuri. Sedangkan surat dalam bentuk digital sebaliknya. Email memiliki kata kunci yang membuatnya lebih tangguh dalam menghadapi ancaman penyadapan. Dengan teknologi yang canggih, email dapat mengenkripsi pesan yang dikirim, sehingga hanya pengirim dan penerima yang dapat membaca pesan.

e. Menawarkan Kerapian Data
Dengan email, data akan menjadi lebih tertata dan rapi. Kita bisa menyortir data, menyimpan atau menghapus data yang dirasa sudah tidak terpakai.

2. Kekurangan Layanan Email
Terdapat beberapa kekurangan dari layanan email di antaranya,
a. Sangat Tergantung pada Perangkat seperti Laptop, Komputer, atau Telepon Genggam
Bagaimana pun perangkat elektronik seperti komputer, laptop ataupun smartphone bukanlah barang murah yang bisa dimiliki semua orang. Kalaupun memilikinya perangkat harus terkoneksi dengan jaringan internet. Bagi sebagian orang tentu ini adalah kekurangan email.

b. Sangat Tergantung dengan Jaringan Internet
Tidak semua daerah memiliki koneksi dan jaringan internet yang baik. Untuk Anda yang tinggal di daerah pinggiran, pastilah pernah merasakan susah sinyal dan betapa susahnya untuk sekadar menelepon, apalagi untuk mengirim email. Kegiatan saling berkirim email membutuhkan keadaan di mana baik si pengirim maupun penerima berada di daerah yang memiliki jaringan internet yang baik. Kegiatan berkirim email memang masih menjadi sebuah kemewahan.

c. Pengetahuan Tentang Email adalah Sesuatu yang Terbatas
Tidak semua orang paham dan mengerti cara menggunakan email. Aktivitas yang punya basis data di internet seperti ini lumayan susah untuk dimengerti oleh generasi tua dan masyarakat di daerah pinggiran yang belum tersentuh jaringan internet. Mungkin karena hal tersebut, kantor pos masih tetap ada sampai sekarang dan perusahaan pun masih menyediakan cara berkirim lamaran pekerjaan dalam bentuk fisik.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Email, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya"