Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google Meet: Pengertian, Fitur, Cara Menggunakan, Manfaat, Harga Paket, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Google Meet
Google Meet
Pengertian Google Meet
Google Meet adalah layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini merupakan salah satu Aplikasi mengganti Google Hangouts dan Google Chat. Google berencana menghentikan Google Hangouts pada Oktober 2019.

Layanan ini diluncurkan sebagai aplikasi konferensi video yang bisa ditonton hingga 30 peserta. Meet menjadi versi yang lebih kuat dibanding Hangouts pendahulunya karena Meet mampu ditampilkan pada aplikasi web, aplikasi Android dan iOS.

Fitur Google Meet
Google Meet menawarkan banyak fitur yang bisa membantu penggunaan perorangan dan perusahaan hingga skala besar sekalipun di antaranya,
1. Dapat mengundang hingga 100 peserta per panggilan untuk pengguna G Basic Suite, 150 orang bagi pengguna G Suite Business dan 260 orang per meeting untuk pengguna yang membeli paket G Suite Enterprise.
2. Mempunyai kemampuan untuk bergabung dengan rapat dari web atau melalui aplikasi yang di instal oleh pengguna smartphone Android dan iOS.
3. Kemampuan untuk melakukan rapat online dengan nomor dial-in.
4. Jika pengguna edisi G Suite Enterprise memakai nomor dial-in, maka kata sandi atau password pengguna akan terlindungi.
5. Integrasi dengan Google Calendar untuk melakukan panggilan rapat sekali klik.
6. Berbagi layar untuk menyajikan dokumen, spreadsheet atau presentasi.
7. Panggilan terenkripsi di antara semua penggunanya.
8. Teks tertutup yang dihasilkan oleh adanya AI.

Cara menggunakan Google Meet
Pengguna smartphone/HP
Bagi Anda yang lebih banyak mobile atau lebih memilih menggunakan smartphone/HP maka Anda dapat mengunduh aplikasi ini Play Store dan App Store. Lakukan pendaftaran atau Sign Up dengan menggunakan Gmail Anda.

Apabila sudah terdaftar, Anda akan dapat melakukan konferensi online dengan menggunakan fitur chat atau video conference. Klik ikon (+) pada pojok kanan bawa aplikasi dan pilih New Video Call, kemudian tambahkan partisipan dengan memasukkan alamat email atau nomor telepon mereka.

Pengguna komputer/desktop
Pengguna komputer dapat mengakses Google Meet pada laman resmi mereka, kemudian klik Join or Start a Meeting. Disini pengguna harus membuat kode rapat dan judul meeting sebelum mengundang partisipan. Website akan meminta izin untuk mengakses mikrofon dan kamera.

Klik Join Now untuk bergabung dengan ruang rapat virtual, presentasi akan dilakukan pada layar komputer. Jika Anda ingin mengundang lebih banyak orang, silahkan copy paste video conference atau cukup menambah email partisipan baru.

Manfaat Google Meet
Manfaat utama Google Meet tentunya untuk membantu dan memudahkan orang khususnya bagi para pekerja yang berkecimpung di dunia bisnis untuk mengadakan rapat atau pertemuan jarak jauh secara online. Selain itu, manfaat Google Meet bisa dilihat dari banyaknya fitur yang diberikan di antaranya,
1. Memiliki kemampuan untuk melakukan pertemuan atau rapat online dengan menggunakan nomor dial-in.
2. Terintegrasi dengan Google Calendar sehingga dapat melakukan panggilan rapat dalam sekali klik saja.
3. Teks tertutup yang dihasilkan oleh adanya AI.
4. Dapat berbagi layar untuk menampilkan dokumen, presentasi, atau spreadsheet.
5. Panggilan antar semua pengguna sudah terenkripsi.
6. Jika menggunakan paket G Suite Enterprise, maka kata sandi pengguna akan terlindungi dengan aman.

Paket Google Meet
Google Meet dapat digunakan secara gratis untuk skala kecil sebanyak 25 orang atau cukup menerima undangan untuk mengikuti telekonferensi Google Meet bersama. Jika ingin menggunakan aplikasi ini untuk perusahaan Anda atau perkumpulan yang lebih besar, berikut beberapa paket Google Meet yang bisa dimanfaatkan di antaranya,
1. Paket G Suite Basic. Dengan 6 dollar As atau Rp 93.000 per bulan, Anda dapat melakukan video konferensi online dengan mengundang hingga 100 orang peserta per meeting.
2. Paket G Suite. Dengan 12 dollar AS atau sekitar Rp 186.000 per bulan, Anda dapat mengundang dan melakukan rapat online dengan 150 orang peserta.
3. Paket G Suite for Enterprise. Dengan biaya 25 dollar AS atau Rp 388.000 per bulan, pengguna premium ini dapat mengundang 250 orang ke dalam rapat online atau berbagi livestreaming kepada 100 ribu penonton dan menyimpan rekaman online meeting tersebut ke dalam Google Drive secara gratis serta menggunakan fitur penuh Google Meet lebih leluasa lagi.

Kelebihan Google Meet
1. Kemudahan untuk bergabung. Bergabung dalam sebuah meeting di Google Meet terbilang sangat mudah, partisipan dapat bergabung melalui web, aplikasi Android atau iOS.
2. Akses menggunakan akun Google. Mayoritas pengguna Android memiliki akun Google sehingga akses Google Meet akan lebih mudah dan cepat, tanpa harus mendaftarkan diri.
3. Waktu pertemuan cukup panjang. Pertemuan di Google Meet dapat berlangsung selama 60 menit (gratis). Hal ini dirasa jauh lebih baik ketimbang Zoom Meeting yang hanya 40 menit.
4. Terhubung ke Google Drive. Google Meet terintegrasi dengan Google Drive untuk penyimpanan file recording dan dokumen yang sekiranya dibutuhkan. Pengguna yang memilih paket premium G Suite dapat merekam dan hasil rekaman tersimpan di Google Drive.

Kekurangan Google Meet
1. Versi gratis tidak support recording. Sayangnya versi gratis dari Google Meet tidak tersedia fitur recording. Berbeda dengan Zoom Meeting dan Skype yang dalam versi gratisnya telah tersedia fitur recording.
2. Berbagi layar terasa berat dan lambat. Ketika melakukan presentasi dengan berbagi layar melalui browser, komputer terasa sangat berat. Mungkin dibutuhkan komputer dengan spesifikasi hardware yang lebih baik agar presentasi terasa lancar.
3. Tidak dapat mengubah layar background. Beberapa layanan konferensi video telah menghadirkan fitur untuk mengubah layar background sehingga visualisasi terlihat lebih menarik. Sayangnya, Google Meet belum menyediakan fitur ini.
4. Belum ada Google Meet versi Desktop. Hingga saat ini, belum tersedia Google Meet versi desktop yang artinya meeting melalui komputer harus dilakukan melalui browser.

Dari berbagai sumber

Baca Juga: Zoom Meeting: Pengertian, Fitur Utama, Cara mengunduh dan Menggunakannya, serta Harga Premiumnya

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Google Meet: Pengertian, Fitur, Cara Menggunakan, Manfaat, Harga Paket, Kelebihan, dan Kekurangannya"