Pengertian Pangsa Pasar (Market Share), Ukuran, Keberhasilan, dan Cara Meningkatkan Pangsa Pasar

Pengertian Pangsa Pasar atau Market Share
Pangsa Pasar (Market Share)
A. Pengertian Pangsa Pasar (Market Share)
Pangsa pasar (market share) adalah bagian pasar yang dikuasai oleh sebuah perusahaan. Ini dapat dihitung berdasarkan angka penjualan, produksi, atau pendapatan; dan biasanya dinyatakan dalam persen. Pangsa Pasar juga dapat didefinisikan secara sempit, misalnya berdasarkan kategori produk misalnya hanya untuk minyak goreng sawit, atau secara luas, misalnya untuk industri minyak goreng (minyak goreng dari sawit, kedelai, kanola, dan lain-lain).

Penguasaan pasar mengukur kinerja relatif sebuah perusahaan terhadap pesaing. Ini dapat menggambarkan seberapa kuat posisi perusahaan di sebuah pasar. Ada dua jenis pangsa pasar yaitu absolut dan relatif. Pangsa pasar absolut dihitung menggunakan angka total penjualan di pasar. Sedangkan, ukuran relatif dihitung menggunakan jumlah penjualan dari tiga pesaing utama.

Pangsa pasar merupakan persentase penjualan yang dibukukan oleh suatu perusahaan dari keseluruhan penjualan para pesaing gabungan di industri tertentu. Artinya, market share adalah salah satu indikator yang digunakan suatu perusahaan dalam mengukur keberhasilan mereka dibanding kompetitornya.

B. Ukuran Pasar
Untuk mengetahui dan menetapkan ukuran pasar dan market share-nya, diperlukan riset pasar yang cukup mendalam. Oleh karena itu, pengusaha harus dapat mendefinisikan pasar yang akan dibidik sehingga dapat melihat potensi pasar tersebut. Selanjutnya, setelah mengetahui ukuran pasar dan mengetahui segmen pasar yang dibidik, maka langkah berikutnya adalah mempelajari siapa pesaing di pasar tersebut dan berapa banyak pasar yang telah dikuasai oleh mereka.

C. Keberhasilan Market Share
Suatu perusahaan pada tahun 2008 memiliki target market share sebanyak 10% dari keseluruhan pasar. Untuk mencapai target pasar tersebut, dibutuhkan biaya promosi sebesar Rp40 juta. Jika ternyata pangsa pasar yang didapatkan lebih dari 10% (misalnya 12%), itu artinya kinerja perusahaan berjalan baik. Sebaliknya, jika di tahun tersebut pangsa pasar yang didapatkan hanya 9% maka itu menunjukkan kinerja pemasaran kurang baik dan perusahaan akan menghadapi masalah efisiensi & efektivitas.

Faktor perusahaan yang tidak mampu mencapai pangsa pasar di antaranya,
1. Besarnya pangsa pasar yang terlalu tinggi
2. Pesaing baru semakin banyak di industri yang sama
3. Terjadi penurunan daya saing perusahaan
4. Promosi yang tidak dapat mencapai target market atau tidak tepat sasaran

D. Cara Meningkatkan Market Share
1. Memilih bisnis yang masih tergolong baru dan belum banyak dijalankan perusahaan lain
2. Memiliki keyakinan bahwa perusahaan tersebut akan berhasil di bisnis yang dijalankan
3. Menentukan visi dan misi perusahaan mengenai target bisnis di masa depan
4. Memperhitungkan kekuatan para kompetitor di industri yang sama
5. Memperhatikan pergerakan harga di industri yang dibidik dan menentukan harga yang paling sesuai
6. Menciptakan dan membangun jaringan pasar sehingga bisnis menjadi lebih besar

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Pangsa Pasar (Market Share), Ukuran, Keberhasilan, dan Cara Meningkatkan Pangsa Pasar"