Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

White Hat SEO: Pengertian, Manfaat, Teknik, dan Keunggulannya

Pengertian White Hat SEO
White Hat SEO
Pengertian White Hat SEO
White Hat SEO adalah upaya untuk meningkatkan peringkat website pada mesin pencarian dengan tetap mempertahankan integritas website dan mematuhi peraturan mesin pencarian. Tidak hanya itu, praktik white hat SEO juga berfokus untuk melakukan optimasi untuk manusia.

Praktisi white hat SEO selalu mengupayakan dan memastikan kenyamanan pengguna melalui konten yang berkualitas sehingga orang-orang mau membaca, berinteraksi, dan membagikannya. Membangun backlink berkualitas, serta menggunakan kata kunci (keyword) yang relevan dengan konten yang dibuat.

Teknik ini merupakan langkah terbaik dalam praktik SEO. Semakin baik teknik White Hat SEO yang dilakukan, maka semakin mudah bagi Anda mendapatkan posisi yang bagus pada hasil pencarian Google.

Manfaat White Hat SEO
White hat SEO memang membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasil. Namun, metode ini tentunya lebih aman karena tidak ada praktik pelanggaran di dalamnya. Menurut Logical Position, white hat SEO tidak hanya bermanfaat bagi pemilik web tetapi juga para pengguna internet.

Pengguna akan dapat menemukan konten yang ingin dicarinya dengan cepat, sementara itu pemilik web akan dapat meningkatkan peringkat dan traffic situs tanpa kecurangan. Dalam praktik jangka panjang, white hat SEO adalah pilihan yang hemat biaya karena terbebas dari risiko terkena penalti Google.

Selain itu, situs yang menggunakan taktik SEO sesuai aturan akan selalu siap untuk menghadapi perubahan algoritma Google kapanpun tanpa khawatir.

Teknik White Hat SEO
Terdapat setidaknya lima teknik White Hat SEO yang bisa Anda lakukan di antaranya,
1. Membuat Konten yang Berkualitas
Konten yang berkualitas mampu menarik banyak pengunjung website untuk membaca konten pada website Anda. Hal ini juga akan mempermudah untuk melakukan optimalisasi SEO dan menaikkan rating website pada mesin pencarian.

Terdapat lima hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat konten yang berkualitas di antaranya,
a. Tentukan topik konten
b. Gunakan kata kunci yang tepat
c. Buat judul konten yang menarik
d. Ciptakan engaging content (konten yang menawarkan suatu perspektif baru, suatu pengetahuan, sesuatu yang bermanfaat dan menginspirasi)
e. Masukkan link terkait dan relevan dengan konten

2. Lakukan Riset Keyword
Untuk mendapatkan keyword yang tepat untuk website, Anda perlu melakukan riset keyword terlebih dahulu. Melalui riset keyword, Anda juga bisa mengetahui kata atau frasa seperti apa yang sering dicari oleh para pengunjung website.

Dan untuk melakukan riset keyword, ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan, seperti Ubersuggest, KWFinder, Wordtracker, Moz, atau Google Suggest.

3. Perhatikan Meta Tag
Meta tag adalah strategi SEO yang membantu menampilkan website pada halaman hasil pencarian. Meta tag akan memberitahu mesin pencari (Google) mengenai konten yang ada pada website.

Ada beberapa jenis meta tag yang perlu diperhatikan di antaranya meta title, meta description, dan meta keyword.

4. Buat Backlink yang Berkualitas
Halaman website yang memiliki backlink yang berkualitas sangat berpengaruh pada peringkat di SERP. karena Google akan menganggap website Anda merupakan website yang dapat dipercaya.

Menulis komen di website lain dengan meninggalkan alamat website, sudah tidak dianjurkan lagi. Anda bisa meminta website yang berkualitas untuk memasangkan link ke website Anda. Hal ini jauh lebih baik daripada span link di kolom komentar.

5. Perhatikan kecepatan Website
Untuk membuat website berada pada posisi yang bagus, Anda juga perlu memperhatikan kecepatan (speed) website Anda. Kecepatan website biasanya ditandai dengan lama loading website ketika dia akses.

Ketika seorang mengakses website dengan loading yang lama, maka pengunjung tersebut tidak nyaman dan tidak betah berlama-lama berada di website Anda.

Keunggulan White Hat
White Hat memiliki beberapa keunggulan yang bisa dirasakan dalam proses penggunaannya di antaranya,
1. Biaya yang tidak terlalu mahal
Bagi banyak orang, khususnya para pebisnis, menekan biaya pengeluaran dan mendapatkan pendapatan sebanyak-banyaknya menjadi satu nilai yang penting. Untungnya dalam melakukan teknik White Hat, dari segi biaya tidaklah begitu mahal. Tidak sebesar dua teknik lainnya.

Apalagi jika Anda menggunakan teknik ini untuk jangka waktu yang lama. Pengeluaran akan bisa lebih ditekan juga. Hasilnya pun juga positif.

2. Sesuai aturan
Dalam melakukan optimasi dengan SEO, tentunya ada aturan yang harus diikuti supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Untungnya, teknik ini sudah pasti mengikuti aturan yang ada, sesuai dari Google sendiri.

Jadinya dalam perjalanan penggunaan teknik ini, hasilnya akan terlihat meyakinkan. Kredibilitas dari website Anda pun juga lebih terpercaya.

3. Tidak memiliki risiko
Teknik yang dijalankan ini sudah pasti 100% aman dan tidak memiliki risiko. Jadi Anda tidak perlu takut jika nantinya ada pengecekan oleh mesin Google itu sendiri. Peringkat website Anda sudah pasti tetap dalam kondisi yang aman walaupun ada perubahan algoritma dari Google.

4. Investasi jangka panjang
Pelaksanaan teknik ini bisa memberikan hasil yang konsisten untuk bertahan di peringkat pertama mesin pencari atau halaman pertama. Jadinya Anda pasti mendapatkan investasi jangka panjang di dalam perjalanan penggunaan teknik ini.

Dari berbagai sumber

Baca Juga:

1. Black Hat SEO: Pengertian dan Caranya

2. Grey Hat SEO: Pengertian dan Dampaknya

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "White Hat SEO: Pengertian, Manfaat, Teknik, dan Keunggulannya"