Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Brosur: Pengertian, Fungsi, Ciri, Contoh, dan Perbedaannya dengan Pamflet dan Leaflet

Pengertian Brosur
Brosur

Pengertian Brosur
Brosur dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bahan informasi tertulis mengenai suatu masalah yang disusun secara bersistem; cetakan yang hanya terdiri atas beberapa halaman dan dilipat tanpa dijilid; selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat, tetapi lengkap (tentang perusahaan atau organisasi).

Dalam Wikipedia, brosur adalah buku yang diterbitkan secara tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu (antara lain dengan stapler, benang, atau kawat), biasanya memiliki sampul, tetapi tidak menggunakan jilid keras.

Sementara menurut UNESCO, brosur adalah terbitan tidak berkala yang tidak dijilid keras, lengkap (dalam satu kali terbitan), memiliki paling sedikit 5 halaman tetapi tidak lebih dari 48 halaman, di luar perhitungan sampul. Brosur merupakan sebuah alat untuk mempromosikan barang, jasa dan sebagainya, di dalamnya memiliki sejumlah informasi serta penawaran tentang jasa ataupun produk.

Cara penyampaian brosur sendiri dengan dibagikan secara gratis kepada pelanggan ataupun masyarakat yang bertujuan untuk memperkenalkan dengan lebih jelas dan juga secara rinci tentang produk, layanan, program dan yang lainnya supaya dapat membantu dari upaya pemasaran atau juga marketing public relations, dan beberapa fungsi lainnya.

Fungsi Brosur
Fungsi brosur dibagi menjadi 3 (tiga) bagian di antaranya,
1. Fungsi informatif
Adalah brosur yang biasanya digunakan untuk memberi tahu pelanggan potensial Anda yang terkait dengan bisnis Anda. Informasi ini terkait dengan penyajian perusahaan, produk atau layanan baru yang ingin ditawarkan perusahaan, perubahan terbaru pada nama perusahaan, dan lain-lain.

2. Fungsi iklan
Adalah suatu brosur sangat penting sebagai alat iklan atau alat promosi, yang menarik dan juga mempromosikan satu atau lebih produk atau layanan.

3. Fungsi identifikasi
Adalah desain brosur yang baik yang menjaga kriteria yang sama di semua brosur perusahaan. Jika kriteria ini, atau juga disebut sebagai konsep diintegrasikan ke dalam semua jenis brosur, itu akan memudahkan identifikasi perusahaan, hal tersebut akan memberikan nilai prestise dan kredibilitas perusahaan.

Sangat penting bagi brosur perusahaan untuk tidak hanya memiliki konsep yang tepat tetapi juga logo, logo yang dirancang dengan baik sangat penting bagi setiap perusahaan, yang merupakan salah satu langkah pertama untuk meluncurkan bisnis. Kampanye iklan.

Ciri Brosur
1. Pernyataan dari pesan yang selalu tunggal.
2. Yang bertujuan untuk dapat menginformasikan, mengedukasi, dan juga membujuk ataupun mempengaruhi pelanggan agar dapat membeli dari pesan yang telah disampaikan.
3. Brosur diterbitkan sekali, meski begitu dapat untuk dicetak ulang berkali-kali baik diperbarui ataupun tidak.
4. Brosur sendiri harus dapat menarik perhatian dari pelanggan ataupun publik.
5. Memiliki sistem distribusi sendiri dan bukan merupakan dari bagian media yang lainnya.
6. Copyan yang harus jelas dan juga desain harus menarik.

Contoh Brosur

Contoh Brosur
Contoh Brosur
Perbedaan Antara Brosur, Pamflet dan Leaflet
1. Berbeda Dari segi bentuk
Bentuk brosur biasanya singkat, unik, dan mudah dipahami. Brosur hanya diterbitkan sekali dan tidak diduplikat. Bentuk pamflet biasanya berbentuk definisi atau kalimat persuasif yang lebih mengajak pada informatif berbeda dari brosur yang lebih memperinci barang. Sementara leaflet berbentuk lebih singkat dengan ukuran 20-30cm dan merupakan informasi singkat mengenai suatu peristiwa

2. Beda Tujuan
Brosur bertujuan untuk mempromosikan atau menjual barang dari perusahaan. Sementara pamflet lebih mengarah sebagai wujud menginformasikan atau protes terhadap suatu hal. Leaflet bertujuan untuk memberikan informasi singkat mengenai perusahaan atau suatu badan Sebagai profil singkat dari suatu usaha.

3. Memiliki perbedaan Unsur
Brosur dan pamflet memiliki unsur informasi produk. Sementara leaflet memiliki unsur kejadian-kejadian atau informasi yang tengah update. Brosur membahas rinci produk yang ditawarkan sementara pamflet walaupun memiliki informasi tapi bukan untuk sarana berjualan.

Baca Juga:

1. Pamflet: Pengertian, Ciri, Tujuan, Manfaat, Jenis, Ukuran, Contoh, dan Perbedaannya dengan Brosur dan Leaflet

2. Leaflet: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Ciri, Bentuk Lipatan, Ukuran Kertas, Contoh, Kelebihan, Kekurangan, dan Perbedaannya dengan Brosur dan Pamflet

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
6. Materi Ringkas Interaksi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Brosur: Pengertian, Fungsi, Ciri, Contoh, dan Perbedaannya dengan Pamflet dan Leaflet"