Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Local SEO, Komponen, Langkah, dan Manfaatnya

Pengertian Local SEO, Komponen, Langkah, dan Manfaatnya


A. Pengertian Local SEO

Local SEO (Search Engine Optimization) adalah proses pengoptimalan SEO untuk bisnis lokal sehingga mendapatkan peringkat tertinggi pencarian lokal di mesin pencarian Google. Local SEO dapat membantu calon pembeli terdekat menemukan bisnis, dan bisa memperoleh berbagai informasi lengkap, mulai dari produk yang Anda tawarkan, alamat, hingga jam operasionalnya.

Dalam rangka memfasilitasi fitur Local SEO, umumnya situs mesin pencari akan mempertimbangkan faktor kedekatan dalam merumuskan algoritma penelusuran. Melalui faktor kedekatan maka diharapkan para pengguna mesin pencari dapat memperoleh informasi akurat mengenai kata kunci tertentu meskipun tanpa menyertakan tambahan kata kunci yang berkaitan dengan lokasi.

Teknik pemasaran ini sangat efektif terutama dalam memperkenalkan dan memasarkan bisnis Anda kepada para pengguna mesin pencari secara online. Berdasarkan riset dari salah satu perusahaan mesin pencari, 46% pencarian bertujuan untuk mencari informasi produk dari wilayah sekitar konsumen dan 29% di antaranya berujung pada keputusan pembelian.

Itulah sebabnya para pelaku industri saling berlomba untuk memanfaatkan kesempatan tersebut dalam rangka memasarkan produk atau layanan.

B. Komponen Algoritma Local SEO
Praktik Local SEO melibatkan algoritma penelusuran khusus, salah satunya ialah faktor kedekatan. Algoritma tersebut menjadi pembeda antara Local SEO dari SEO Standar. Namun rupanya faktor kedekatan bukanlah satu-satunya pilar dalam algoritma Local SEO. Berikut beberapa komponen penting dalam algoritma Local SEO di antaranya,
1. Relevance
Relevansi merupakan komponen yang menentukan apakah perusahaan mesin pencari memandang bisnis Anda sebagai bisnis yang relevan dengan keyword tertentu. Hal tersebut dapat Anda siasati dengan mempertimbangkan item berikut di antaranya,
a. Local Listing Signals. Ketika melakukan optimasi Local SEO pada perusahaan mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo, Anda perlu memastikan bahwa Anda telah mencantumkan informasi yang tepat.
b. On-page Signals. Optimasi website resmi perusahaan sesuai kategori yang dipilih akan meningkatkan relevansi. Ini merupakan langkah yang sederhana, namun jika melakukannya dengan baik maka bisnis Anda akan menjadi prioritas dalam algoritma Local SEO.
c. Off-page Signals. Kepercayaan dan kredibilitas adalah dua hal penting yang menentukan relevansi situs Anda terhadap kata kunci atau topik tertentu. Semakin banyak backlink yang Anda miliki maka situs Anda akan semakin dipercaya dan kredibel.

2. Prominence
Komponen lain yang tak kalah penting dari relevansi ialah prominence atau keunggulan merek Anda dibanding merek pesaing. Keunggulan merek Anda akan sangat berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen terhadap produk yang dihasilkan perusahaan. Semakin unggul suatu merek terhadap kepercayaan konsumen, maka semakin baik pula skor yang diperoleh pada algoritma lokal.

Dua hal yang dianggap mampu membangun dan mempertahankan keunggulan merek di antaranya,
a. Review atau ulasan mengenai produk yang disampaikan oleh konsumen kepada perusahaan serta bagaimana perusahaan dapat merespons ulasan tersebut.
b. Citations atau referensi berupa nama perusahaan, alamat, dan nomor telepon (NAP) online yang dicantumkan

3. Proximity
Faktor kedekatan (proximity) timbul dari kebiasaan pengguna mesin pencari untuk mencari informasi keberadaan suatu produk atau layanan di sekitar mereka. Agar dapat mengoptimalkan local search, maka Anda perlu memahami tiga kebiasaan pengguna mesin pencari dalam mencari informasi di antaranya,
a. Non-Geo Modified Search. Pengguna hanya akan memasukkan kata kunci atau topik tertentu.
b. Geo Modified Search. Pengguna akan mencantumkan kata-kata seperti nama kota atau daerah setelah kata kunci maupun topik tertentu. Misalnya, restoran di Surabaya.
c. Near Me Search. Pengguna akan memasukkan keyword atau topik dengan disertai embel-embel “terdekat” atau “dekat saya”. Misalnya, kedai kopi terdekat.

C. Langkah Optimasi Local SEO
Berdasarkan penelitian, ada beberapa faktor yang paling mempengaruhi local SEO di antaranya,
1. Google My Business Signals (25.12%), indikatornya adalah lokasi pengguna Google, kategori bisnis, dan keyword di nama bisnis.
2. Link Signals (16.53%), dipengaruhi oleh anchor text, domain authority, dan kuantitas domain.
3. Review Signals (15.44%), dipengaruhi jumlah review dan keberagaman review.
4. On-page Signals (13.82%), dipengaruhi penggunaan NAP dan keyword.
5. Citation Signals (10.82%), dipengaruhi konsistensi NAP di berbagai platform.

Berikut metode yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimasi faktor-faktor tersebut di antaranya,
1. Lengkapi Profil Google Bisnisku
Pada dasarnya Local SEO dapat diterapkan di berbagai platform (termasuk Bing Places dan Apple Maps). Namun tidak dapat dipungkiri, Google Bisnisku adalah bagian tak terpisahkan dari local SEO. Di Indonesia sendiri, 96.84% pengguna internet masih mengandalkan mesin pencari Google. Sedangkan mesin pencari lainnya rata-rata hanya menguasai kurang dari 2% pangsa pasar – jauh dari signifikan.
 
Dengannya, Anda harus mendaftarkan dan memverifikasi bisnis Anda di Google Bisnisku. Setelah itu, isi profil Google Bisnisku dengan lengkap. Menurut Google, berikut adalah informasi yang wajib Anda lengkapi agar lebih mudah ditemukan di pencarian lokal di antaranya,
a. Lokasi. Cantumkan alamat, dan verifikasi lokasi bisnis Anda.
b. Nomor telepon. Pastikan nomor telepon yang tertera aktif.
c. Kategori. Pilih kategori yang sesuai untuk menambah relevansi.
d. Atribut. Jelaskan apa saja yang ditawarkan oleh bisnis Anda.
e. Jam Operasional. Buat calon konsumen tahu kapan waktu yang tepat untuk menghubungi atau mengunjungi bisnis Anda.
f. Foto. Tampilkan berbagai foto untuk membangun ekspektasi konsumen.

Local SEO tidak terbatas pada memasukkan bisnis Anda ke kotak snack pack saja. Menaikkan peringkat website Anda di hasil pencarian organik juga merupakan salah bentuk praktik local SEO.

2. Riset Keyword
Cara untuk menaikkan peringkat website Anda di hasil pencarian organik adalah dengan riset keyword. Keyword adalah kata kunci yang diketik oleh calon konsumen saat melakukan pencarian. Dengan melakukan riset keyword, Anda akan memahami apa yang diinginkan konsumen, khususnya ketika mereka melakukan pencarian lokal.

Untuk mengidentifikasi keyword, Anda dapat menggunakan SEO tools yang memiliki fitur riset keyword, salah satunya adalah Google Trends. Selain menunjukkan alur tren dari sebuah keyword, alat ini juga akan menampilkan kumpulan keyword terkait. Dengan menggunakan keyword-keyword tersebut, website Anda akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk naik peringkat di hasil pencarian lokal.

Apapun keyword yang Anda pilih, pastikan keywordnya memiliki potensi volume yang tinggi. Sehingga Anda bisa mendapat perhatian dari lebih banyak calon konsumen. Setelah mendapat keyword yang tepat Anda dapat menyisipkannya ke konten website, deskripsi Google Bisnisku, atau menggunakannya dalam proses on-page SEO. Sehingga, bisnis Anda bisa menjadi semakin relevan dengan pencarian target pasar Anda.

3. Lakukan On-Page SEO
Fungsi utama dari on-page SEO adalah untuk mempermudah mesin pencari dalam memahami konten website Anda. Semakin mudah konten Anda dipahami, semakin mudah pula konten Anda muncul di hasil pencarian. Ini berlaku juga untuk local SEO. Ketika website Anda mudah diidentifikasi oleh mesin pencari, maka website Anda akan lebih mudah muncul sebagai hasil yang relevan di pencarian lokal.

Seperti praktik on-page SEO pada umumnya, Anda harus memasukkan keyword (yang Anda dapat dari riset keyword sebelumnya) ke dalam meta tags, seperti URL, Heading, Judul, dan Meta description postingan Anda. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan WordPress plugin seperti Yoast SEO.

Di antara banyaknya praktik on-page SEO, salah satu yang umum digunakan untuk mengoptimasi local SEO adalah Schema Markup. Dengan metode ini, Anda akan memberi kode tambahan kepada Google agar bisa lebih memahami konteks website Anda.

4. Membangun Link
Selain relevan dengan kebutuhan pengguna, authority atau popularitas website juga  menentukan apakah website Anda muncul di hasil pencarian teratas. Cara mengukur authority Anda perlu memahami konsep Domain Authority dan Page Authority.  

Domain authority adalah skor yang memprediksi seberapa tinggi peringkat website di mesin pencari. Sedangkan Page Authority, sesuai namanya, adalah skor yang memprediksi seberapa tinggi peringkat halaman di mesin pencari. Keduanya ditentukan oleh banyaknya jumlah link dari website lain ke website Anda. Semakin banyak jumlah link yang Anda dapat, semakin baik authority website Anda.

Dalam konteks local SEO, Anda harus mendapatkan link dari berbagai website lokal dan industri terkait. Oleh karena itu, mulailah dengan menawarkan link website Anda ke website partner bisnis Anda (seperti pemasok atau distributor). Selain menawarkan link website Anda ke website partner bisnis, Anda juga bisa menyebar link ke website acara-acara lokal. Baik melalui sponsor, atau liputan media-media lokal.

Pastikan Anda tidak asal-asalan saat menyebar link. Karena bisa jadi link yang Anda sebarkan malah tidak berpengaruh sama sekali terhadap authority website Anda. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa karakteristik yang bisa membuat link Anda menjadi berkualitas di antaranya,
a. Link berasal dari halaman dengan authority tinggi.
b. Link dari website-website yang relevan.
c. Link mengandung keyword-keyword relevan.
d. Link ditempatkan di bagian atas dan isi dari halaman.

5. Tambah NAP Citations
NAP citations adalah kutipan biodata bisnis Anda di internet. Format dasarnya adalah: Nama, Alamat, dan Nomor telepon. Hal ini penting karena NAP citations juga salah satu faktor yang bisa membuat bisnis Anda relevan di pencarian lokal. Semakin sering biodata bisnis Anda muncul di internet, berarti bisnis Anda semakin eksis.

Anda bisa memulai menambah NAP citations dari platform milik Anda sendiri – seperti website, akun media sosial, dan Google Bisnisku. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan informasi bisnis Anda ke situs-situs yang relevan, seperti:
a. Website marketplace. Jika Anda menjual produk lewat marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak, lengkapi profil bisnis Anda selengkap mungkin di sana.
b. Platform industri terkait. Cari platform yang cocok dengan bisnis Anda. Contohnya, apabila Anda punya bisnis penginapan, masukkan NAP bisnis Anda di akun Traveloka, Agoda, dan platform travel lainnya.
c. Website listing. Anda juga bisa memasukan NAP citations di website-website khusus yang menawarkan listing bisnis. Kumpulan website tersebut bisa Anda cek di Loganix.

Ingat, selain membangun NAP citations sebanyak mungkin, pastikan bahwa informasi yang Anda masukkan selalu sama. Contohnya, jangan sampai alamat atau nomor telepon yang Anda masukkan di Google Bisnisku berbeda dengan yang dicantumkan di media sosial.

6. Perhatikan Setiap Ulasan Konsumen
Yang terakhir adalah ulasan. Walaupun terdengar sederhana, tapi 82% konsumen mengacu pada ulasan saat mencari bisnis lokal. Selain itu, ulasan juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi local SEO.  Patut diketahui, bahwa jumlah ulasan dan keberagaman ulasan termasuk ke dalam Indikator yang dipertimbangkan dalam local SEO.

Selain menjadi media interaksi dengan pelanggan, kolom ulasan juga menampilkan rating yang bisa dijadikan bahan pertimbangan oleh calon konsumen yang lain. Dengan produk dan layanan yang memuaskan, kolom ulasan juga dapat menjadi media Word of Mouth Marketing – dengan kata lain, pelanggan Anda dapat mempromosikan bisnis Anda.

Tidak cukup di situ. Di Google Bisnisku pun ada kolom yang khusus menampilkan tanya jawab. Anda bisa memanfaatkannya untuk meyakinkan calon konsumen bahwa bisnis Anda menyediakan apa yang mereka inginkan.

D. Manfaat Local SEO
1. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan
Mungkin manfaat terbesar dari memanfaatkan strategi ini adalah kenyataan bahwa Anda dapat menjangkau lebih banyak orang dan secara signifikan meningkatkan basis pelanggan Anda. Teknik local SEO sangat penting sekarang karena hampir semua orang memiliki smartphone.

Banyak penelusuran seluler melakukan pencarian lokal, artinya pengguna mencari produk atau layanan tertentu di area spesifik mereka. Jika situs web Anda dioptimalkan untuk muncul di hasil penelusuran orang-orang ini, Anda akan dapat mendatangkan banyak pelanggan baru.

2. Buat Lebih Banyak Penjualan
Manfaat penting lainnya adalah 80 persen dari penelusuran seluler tersebut berakhir dengan penjualan yang sebenarnya. Dengan mempertimbangkan angka-angka tersebut, mengapa Anda tidak ingin menjadikan local SEO sebagai prioritas?

3. Membuat Visibilitas Bisnis Anda Meningkat
Memanfaatkan strategi local SEO juga membantu Anda membedakan diri dari bisnis lokal lain yang menawarkan produk atau layanan yang serupa dengan milik Anda. Jika mereka tidak memanfaatkan alat dan strategi ini Anda dapat menyempurnakan pendekatan Anda untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.

Ini berarti Anda akan muncul lebih sering untuk lebih banyak pencarian, di mana pesaing Anda tidak dapat ditemukan secara online
.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Local SEO, Komponen, Langkah, dan Manfaatnya"