Pengertian Grafik, Fungsi, Tujuan, dan Jenisnya

Pengertian Grafik
Grafik
A. Pengertian Grafik
Grafik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah lukisan pasang surut suatu keadaan dengan garis atau gambar (tentang turun naiknya hasil, statistik, dan sebagainya). Grafik atau diagram adalah sebuah representasi grafis dari data. Grafik juga biasa diartikan sebagai suatu kerangka atau gambar yang digunakan untuk membuat objek visualisasi dari data-data pada tabel dengan tujuan memberikan informasi mengenai suatu data dari penyaji materi kepada penerima materi.

Grafik merupakan kumpulan data dari beberapa tabel yang disajikan atau ditampilkan dalam bentuk gambar, seperti persegi, lingkaran, tabung, segitiga, balok, kerucut dan lain-lain. Data yang diwakili dibentuk oleh simbol-simbol, seperti batang dalam bagan batang, garis-garis dalam sebuah bagan garis, atau irisan dalam bagan pai. Sebuah bagan dapat mewakili bentuk tabel numerik data, fungsi, atau beberapa jenis struktur kualitatif yang memberikan informasi yang berbeda.

Pengertian Grafik Menurut Para Ahli
1. Wai & Kaicher (1976:1), grafik ini ialah suatu gambar yang terdiri dari titik-titik serta juga garis yang menghubungkan titik-titik tersebut.
2. Wilson (1998:8), grafik ialah suatu garis horizontal serta vertikal yang menghubungkan antara dua titik.
3. Selby (1979:13), grafik merupakan alat bantu untuk dapat mengungkapkan dua macam data atau lebih.
4. Harper (1988:42), grafik merupakan alat untuk menampilkan data berupa garis atau juga kurva yang menghubungkan satu (1) variabel dengan variabel yang lain.

B. Fungsi Grafik
Fungsi grafik yaitu untuk menggambarkan data kuantitatif (data berupa angka) dengan teliti. Fungsi lain yaitu untuk memberikan informasi mengenai perkembangan dan perbandingan suatu kelompok data dari waktu ke waktu dengan cepat dan jelas serta fungsi lainnya adalah untuk mempercepat proses pencarian informasi dari sebuah data yang telah dibuat grafik.

C. Tujuan Grafik
Adapun tujuan pembuatan grafik di antaranya,
1. Untuk memperjelas perbandingan antara kelompok data satu dengan kelompok data yang lain
2. Untuk menunjukkan informasi kualitatif dengan cepat dan sederhana
3. Untuk menyederhanakan perbandingan kelompok data yang awalnya berupa uraian deskriptif yang banyak dan kompleks

D. Jenis Grafik
Grafik dapat dibedakan menjadi 3 jenis di antaranya,
1. Grafik Batang
Grafik batang adalah jenis grafik yang menggambarkan beberapa data dalam bentuk batang. Grafik batang atau histogram merupakan jenis grafik yang paling sederhana dan sangat mudah untuk dipahami. Grafik batang digunakan untuk memperlihatkan perbedaan dengan jelas mengenai tingkat nilai dari beberapa aspek pada sebuah data.

Panjang batang pada grafik batang menggambarkan prosentase atau banyaknya data, sedangkan lebar batang berukuran sama semuanya. Pada umumnya data yang digunakan untuk perbandingan yaitu tidak banyak, maksimal 8 data. Pada grafik batang, jika data yang digunakan lebih dari satu maka untuk memperjelas data yang satu dengan data yang lain yaitu dengan memberi warna yang berbeda-beda pada tiap batang.

2. Grafik Garis
Grafik garis adalah jenis grafik yang menggambarkan beberapa data dalam bentuk garis atau kurva. Grafik garis digunakan untuk menggambarkan suatu perkembangan atau perubahan data dari waktu ke waktu. Grafik garis memiliki 2 sumbu utama yaitu sumbu X dan sumbu Y.

Sumbu X digunakan untuk menunjukkan waktu pengamatan. Sedangkan sumbu Y digunakan untuk menunjukkan nilai dari hasil pengamatan pada waktu-waktu tertentu. Waktu dan hasil pengamatan dibuat dengan titik-titik pada bidang XY. Kemudian dari masing-masing titik yang berdekatan dihubungkan dengan garis, sehingga akan menghasilkan grafik garis.

3. Grafik Lingkaran
Grafik lingkaran adalah jenis grafik yang menggambarkan beberapa data dalam bentuk lingkaran. grafik lingkaran digunakan untuk menggambarkan prosentase nilai total dari suatu data. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan grafik lingkaran di antaranya,
a. Tentukan hasil persentase nilai dari suatu data. Cara menentukan prosentase nilai suatu kelompok data yaitu jumlah suatu kelompok data di bagi jumlah keseluruhan data di kali 100%.
b. Tentukan besar kecilnya sudut masing-masing kelompok data. Cara menentukan besar kecilnya sudut yaitu hasil prosentase suatu kelompok data dibagi 360.
c. Tentukan warna untuk masing-masing kelompok data. Setiap kelompok data memiliki warna yang berbeda-beda. Pemberian warna pada masing-masing kelompok data berguna untuk membedakan antara kelompok data satu dengan kelompok data lainnya, serta memperjelas perbandingan antara kelompok data satu dengan kelompok data lainnya. 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Grafik, Fungsi, Tujuan, dan Jenisnya"