Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Majalah, Ciri, Fungsi, Manfaat, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Majalah, Ciri, Fungsi, Manfaat, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

A. Pengertian Majalah

Majalah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai liputan jurnalistik, pandangan tentang topik aktual yang patut diketahui pembaca, dan menurut waktu penerbitannya dibedakan atas majalah bulanan, tengah bulanan, mingguan, dan sebagainya dan menurut pengkhususan isinya dibedakan atas majalah berita, wanita, remaja, olahraga, sastra, ilmu pengetahuan tertentu, dan sebagainya.

Majalah dalam bahasa Inggris disebut Magazine yang berasal dari bahasa Arab, yaitu makhazi, yang artinya gudang penyimpanan. Majalah yang dianggap sebagai majalah pertama adalah majalah Journal des Scavans dari Perancis. Isinya meliputi intisari buku-buku Eropa, daftar bacaan dan penulisnya, artikel-artikel pengembangan seni, filsafat dan ilmu pengetahuan.

Pengertian Majalah Menurut Para Ahli
1. Danesi (2010), majalah adalah sekumpulan artikel atau kisah yang diterbitkan teratur secara berkala menampilkan beragam informasi, opini, dan hiburan konsumsi massa dengan berbagai ilustrasi pendukung.
2. Suryawati (2011), majalah adalah media komunikasi yang menyajikan informasi secara dalam, tajam, dan memiliki nilai aktualitas yang lama serta menampilkan gambar/foto yang banyak.
3. Edwin Emery dkk (1967 : 62-65), majalah adalah media opini sehingga di dalam majalah terdapat tulisan terkait opini, pendapat atau pandangan seseorang tentang sesuatu yang berhubungan dengan permasalahan yang terdapat di dalam masyarakat.
4. Komarudin (1984:149), majalah adalah salah satu alat komunikasi yang berbentuk publikasi yang terbit secara berkala seperti seminggu sekali atau sebulan sekali atau juga pada waktu yang teratur. Isi dari majalah ini dapat berupa artikel, berita, cerita sastra, puisi, resensi, lelucon, kritik, tajuk rencana, iklan, dll.
5. Assegaff (1980:27), majalah merupakan media cetak sehingga pesan-pesan yang terdapat di dalam majalah bersifat permanen dan publik dapat mengatur waktu untuk membacanya.
6. Syamsul Rijal Hamid (2009: 62), majalah adalah tempat untuk mencari berbagai informasi, mengasah selera dan logika bahasa.
7. Rini Darmastuti (2012: 65), majalah adalah tempat untuk menyampaikan informasi kepada pembaca baik berupa iklan atau berita. Majalah juga dapat mengangkat topik yang sedang hangat dan sedang berkembang di dalam masyarakat.
8. Oemar Seno Adji, pengertian majalah adalah alat komunikasi yang memiliki sifat umum dan terbit secara beratur serta memiliki fungsi sebagai penyebar luasan informasi dan juga sarana perjuangan dalam mencapai cita-cita pembangunan.
9. Kurniawan Junaedhi, majalah adalah sebuah penerbitan berkala atau bukan harian yang terbit secara teratur dan sifat isi tidak menampilkan pemberitaan melainkan artikel atau hal yang bersifat pembahasan secara menyeluruh dan mendalam.

B. Ciri Majalah
Ardianto dan Erdinaya (2004), karakteristik majalah yang membedakan dengan surat kabar dan media cetak lain di antaranya,
1. Disajikan begitu banyak, frekuensi terbit majalah pada umumnya adalah mingguan selebihnya dwi mingguan, bahkan bulanan (satu kali sebulan), kuncinya adalah, berita-berita dalam majalah disajikan lebih lengkap karena dibubuhi latar belakang peristiwa atau unsur why dikemukakan secara lengkap, begitu pula peristiwanya atau proses terjadinya peristiwa (unsur how) dikemukakan secara kronologis.
2. Nilai aktualitasnya lebih lama, apabila nilai aktualitas surat kabar hanya berumur satu hari, maka nilai aktualitas majalah bisa satu minggu.
3. Ilustrasi dan foto lebih banyak dan menarik, jumlah halaman majalah lebih banyak, sehingga selain penyajian beritanya yang mendalam, majalah juga dapat menampilkan gambar/foto yang lengkap, dengan ukuran besar dan kadang-kadang berwarna, serta kualitas kertas yang digunakannya pun lebih baik.
4. Sampul sebagai daya tarik yang unik, di samping foto, cover atau sampul majalah juga merupakan daya tarik tersendiri. Cover adalah ibarat pakaian dan aksesorisnya pada manusia. Cover majalah biasanya menggunakan kertas yang bagus dengan gambar dan warna yang menarik pula. Menarik tidaknya cover suatu majalah sangat bergantung pada tipe majalahnya, serta konsistensi atau keajegan majalah tersebut dalam menampilkan ciri khasnya

C. Fungsi Majalah
1. Bagi Penerbit
a. Media untuk belajar
b. Alat untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi
c. Menjadi alat berpromosi yang efektif karena pembacanya lebih terfokus.
d. Sarana untuk menyalurkan bakat terutama di bidang penulisan
e. Investasi

2. Bagi Pembaca
a. Menjadi sumber informasi
b. Media untuk berkomunikasi
c. Menyalurkan aspirasi
d. Tempat untuk berpromosi
e. Belajar dengan media teks atau tulisan
f. Meningkatkan kreativitas
g. Sarana hiburan

D. Manfaat Majalah
1. Membantu perubahan sosial dan politik
2. Menafsirkan kejadian atau persoalan dan menjadikannya sebagai pandangan nasional
3. Memberikan hiburan bagi masyarakat
4. Menjadi sarana pemberian informasi yang berguna bagi kehidupan masyarakat.
5. Mendidik dan memberitahukan tentang warisan budaya manusia melalui tulisan.

E. Jenis Majalah
Secara umum majalah dapat terbagi menjadi 4 jenis di antaranya,
1. Mass Magazine, fungsi mass magazine sangatlah besar di dalam menjembatani publik dari berbagai latar belakang dengan isinya yang bersifat umum. Majalah ini merupakan majalah umum yang ditujukan pada seluruh golongan sehingga sering disebut dengan majalah umum.
2. Class magazine, adalah jenis majalah yang ditujukan untuk golongan tertentu dan isi majalah ini di bidang-bidang tertentu. Class magazine merupakan majalah berkelas dengan kualitas dan kontennya ditujukan untuk pembaca yang berpendidikan tinggi dan tertarik pada urusan publik dan sastra.
3. News Magazine, merupakan jenis majalah yang memiliki banyak pembaca dan pembacanya memiliki ketertarikan pada isu kontemporer.
4. Specialized Magazine, menyajikan konten yang spesifik untuk pembaca yang lebih spesifik juga.

Menurut Assegaff (1983), berdasarkan isinya majalah dibedakan menjadi beberapa jenis di antaranya,
1. Majalah bergambar adalah majalah yang memuat berita berdasarkan gambar-gambar suatu peristiwa atau suatu karangan khusus berisikan foto-foto.
2. Majalah anak-anak adalah majalah khusus mengenai dunia anak-anak.
3. Majalah berita adalah majalah berkala mingguan yang menjadikan berita-berita dengan suatu gaya tulisan khas dilengkapi dengan foto-foto dan gambar.
4. Majalah kebudayaan adalah yang mengkhususkan masalah kebudayaan.
5. Majalah ilmiah adalah khusus berisi mengenai suatu bidang ilmu misalnya teknik radio, elektronika, hukum dan lain-lain.
6. Majalah keluarga adalah yang memuat karangan-karangan untuk seluruh keluarga, dari yang ringan bacaan anak-anak sampai kepada rumah tangga.
7. Majalah keagamaan adalah majalah yang isinya khusus mengenai majalah agama, juga mengenai pendidikan.
8. Majalah mode adalah yang berisikan mode dan dilampiri lembaran berisikan pola pakaian.
9. Majalah perusahaan adalah majalah yang diterbitkan secara teratur oleh suatu perusahaan berisikan berita-berita atau berisi informasi mengenai kepegawaian, karyawan, kebijaksanaan dan produksi perusahaan.
10. Majalah remaja adalah majalah yang mengkhususkan isinya mengenai masalah remaja.
11. Majalah wanita adalah majalah yang berisikan karangan-karangan khusus mengenai dunia wanita, dari masalah-masalah mode, resep masakan, kekeluargaan dan juga yang dihiasi dengan foto-foto.

F. Kelebihan dan Kekurangan Majalah
1. Kelebihan Majalah
a. Khalayak sasaran. Dapat menjangkau khalayak yang sangat khusus.
b. Penerimaan khalayak. Kemampuan majalah dalam mengangkat nama atau citra produk yang diiklankan sejajar dengan persepsi khalayak sasaran terhadap prestise majalah yang bersangkutan.
c. Long life span. Biasanya dibaca dalam jangka waktu lama dan sering digunakan sebagai referensi khusus.
d. Kualitas visual. Kualitas tampilan visual biasanya sangat prima, karena pada umumnya dicetak di atas kertas berkualitas tinggi.

2. Kelemahan Majalah
a. Fleksibilitasnya terbatas. Pemesanan iklan kebanyakan harus dilakukan jauh hari sebelum majalah terbit.
b. Biaya tinggi. Biaya iklan relatif lebih mahal jika dibandingkan iklan di surat kabar, apalagi jika khalayak yang dijangkau tidak terseleksi.
c. Distribusi. Peredaran majalah dianggap lambat dibanding surat kabar.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga   

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 5. Pengumpulan Data dalam Penelitian (KTSP)
3. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 6. Pengolahan Data (KTSP)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 7. Penulisan Laporan Penelitian (KTSP)
5. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.1 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.2 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016) 

7. Materi Sosiologi Kelas X Bab 5.1 Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas X Bab 5.2 Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
 
9. Materi Sosiologi Kelas X Bab 6.1 Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas X Bab 6.2 Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016) 

11. Materi Sosiologi Kelas X Bab 7.1 Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Sosiologi Kelas X Bab 7.2 Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
13. Materi Ujian Nasional Kompetensi Jenis Penelitian Sosial
14. Materi Ujian Nasional Kompetensi Langkah-Langkah Penelitian Sosial
15. Materi Ujian Nasional Kompetensi Metode Penelitian Sosial
16. Materi Ujian Nasional Kompetensi Manfaat Hasil Penelitian       
17. Materi Ringkas Jenis, Prosedur, Metode (Pendekatan), dan Teknik Pengumpulan Data Penelitian
18. Materi Ringkas Penentuan Topik dan Manfaat Penelitian

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Majalah, Ciri, Fungsi, Manfaat, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya"