Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Internet Marketing, Ciri, Jenis, Tools, Strategi, dan Manfaatnya

Pengertian Internet Marketing, Ciri, Jenis, Tools, Strategi, dan Manfaatnya


A. Pengertian Internet Marketing

Internet marketing atau online marketing adalah strategi memasarkan dan mengiklankan produk lewat internet dengan tujuan promosi, meningkatkan volume penjualan, serta memengaruhi konsumen untuk membeli suatu barang/jasa. Internet marketing dilakukan melalui berbagai media atau platform berbasis online, di antaranya website, email, blog, mesin pencari, dan media sosial.

Internet marketing dinilai jauh lebih efektif dan efisien dibanding melakukan pemasaran tradisional, seperti promosi melalui radio, surat kabar atau majalah, hal tersebut dikarenakan biaya marketing ini sangat murah dan jauh lebih mudah mencari calon konsumen atau pembeli.

Internet Marketing Menurut Para Ahli
1. Kotler dan Armstrong, internet marketing merupakan bentuk usaha dari perusahaan untuk memasarkan produk dan jasanya serta membangun hubungan dengan pelanggan melalui media internet.
2. Mulia, internet marketing adalah sarana untuk memasarkan produk atau jasa melalui internet.
3. Chaffey Et Al, internet marketing merupakan aplikasi dari internet dan teknologi-teknologi digital terkait untuk mencapai tujuan-tujuan pemasaran, teknologi-teknologi itu seperti media internet, kabel-kabel, satelit, perangkat keras, perangkat lunak yang diperlukan untuk keperluan internet marketing.

B. Ciri Internet Marketing
Konsep pemasaran secara digital (internet marketing) memiliki ciri-ciri di antaranya,
1. Tipe promosi lebih fleksibel dan terpencar, misalnya lewat artikel, update blog, status media sosial, twit, dan semacamnya
2. Ruang lingkup promosi lebih luas, ditujukan untuk siapa saja dan di mana saja
3. Komunikasi dengan konsumen lebih responsif dan terbuka (terlihat dari makin banyaknya e-commerce yang menyediakan layanan pelanggan 24 jam)
4. Komunikasi banyak arah—baik penjual maupun pembeli sama-sama aktif mendiskusikan produk

C. Jenis Internet Marketing
Internet marketing dapat dibagi menjadi beberapa jenis yang lebih khusus di antaranya,
1. Web Marketing
Web marketing adalah teknik pemasaran menggunakan media website. Ada berbagai macam contoh pemasaran menggunakan media website yang pastinya sering kita temui di internet, seperti salah satu contohnya adalah situs affiliate marketing atau situs yang menawarkan produk orang lain untuk dijual kembali. Ciri khas dari situs affiliate marketing adalah tampilannya yang hanya 1 kolom, hal ini bertujuan untuk membuat pengunjung fokus pada inti artikel tersebut.

2. Email Marketing
Email marketing atau pemasaran melalui media email mungkin tak setenar atau tak sepopuler web marketing, meski demikian bukan berarti email marketing tidak efektif untuk menjaring pelanggan, anggapan tersebut sama sekali tidak benar, karena justru email marketing dinilai oleh para internet marketer profesional sebagai media promosi online terbaik.

Pernyataan tersebut tentu bukanlah tanpa alasan, mengingat bahwa email merupakan salah satu media komunikasi online yang sifatnya cukup private, itu artinya pemasaran menggunakan email sangatlah tepat untuk melakukan penawaran secara personal atau bisa dibilang sebagai penawaran eksklusif.

3. Social Media Marketing
Social media merupakan salah satu contoh teknik pemasaran online yang cukup digemari oleh para internet marketers saat ini, alasan utamanya tak lain dan tak bukan adalah karena biaya promosi yang murah, bahkan jika semua dikerjakan manual, maka tidak akan ada biaya sama sekali alias gratis (di luar biaya kuota internet).

Kekuatan media sosial sebagai media promosi tentu tak bisa diragukan lagi, hal ini dikarenakan jumlah dari pengguna media sosial yang terlampau banyak, membuatnya sebagai tempat paling tepat untuk melakukan promosi online.

D. Tools Internet Marketing
Terdapat puluhan atau bahkan ratusan tools untuk mendukung aktivitas internet marketing, beberapa di antaranya,
1. Web Optimization Tools
Untuk mengoptimalkan kinerja website, Anda bisa menggunakan beberapa tools online gratis di antaranya,
a. Open Site Explorer : Open Site Explorer (OSE) adalah tools untuk meningkatkan SEO blog Kalian.
b. Google Analytic : Sesuai namanya, ini adalah tools buatan Google untuk mengecek aktifitas pengunjung di blog kalian.
c. Google Trends : Untuk mencari tahu apa yang menjadi trend di suatu negara.  
 
2. Email Marketing Tools
Untuk membantu kamu dalam melakukan promosi via email bisa menggunakan tools marketing online berikut di antaranya,
a. MailChimp : Mengirim ratusan email secara otomatis kepada subcriber Anda.
b. HemingWay : Tools marketing online yang akan membantu Anda untuk membuat penawaran yang menarik.

3. Social Management Tools
Memiliki ratusan akun sosial media tentu merepotkan, untuk itu bisa mencoba beberapa tools untuk mengelola akun media sosial di antaranya,
a. Tweepi : Menyediakan berbagai fitur otomisasi akun Twitter.
b. HootSuite : Tool terbaik untuk melakukan management seluruh akun media sosial kamu.
c. Bitly : Untuk memendekkan URL dan juga memantau jumlah klik.

E. Strategi Internet Marketing
1. Membuat sebuah website
Banyak sekali tutorial maupun pelatihan untuk membantu Anda dalam membuat dan mengembangkan sebuah website. Tujuan dari pembuatan website sendiri adalah sebagai platform untuk memperkenalkan berbagai jenis layanan dan informasi seputar bisnis dan perusahaan Anda.

Biasanya sering disebut dengan website company profil. Jika Anda tidak memiliki keahlian di bidang pemrograman, maka Anda dapat menyerahkan tugas pembuatan website pada seorang programmer maupun perusahaan di bidang software house untuk membantu proyek Anda.

Tidak semua website diciptakan melalui pengembangan website secara manual, namun bagi Anda yang tidak memiliki basic coding, Anda dapat mencoba untuk menggunakan WordPress. Penggunaan WordPress dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Dengan menggunakan bantuan WordPress Anda tidak perlu mengetahui bahasa pemrograman secara detail, namun Anda akan memilih beberapa fitur penting seperti plugin untuk membantu proses pembuatan website.

2. Meningkatkan trafik dengan bantuan SEO
Contoh internet marketing yang selanjutnya adalah SEO (Search Engine Optimization). Pekerjaan ini termasuk dalam strategi yang saat ini cukup populer dan sedang naik daun. Di mana, tujuan utama dari SEO adalah meningkatkan trafik perusahaan, serta melakukan optimasi, baik secara teknis maupun non teknis.

Sehingga, halaman situs bisnis Anda dapat masuk pada halaman pertama Google. Ada banyak sekali optimasi yang dapat dilakukan dengan menggunakan prinsip SEO. Mulai dari On Page, Off Page. Serta melakukan riset keyword (kata kunci) untuk membantu Anda dalam menarget produk dengan kondisi pasar yang ada.

3. Menerapkan email marketing
Apakah Anda pernah mendapat sebuah notifikasi pada email andayang berisi konten dalam bentuk artikel maupun iklan terkait jasa produk perusahaan? Contoh tersebut disebut juga dengan email marketing.

Strategi internet marketing ini menggunakan bantuan platform seperti Gmail. Walaupun biasanya masih ada yang menganggap sebagai sebuah spam. Namun, fakta yang sebenarnya adalah dengan melakukan promosi melalui email, maka konsumen mayoritas akan mengecek pesan yang terkirim pada alamat email Anda.
Langkah tersebut terbukti cukup efektif untuk menarik minat konsumen untuk membeli atau menggunakan produk dan jasa milik Anda. Pastikan untuk menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyulitkan konsumen untuk membeli produk tersebut.

4. Optimasi pada social media marketing
Banyak cara untuk meningkatkan brand produk yang Anda miliki. Salah satu contoh internet marketing yang dapat Anda gunakan adalah dengan mengaitkan akun Anda pada berbagai media sosial yang ada. Pemasaran dengan menggunakan bantuan social media marketing terbukti cukup efektif. Di dalam media sosial sendiri, Anda dapat membuat berbagai media promosi untuk memperkenalkan produk brand Anda.

Contoh media sosial yang paling banyak digunakan saat ini adalah Facebook, Twitter dan Instagram. Di mana, pada setiap platform social media tersebut juga terdapat fitur untuk memperkenalkan produk melalui iklan berbayar. Sebagai contoh, Facebook Ads, Twitter Ads, dan Instagram Ads.

5. Membuat blog
Jika Anda memiliki minat dan keahlian untuk membuat tulisan, maka tidak salahnya untuk mengerjakan bisnis tersebut. Membuat sebuah blog pribadi atau perusahaan tergolong salah satu strategi internet marketing yang cukup efektif.

Cara paling efektif untuk mendapatkan trafik pengunjung yaitu dengan membuat halaman website untuk menampilkan berbagai informasi dalam bentuk artikel. Pastikan untuk membuat sebuah artikel juga melakukan optimasi SEO, agar artikel yang telah dibuat dapat masuk pada SERP (Search Engine Result Page) dari Google.

6. Memanfaatkan Google Bisnisku
Contoh internet marketing yang selanjutnya adalah memanfaatkan penggunaan Google Bisnisku. Fitur ini dikembangkan langsung oleh Google untuk membantu setiap pemilik usaha, baik tingkat menengah kebawah maupun perusahaan untuk mendaftar setiap informasi kepada fitur ini.

Dengan adanya Google Bisnisku, Anda dapat memberikan berbagai informasi seperti, menambahkan alamat kantor, jam kerja, nama website, dan lain sebagainya. Keuntungan yang paling utama adalah, usaha atau gerai Anda secara otomatis akan ditampilkan pada Google Maps.

7. Melakukan affiliate marketing
Contoh internet marketing yang terakhir adalah dengan mengikuti program afiliasi. Bagi Anda yang masih awam dan tidak mengetahui program afiliasi, yaitu pekerjaan yang bertujuan untuk mempromosikan produk milik suatu perusahaan yang mana, nantinya jika produk tersebut berhasil terjual, maka akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut.

Supaya program afiliasi berjalan dengan baik, maka Anda harus memastikan untuk membidik dan orang yang tepat untuk membuat dan merancang konten yang sesuai dan dapat menarik minat konsumen. Yang terpenting, program afiliasi yang akan Anda ikuti harus sesuai dengan industri yang sama dengan bisnis Anda. Sehingga, Anda dapat memahami produk atau layanan tersebut dengan lebih baik untuk mencapai tujuan bisnis.

F. Manfaat Internet Marketing
Dibandingkan dengan pemasaran secara konvensional, tentunya marketing jenis ini memiliki kelebihan tersendiri di antaranya,
1. Tidak Lagi Ada Batasan Waktu
Perhatikan cara-cara orang melaksanakan marketing sebelum adanya internet. Rata-rata, pemasaran secara konvensional sangat terbatas oleh waktu. Iklan di televisi misalnya, tentu ketika mulai memasuki tengah malam berkurang keefektifan dan ketersampaian pada calon konsumen.

Berbeda dengan marketing jenis ini adalah, kapanpun setiap individu atau perusahaan mampu memasarkan produknya yang dapat dilihat 24 jam tanpa batasan waktu, apalagi didukung dengan meningkatnya pengguna jumlah smartphone masa kini.

2. Pasar yang Dijangkau Lebih Luas
Dunia kini berada di tangan Anda. Biaya untuk memasarkan produk pada konsumen lokal maupun konsumen yang berada di lain benua kini bisa dilakukan dengan harga yang sama. Semakin luasnya pasar yang dapat dijangkau sistem ini, maka semakin banyak pula calon konsumen yang berpotensi memiliki minat terhadap produk yang dipasarkan.

3. Menekan Biaya Pemasaran
Jika dahulu untuk memasarkan suatu produk dibutuhkan berbagai biaya seperti untuk mencetak brosur, spanduk, dan lain sebagainya, kini dengan internet marketing para pebisnis mampu menekan biaya pemasaran dan mengalihkannya ke ranah yang lebih efektif agar produk diketahui lebih banyak orang.

4. Sebagai Penghubung yang Efektif
Dengan adanya internet, setiap orang dapat berhubungan dengan orang lainnya walaupun terpisah jarak yang jauh. Begitu pula dengan marketing jenis ini, penjual barang mampu terhubung dengan orang-orang di luar pulau, luar negara, bahkan luar benua sekalipun dengan modal layar laptop atau smartphone dan internet saja. Sangat efektif dibandingkan komunikasi secara konvensional seperti surat yang tentu membutuhkan waktu beberapa hari atau bahkan mingguan untuk sampai ke tujuan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Internet Marketing, Ciri, Jenis, Tools, Strategi, dan Manfaatnya"