Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Leads, Jenis, Cara, dan Manfaatnya

Pengertian Leads, Jenis, Cara, dan Manfaatnya


A. Pengertian Leads

Leads adalah mereka yang memiliki potensi yang besar untuk bisa diproses menjadi pelanggan. Dalam konteks marketing, leads merupakan seseorang yang menaruh minat terhadap produk dan layanan yang Anda tawarkan. Umumnya, mereka telah memberikan informasi berupa data diri sehingga mudah untuk dihubungi lebih lanjut.

Leads tidak bisa diperoleh dengan mudah, Anda memerlukan leads generation agar mampu memperoleh leads yang lebih berkualitas. Leads generation adalah proses menarik orang-orang yang menaruh minat pada produk atau layanan Anda dan mengubahnya menjadi pelanggan.

B. Jenis Leads
Terdapat empat jenis leads dalam konsep digital marketing di antaranya,
1. New Leads (Leads Baru)
Arti Leads baru ini, yaitu leads yang baru masuk dalam direktori database. Leads baru ini sengaja didatangkan untuk kepentingan kampanye selanjutnya. Umumnya, mereka tidak menyadari apa yang akan kita lakukan ke depan.

2. Leads Prospek
Leads Prospek adalah kelanjutan dari Leads baru. Dengan kata lain, kategori ini ada karena sebelumnya Anda telah melakukan edukasi melalui produk yang akan dijual, memberikan pengetahuan tentang produk, manfaat produk, dan berbagai macam benefit (keuntungan) lainnya.

Maka, dari sini kita bisa mendapatkan sebuah prospek setelah kita memberikan penawaran terbaik kepada mereka.

3. Leads Potensial
Leads potensial adalah orang yang telah melakukan pembelian produk tersebut tetapi belum menyerahkan tanda jadi. Dalam konteks ini, mereka belum sama sekali melakukan transfer ke rekening Anda. Paling tidak, dari sini kita sudah bisa mengukur berapa potensi penjualan yang nantinya akan kita dapatkan.

4. Leads Buyer
Leads Buyer merupakan leads impian dari banyak internet marketing. Leads buyer adalah orang yang sudah membeli produk atau orang yang telah menggunakan jasa Anda.

Leads tersebut memiliki kualitas yang sangat baik dengan kemampuan bayar yang mereka miliki. Maka, untuk tahap selanjutnya Anda akan lebih dimudahkan dalam melakukan penjualan produk baru. Kemungkinan besar mereka akan menjadi pembeli atau menggunakan jasa Anda kembali tanpa perlu effort yang besar.

C. Cara Mendapatkan Leads
Cara untuk memperoleh leads di antaranya,
1. Membuat Landing Page
Landing page adalah suatu halaman khusus pada website perusahaan Anda yang memiliki isi berbentuk form untuk bisa mengumpulkan leads. Umumnya, halaman ini juga berisi informasi lengkap terkait produk ataupun bisnis yang ditawarkan perusahaan.

Dengan membuat landing page, Anda bisa mendapatkan leads yang banyak. Dengan bekal website yang memiliki halaman khusus, maka upaya Anda dalam memperoleh leads akan menjadi tampak elegan.

Selain itu, Anda juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan lead secara terus menerus. Karena landing page Anda akan terus ada di website tanpa adanya batasan waktu. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengarahkan setiap audiens untuk mengunjungi website dan landing page Anda. Strategi ini juga dinilai sangat fleksibel untuk bisa digabungkan dengan cara memperoleh leads lainnya.

2. Membagikan Ebook
Anda bisa memperoleh leads dengan cara membuat ebook dan membagikannya secara gratis kepada pelanggan potensial Anda. Metode ini menjadi metode yang paling banyak digunakan oleh bisnis B2B.

Hal tersebut dikarenakan bisnis B2B umumnya tidak akan terjadi dalam satu kali pertemuan saja, dan karena transaksi bisnis di dalamnya sangatlah besar. Sehingga, diperlukan waktu yang agak lama agar pembeli yakin dan suap untuk membeli ataupun menggunakan layanan dari perusahaan.

Ebook bisa menjadi seperti “oleh-oleh” untuk calon pelanggan potensial Anda. Dengan membagikan ebook, Anda bisa meninggalkan kesan sebagai bisnis yang terpercaya, paling ahli dan juga mempunyai reputasi yang bagus. Terlebih lagi, bila Anda memiliki sifat bisnis yang sangat teknis.

Sehingga, setiap calon pelanggan bisa memperoleh nilai tambah dan juga pengetahuan baru terkait bisnis yang Anda jalankan. Agar ebook Anda bisa lebih diminati oleh para calon pelanggan potensial Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut di antaranya,
a. Pilihlah topik yang lebih spesifik. Jika Anda mempunyai beberapa lini produk maupun layanan, maka jangan terburu-buru untuk memasukkan seluruh topik yang berkaitan dengan satu buku. Hal ini dilakukan agar Anda bisa memperoleh lead dalam jumlah yang lebih banyak dan juga lebih spesifik.
b. Buatlah outline untuk memetakan konten ebook. Agar konten yang ditulis bisa lebih mudah untuk dipahami pembaca, maka pastikanlah untuk memetakan konten secara urut, logis, dan baik.
c. Desain ebook dengan tampilan yang menarik. Tampilan ebook yang menarik akan mampu membantu pembaca dalam menikmati konten yang Anda sajikan.
d. Tambahkanlah beberapa elemen dekoratif pada ebook. Tempatkanlah gambar, foto, quote, data, diagram atau elemen apapun untuk menambah estetika. Akan lebih baik lagi bila Anda mengubah seluruh elemen dekoratif tersebut guna membantu pembaca dalam memahami konten ebook.

Jika Ebook Anda sudah mampu memenuhi elemen di atas, Anda hanya tinggal mempromosikannya saja, dan Anda akan memperoleh lead dari mereka yang berminat pada ebook Anda.

3. Freebies
Freebies adalah sebuah konten yang sengaja dibuat dan dibagikan dengan gratis. Namun, konten ini berbeda dengan blog atau video. Freebies ini biasanya bisa didownload dan juga di print di atas kertas, seperti worksheet, checklist, ebook, panduan singkat, ebook, poster, dan masih banyak lagi.

Bila dibandingkan dengan cara memperoleh leads melalui ebook, maka freebies ini bisa dibilang lebih efektif lagi. Karena, Anda bisa membuat suatu konten dalam kurun waktu yang lebih singkat. Pastinya, format konten seperti ini juga akan lebih menghemat tenaga.

Karena, Anda bisa lebih menghabiskan sisa waktu dan tenaga Anda untuk memperoleh lalu lintas leads yang lebih berkualitas lagi.

4. Buat Konten Premium
Jika Anda memiliki konten yang berkualitas super dan memiliki basis massa yang loyal, maka Anda bisa membuat konten premium. Cara ini dijamin akan mampu mendatangkan leads yang berkualitas tinggi. Karena, mereka sudah sesuai dengan target pasar Anda.

Strategi seperti ini sebenarnya lebih banyak dilakukan oleh beberapa portal berita dan juga majalah online. Khususnya oleh media yang berbasis di luar negeri atau yang sudah memiliki jaringan internasional. Namun, belum banyak dilakukan di Indonesia.

5. Beri Opsi Subscribe Konten
Metode ini wajib untuk Anda coba, terutama untuk Anda yang sudah menjalankan blog untuk berbisnis. Dengan cara memberikan update konten eksklusif, maka Anda akan memperoleh nama dan juga alamat email setiap pengunjung secara mudah.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan form subscribe pada setiap halaman konten blog Anda. sehingga, setiap pengunjung nantinya akan selalu ditawari untuk subscribe blog. Jadi, kemungkinan untuk bisa memperoleh leads juga akan semakin besar.

6. Sediakan Live Chat Di Website
Fitur live chat juga ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kredibilitas suatu bisnis dan tidak sekedar memberikan kemudahan bagi pembeli untuk bisa menghubungi Anda. terdapat alasan lain yang mengharuskan Anda untuk menambahkan fitur ini pada website Anda. Karena, fitur ini juga mampu menambah leads Anda, terutama bila Anda menyediakan form kontak.

7. Manfaatkan Media Sosial
Usaha untuk bisa memperoleh leads juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan juga Instagram. Syaratnya adalah Anda harus memiliki nilai tambah ataupun konten eksklusif yang mampu menarik calon pelanggan.

Setelahnya, Anda bisa membuat suatu konten pengumuman di media sosial. Isi dari konten tersebut bisa menginformasikan bahwa Anda ingin membagikan sesuatu konten eksklusif secara gratis. Caranya, mereka hanya harus memberikan alamat emailnya.

Bila Anda ingin memperoleh leads yang lebih banyak, Anda hanya harus menambahkan persyaratan tertentu. Strategi seperti ini sudah banyak digunakan oleh para perusahaan besar untuk memperoleh banyak lead.

D. Manfaat Leads Generation
Setelah mengetahui pengertian dari leads dan leads generation, kita bisa menyimpulkan bahwa leads adalah bagian yang penting dalam digital marketing. Berikut beberapa manfaat dari mendapatkan leads dan leads generation di antaranya,
1. Membuat Anda lebih mudah untuk mengetahui orang-orang yang tertarik pada produk dan layanan yang Anda tawarkan.
2. Memudahkan Anda untuk memetakan demografi calon pelanggan dan mengetahui dari mana pelanggan Anda berasal.
3. Memungkinkan Anda melakukan promosi ke orang-orang yang mempunyai potensi tinggi menjadi pelanggan dan pembeli.
4. Memudahkan Anda untuk menghubungi dan melakukan promosi ke pelanggan potensial.
5. Memudahkan Anda untuk melakukan targeting dan juga inbound marketing.
6. Meyakinkan pelanggan untuk membeli produk dan layanan yang Anda tawarkan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Leads, Jenis, Cara, dan Manfaatnya"