Pengertian Komunikasi Satu Arah, Contoh, Kelemahan, Keuntungan, dan Hambatannya

Pengertian Komunikasi Satu Arah atau One Way Communication
Komunikasi Satu Arah

A. Pengertian Komunikasi Satu Arah (One Way Communication)
Pengertian komunikasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Komunikasi satu arah (one way communication) adalah komunikasi yang mana komunikan tidak diberikan kesempatan untuk memberikan umpan balik atas informasi yang disampaikan oleh komunikator. Komunikasi yang berlangsung dari satu pihak saja, bentuk proses komunikasi di mana yang aktif terlibat hanyalah pihak sumber.

Komunikasi satu arah bisa dikatakan sebagai komunikasi yang tidak memberi kesempatan kepada pendengar untuk memberikan tanggapan atau sanggahan. Pihak penerima pesan bersifat pasif dalam arti hanya menerima saja semua pesan yang disampaikan sumber tanpa memberikan umpan balik berupa tanggapan, reaksi atau pendapat atas pesan-pesan yang diterimanya. Jadi komunikasi satu arah terjadi ketika seseorang mengirim pesan kepada orang lain tapi si penerima pesan tidak menanggapi pesan tersebut

Komunikasi tersebut banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi satu arah lebih banyak di pakai dalam dunia militer, hal ini dikarenakan dalam dunia militer menggunakan sistem komando, di mana perintah dari atasan harus dilaksanakan oleh bawahan tanpa ada pertanyaan atau sanggahan. Pesan  disampaikan oleh sumber kepada sasaran dan sasaran tidak dapat  atau tidak mempunyai kesempatan untuk memberikan umpan balik atau bertanya.

Dalam komunikasi satu arah banyak memiliki kekurangan. Pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama, artinya hanya dari satu pihak saja, pihak lain hanya mendengarkan.

B. Contoh Komunikasi Satu Arah
1. Dalam Militer, militer menganut sistem komando, di mana para prajurit harus menuruti apa yang di inginkan atasannya, dan tanpa adanya sanggahan. Di militer komunikator lebih tepat diberikan kepada atasan, sedangkan komunikan di sini adalah bawahan dari atasan tersebut, karena di militer mempunyai dasar loyalitas (kesetiaan/kemauan pada suatu pekerjaan tersebut).
2. Dalam Organisasi Privat, yaitu perusahaan memiliki komunikasi satu arah, misalnya dalam hal penyampaian pidato dari manajer kepada bawahan. Pemberian tugas dari atasan kepada bawahan atau atasan sedang memberikan perintah kepada sekretarisnya.
3. Dalam Organisasi Publik, dalam organisasi publik kita dapat melihat contoh komunikasi satu arah. Contohnya adalah website sebagai media publikasi dari suatu pemerintahan. Di mana komunikasi satu arah terjadi dalam hal di website tersebut hanya memberitakan informasi saja dari pemerintahan kepada masyarakat. Pidato apel pagi setiap hari Senin yang dilakukan oleh pemimpin pemerintahan, di mana pemimpin hanya menyampaikan informasi tanpa adanya sanggahan oleh para pegawai.
4. Dalam Media Komunikasi
a. Siaran Radio, radio di sini dimaksudkan kepada radio penyiaran, yaitu sebagai radio komunikasi dengar, yang menyalurkan gagasan dan informasi dalam bentuk suara secara umum dan terbuka.
b. Televisi, televisi merupakan media komunikasi satu arah jika menayangkan berita atau informasi siaran yang disertai gambar.
c. Surat Kabar, surat kabar merupakan media komunikasi satu arah, di mana surat kabar hanya menyampaikan informasi-informasi melalui tulisan-tulisan yang dicetak dalam kertas.
d. Sebuah baliho iklan produk yang sedang dibaca seseorang di pinggir jalan.

C. Kelemahan Komunikasi Satu Arah
1. Tidak ada interaksi antara komunikan dengan komunikator
2. Tidak ada timbal balik dari komunikan
3. Memberikan kesan otoriter
4. Komunikasi tidak efektif
5. Komunikan hanya sebagai informan saja bagi komunikator
6. Media komunikasi terbatas
7. Dapat menimbulkan kesalahpahaman dan ketidakjelasan, sehingga muncul prasangka yang tidak baik
8. Tidak memberikan kepuasan kepada komunikan, karena komunikan tidak mempunyai kesempatan untuk memberikan respons atau tanggapan

D. Keuntungan Komunikasi Satu Arah
1. Mengefektifkan penggunaan waktu
2. Pembicara bebas menyampaikan apa yang ingin disampaikan
3. Dalam dunia militer komunikasi sangat di perlukan terutama dalam keadaan darurat atau dalam peperangan
4. Lebih cepat dan efisien
5. Pembicara bebas menyampaikan apa yang ingin disampaikan
6. Dalam hal-hal tertentu dapat memberikan kepuasan kepada komunikator, karena pihak komunikan tidak mempunyai  kesempatan untuk memberikan respons atau tanggapan terhadap hal-hal yang disampaikan oleh komunikator
7. Dapat membawa wibawa komunikator (pimpinan), karena komunikasi tidak dapat mengetahui secara langsung atau menilai kesalahan dan kelemahan komunikator

E. Hambatan dalam Komunikasi Satu Arah
1. Komunikan hanya sebagai informan saja bagi komunikator
2. Media komunikasi terbatas
3. Pesan yang di sampaikan kadang tidak jelas bagi penerima pesan
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Komunikasi Satu Arah, Contoh, Kelemahan, Keuntungan, dan Hambatannya"