Pengertian Komprehensif, Penggunaan, dan Contohnya

Pengertian Komprehensif
Komprehensif

A. Pengertian Komprehensif
Komprehensif dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah,
1. bersifat mampu menangkap (menerima) dengan baik;
2. luas dan lengkap (tentang ruang lingkup atau isi);
3. mempunyai dan memperlihatkan wawasan yang luas

Komprehensif dari bahasa Inggris “comprehensive” yang artinya lengkap, luas, menyeluruh, teliti,  dan meliputi banyak hal. Pada dasarnya, istilah komprehensif digunakan untuk menyatakan kondisi di mana sesuatu dapat menjelaskan keterangan secara lengkap dan luas serta memberikan wawasan yang lebih lengkap.

Demikian, secara umum komprehensif adalah segala sesuatu yang sifatnya luas dan lengkap yang meliputi berbagai aspek atau ruang lingkup yang luas. Komprehensif juga berarti memiliki wawasan yang luas akan sesuatu dan melihatnya dari berbagai aspek sehingga dapat memahami suatu permasalahan secara menyeluruh dan menyelesaikannya dengan baik.

B. Penggunaan Komprehensif
Istilah komprehensif biasa digunakan dalam berbagai bidang, mulai dari bidang sains, penelitian, filsafat, akuntansi, kebidanan, dan lain sebagainya.
1. Bidang Kebidanan, komprehensif diartikan sebagai penanganan yang berkesinambungan kepada ibu dan bayi sejak bayi berada dalam kandungan hingga pada tahap setelah kelahiran.
2. Bidang Filsafat, komprehensif adalah suatu metode berpikir filsafat yang mengkaji segala sesuatu secara menyeluruh sehingga tidak ada lagi bagian-bagian yang tersisa ataupun yang berada di luarnya.
3. Bidang Akuntansi, komprehensif diartikan sebagai suatu prinsip pembuatan laporan laba rugi yang bertujuan untuk mengukur keberhasilan kinerja perusahaan selama periode tertentu. Informasi tentang kinerja perusahaan digunakan untuk menilai dan memprediksi jumlah dan waktu atas ketidakpastian arus kas masa depan.
4. Bidang Pelayanan, komprehensif diartikan pelayanan yang diberikan secara menyeluruh yang mencakup upaya preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif bagi pelanggan atau masyarakat yang membutuhkan.

C. Contoh Komprehensif
Berikut beberapa contoh penggunaan istilah komprehensif dalam kalimat di antaranya,
1. Rumah Sakit X memberikan pelayanan komprehensif kepada para pasiennya.
2. Berita komprehensif yang disajikan oleh situs X akhirnya membuat masyarakat memahami masalah secara keseluruhan.
3. Perusahaan X melaporkan laba komprehensif yang didapatkan pada tahun 2018.
4. Setiap kampus pasti mengadakan ujian komprehensif bagi seluruh mahasiswa semester akhir.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Komprehensif, Penggunaan, dan Contohnya"