Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian SEO Tools dan Macamnya

Pengertian SEO Tools dan Macamnya


A. Pengertian SEO Tools

SEO Tools adalah alat yang digunakan untuk mendapatkan kata kunci yang baik, sehingga artikel yang dibuat memiliki kemampuan untuk memenangkan persaingan di mesin pencari atau search engine. Memiliki artikel dengan keyword yang kuat sangat penting di untuk website. Karena keyword yang kuat akan membuat algoritma Google menempatkan artikel Anda di halaman utama.

B. Macam SEO Tools
Terdapat banyak SEO tools, baik gratis maupun berbayar beberapa di antaranya,
1. SEO Tools Untuk Optimasi Website
Search Engine Optimization (SEO), Tools juga berfungsi untuk optimasi website. Dengan perangkat SEO, Anda bisa memaksimalkan website supaya bisa tampil teratas di pencarian internet. Saat ini banyak sekali perangkat SEO untuk optimasi website di antaranya,
a. Check My Links. Kalau Anda melakukan broken link building, maka Anda akan menyukai Check My Links. Cukup mengklik sekali, ekstensi dari Chrome ini dengan cepat memeriksa broken link pada situs web mana saja.
b. Citation Labs’ Broken Link Finder. Daripada mencari broken link halaman demi halaman, Broken Link Finder dengan proaktif melakukan tugas ini untuk Anda. Cukup cari kata kunci dan tool ini akan menjelajah internet menemukan broken link. Anda bisa menyortir hasilnya dan lihat berapa banyak orang memberi tautan ke broken link.
c. Content Marketer. Content Marketer jadi salah satu tool yang bagus untuk menemukan informasi kontak seperti email dan membantu Anda menghubungkan para pengguna internet pada informasi kontak tersebut. Karena info kontak yang ditampilkan cukup akurat. Content Marketer juga memberi template email yang bisa digunakan untuk outreach. Ada juga template untuk permintaan guest post, LinkedIn outreach, dan banyak lagi.
d. HARO (Help a Reporter Out). Ingin dapat backlink dari The New York Times atau The Wall Street Journal? Anda bisa menggunakan jasa PR atau gunakan HARO. HARO merupakan layanan yang menghubungkan jurnalis dengan narasumber. Kalau Anda berhasil menarik perhatian jurnalis dengan membuat pernyataan yang bagus, mereka akan memberi reward dengan menyebutkan nama Anda atau memberi backlink ke website Anda.
e. Inky Bee. Inky Bee merupakan outreach tool untuk para blogger. Cukup masukkan kata kunci dan Ink Bee akan menunjukkan para blogger di industri tersebut. Inky Bee memungkinkan Anda  menyortirnya berdasarkan otoritas domain atau otoritas halaman, dengan begitu Anda bisa fokus pada industri Anda.
f. Linkbird. Linkbird adalah tool hybrid untuk pencarian kata kunci, melacak peringkat, analisa backlink, dan link building.
g. LinkMiner. Sama seperti beberapa tool lain, LinkMiner memeriksa broken link pada sebuah halaman. LinkMiner bisa menunjukkan berapa banyak outbound link yang dimiliki sebuah halaman pada Google SERP.
h. Linkody. Linkody bisa membertahu kapan Anda mendapat atau kehilangan backlink. Linkody juga memberikan informasi tentang backlink baru. Fitur ini dapat mengirimkan Anda email ketika satu kompetitor mendapat backlink baru.
i. Linkstant. Linkstant mengirimkan email tiap kali Anda mendapat link baru. Kenapa ini sangat membantu? Anda bisa mengubah satu link ini ke banyak link, juga membuat Anda bisa mengidentifikasi masalah manajemen reputasi dengan cepat.
j. Muck Rack. Kalau Anda ingin mendapat backlink dari situs seperti The New York Times dan Forbes, Anda perlu mulai menjalin relasi dengan jurnalis, serta Muck Rack menjadi tool PR yang impresif yang membantu Anda dengan cepat menemukan jurnalis yang meliput industri situs Anda. Fitur “Journalist Directory” merupakan daftar jurnalis di lebih dari 500 media, disertai tweet terbaru, kolom, dan kontak informasi yang update.
k. Quick URL Opener. Bila ada banyak link building berarti Anda membutuhkan tool untuk membuka daftar URL besar sekaligus. Quick URL Opener bisa menjadi satu tool SEO gratis terbaik yang bisa Anda manfaatkan

2. Tools Untuk Technical SEO
a. Bing Webmaster Tools. Tool ini memberitahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang visibilitas situs di Bing. Alasannya, Baing memiliki tool pencarian kata kunci yang bagus.
b. Browseo. Tool ini membantu Anda mengetahui bagaimana mesin pencari melihat situs Anda. Tool ini  membantu bagaimana mesin pencari mendapat pandangan yang sangat beda mengenai website Anda.
c. DeepCrawl. Deep Crawl seperti namanya, meneliti tiap halaman pada situs Anda dan memberikan laporan komprehensif tentang berapa banyak H1 yang Anda miliki pada tiap halaman, halaman tak terindeks, broken internal link, dan sebagainya.

3. Tools untuk Keyword Reseach
a. AdWord & SEO Keyword Permutation Generator. Kalau Anda mencari cara untuk menemukan kata kunci baru, coba padukan semua kata jadi satu dan lihat apa yang terjadi. Menciptakan permutasi kata kunci adalah taktik klasik Adword yang digunakan sebagian orang di SEO. Tool permutasi Zambonini jadi salah satu keyword tool terbaik yang bisa Anda gunakan.
b. Answer the Public. Jika Anda ingin tahu pertanyaan apa yang dicari oleh para pengguna internet, cukup masukkan kata kunci ke Answer the Public dan Anda akan mendapat daftar pertanyaannya.
c. Google Correlate. Merupakan tool kata kunci langsung dari Google. Tool ini menunjukkan kata kunci yang biasa dicari. Misalnya bila Anda memasukkan kata kunci “gluten free” pada tool ini. Google Correlate memberitahu tentang orang yang mencari “gluten free” juga mencari “cheese gluten free” dan “flour gluten free.”
d. Google Keyword Planner. Google Keyword Planner menjadi keyword tool salah satunya yang memberi data langsung dari sumbernya. Google Keyword Planner memberitahu seberapa mungkin seseorang yang mencari kata kunci tertentu akan memberi sesuatu pada website-Anda. Caranya? Lihat kolom “competition” dan “estimated bid.” Bila kedua nilai ini tinggi, kemungkinan Anda sudah menemukan kata kunci dengan konversi yang lebih baik.

4. Tools untuk Content Optimization
a. Can I Rank. Tool ini menjawab pertanyaan yang dimiliki semua orang ketika mengevaluasi sebuah kata kunci yakni, “Bisakah saya masuk peringkat?” CanIRank.com menyediakan rincian bagaimana halaman Anda dibandingkan pada kompetisi first page rank.
b. ContentStudio. Tools yang satu ini mempunyai beberapa fungsi sekaligus, seperti mendeteksi konten yang sedang banyak dicari, mengatur media sosial, integrasi informasi hingga mengkurasi konten dari berbagai sumber.
c. Keys4Up. Seperti yang Anda tahu ketahui, menambahkan kata kunci LSI ke konten bisa menaikkan peringkat website di mesin pencari. Pertanyaannya, bagaimana kita tahu kata kunci LSI mana yang perlu digunakan? Tool gratis ini bisa melakukan tugas ini untuk Anda. Tidak seperti kebanyakan tool dengan saran kata kunci yang memberikan variasi kata kunci untuk digunakan, Key4Up sebenarnya memahami arti dibalik kata.
d. MarketMuse. MarketMuse merupakan tool untuk analisa konten tingkat lanjut. Tool ini meneliti konten Anda dan membandingkannya ke konten serupa pada mesin pencari. Bila kompetitor menyebut kata kunci yang relevan dengan konten Anda tapi tidak kamu gunakan, tool ini akan memberitahu Anda.
e. nTopic. nTopic adalah tool relevansi konten. Dengan kata lain, tool ini meneliti konten Anda dan memberi saran untuk membuatnya agar lebih ramah SEO.
f. Ryte. Fitur menarik pada Ryte adalah TD*IDF analysis. TD*IDF menganalisa kata kunci yang bisa meningkatkan peringkat halaman untuk kata kunci target yang Anda gunakan. Istilah-istilah ini juga jadi kata kunci LSI yang bagus yang bisa Anda sertakan di konten untuk meningkatkan SEO on page.
g. QuickSprout Website Analyzer. QuickSprout menjadi tool analisa website yang sangat membantu. Cukup hubungkan Google Analytics dengan tool ini dan ia akan menganalisa visibilitas SEO situs Anda, social share, kecepatan loading halaman web, dan banyak lagi. QuickSprout juga menyediakan rekomendasi dan laporan yang bisa diunduh.
h. Scribe dari Copyblogger. Tool ini memberi nilai konten Anda berdasarkan seberapa ramah halaman tersebut untuk tampilan di mata pengguna dan tampilan kode di mata Google.
i. SEO Plugin dari Squirrly. Squirrly merupakan plugin WordPress yang secara otomatis menganalisa konten Anda untuk SEO dan kemudahan untuk dibaca oleh manusia. Squirrly dilengkapi dengan tool pencarian kata kunci yang bekerja dalam editor WordPress. Selain metrik yang biasa seperti search volume, ada informasi tentang apakah kata kunci itu adalah topik hangat di percakapan online. Tool ini juga menunjukkan stabilitas volume pencarian kata kunci seiring waktu.
j. SEOptimer. Tool gratis ini dengan cepat menganalisa halaman website-Anda dan memberi tahu kalau ada masalah seperti alt text gambar yang hilang dan broken link yang bisa menunda Anda mendapatkan peringkat di halaman pertama.
k. Slerpee. Slerpee memberi Anda pra-tinjauan tentang bagaimana situs Anda akan muncul di hasil pencarian Google. Dengan begitu Anda bisa melihat bagaimana judul dan tag deskripsi Anda terlihat di pencarian Google untuk membantu Anda meningkatkan CTR.
l. Text Tools. Text Tools merupakan tool kata kunci LSI tingkat lanjutan. Tool ini meneliti 10 hasil pencarian teratas untuk kata kunci yang diberikan dan menunjukkan istilah mana yang biasa digunakan. Bila Anda menyebar istilah ini pada konten, bisa meningkatkan relevansi konten di mata Google. Anda juga dapat membandingkan konten Anda pada 10 kata kunci LSI teratas yang mungkin tidak ada pada konten Anda.
m. YoRocket. YoRocket mengoptimalkan judul dan deskripsi tag untuk meningkatkan CTR organik. Fitur “Title Tag Testing” membuat Anda bisa menguji dua judul sekaligus dan menggunakan salah satu yang membawa traffic lebih banyak.

5. Tools untuk Analisa Backlink
a. Ahrefs. Ahrefs memiliki indeks raksasa dan diperbaharui setidaknya satu kali dalam sehari. Ahrefs juga sangat mudah digunakan.
b. cognitiveSEO. Merupakan tool SEO yang fokus pada analisa link. cognitiveSEO memiliki fitur “Unnatural Link Detection” yang mengidentifikasi backlink beresiko yang mungkin bisa menyebabkan penalti.
c. Kerboo. Tool ini dilengkapi analisa backlink, link prospecting, audit SEO on-site dan tracking peringkat. Fitur “LinkRisk” menganalisa profil tautan Anda dan mengidentifikasi backlink yang berbahaya atau mengandung spam sehingga dapat mempermudah optimasi website-Anda.
d. Link Research Tools. Link Research Tools memiliki fitur “Link Detox” yang secara otomatis menganalisa backlink dan menunjukkan backlink yang beresiko penalti oleh Google atau link yang sudah menyebabkan penalti. Dengan kata lain, fitur ini mengidentifikasi link spam dengan sangat mudah. Hasilnya hampir 100 persen akurat dalam membedakan link baik dan buruk.
e. Majestic SEO. Dengan indeks besar dan ter-update, Majestic jadi tool analisa link teratas di pasarnya. Tool ini juga memiliki “TrustFlow” dan “CitationFlow” yang memberitahu apakah situs yang ingin Anda peroleh link-nya memiliki otoritas atau mengandung spam. Fitur “Clique Hunter” menunjukkan situs yang memberi tautan ke kompetitormu. Ini jadi cara untuk menemukan kesempatan link building.
f. Monitor Backlinks. Monitor Backlinks menjadi platform SEO komprehensif yang memberikan info backlink yang baru diperoleh, peringkat kata kunci, dan kecepatan situs. Monitor Backlinks bahkan bisa mengirimkan pemberitahuan ketika salah satu kompetitor Anda mendapat link baru.
g. MozBar. Tool yang bagus untuk Chrome dan Firefox yang menunjukkan otoritas halaman (Page Authority, PA) dan otoritas domain (Domain Authority, DA). Jika kedua nilai ini setidaknya sudah terdiri dari dua digit, berarti Anda telah berhasil melakukan optimasi website.
h. Open Link Profiler. Memang indeks pada Open Link Profiler tidak sebesar pada tool seperti Ahrefs dan Majestic. Tapi versi berbayarnya memiliki fitur menarik seperti analisa on-page dan audit situs yang sebanding dengan harga yang dibayarkan. Versi gratisnya juga merupakan tool analisa backlink yang cukup baik. Fitur “Hub Finder” mirip dengan “Clique Hunter” pada Majestic. Masukkan beberapa kompetitor pada tool ini dan lihat siapa saja yang memberi tautan ke mereka.
i. SEO Tools for Excel. Anda bisa dengan mudah memeriksa backlink sebuah situs, social share, status HTTP, jumlah kata, link eksternal, dan banyak lagi. Semua dalam tampilan Excel. Inilah kelebihan SEO Tools for Excel yang bisa Anda gunakan untuk optimasi website Anda.
j. SEOquake. SEOquake menjadi toolbar untuk Firefox dan Chrome yang menunjukkan metrik SEO yang penting seperti usia domain, jumlah backlink, dan perkiraan traffic. SEOquake bisa menampilkan data yang sama pada hasil pencarian Google. Ini bisa membantu Anda menentukan apakah sebuah kata kunci sangat kompetitif.
k. URL Profiler. Kalau Anda ingin memeriksa info pada daftar URL yang besar seperti otoritas domain, jumlah backlink, social share, URL Profiler jadi tool terbaik untuk melakukan tugas ini.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian SEO Tools dan Macamnya"