Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Meta Tag: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Membuat Meta Tag di Postingan Blog

Pengertian Meta Tag atau Meta title
Meta tag (Meta title)
Pengertian Meta Tag
Meta tag (Meta title) adalah deskripsi yang dapat dilihat di halaman hasil pencarian ketika sedang berselancar di dunia maya. Meta tag merupakan deskripsi dari sebuah konten. Meta tag akan menjelaskan pada Google tentang isi dari konten Anda.

Meta tag bagian dari teknik SEO. Oleh sebab itu meta tag penting untuk diperhatikan. Anda perlu mengoptimasinya agar website Anda bisa muncul di halaman pertama mesin pencari. Pengotimasian Meta tag dalam hal ini tentunya akan meningkatkan Peringkat dan Traffic website Anda.

Jenis Meta Tag
Meta tag terdiri dari tiga jenis di antaranya,
1. Meta Title
Meta title (disebut juga title tag) adalah elemen di bagian “head” dokumen HTML yang mendefinisikan judul setiap halaman situs web.
Meta Title pada Browser
Meta Title pada Browser

Fungsi Meta Title
Meta title digunakan oleh browser web dan juga mesin pencari seperti Google untuk menampilkan halaman web dalam hasil pencarian (SERPs). Pada browser, Anda akan menemukannya di bagian atas browser.
 
Sedangkan di mesin pencari, Anda akan menemukan meta title seperti pada gambar di bawah ini. Meta title merupakan elemen yang cukup penting bagi Google untuk menilai relevansi situs web untuk kueri penelusuran tertentu.
Meta Title pada Research Engine
Meta Title pada Research Engine

2. Meta Description
Meta Description adalah atribut HTML yang memberikan ringkasan singkat dari halaman web. Pada mesin pencari seperti Google, meta deskripsi akan ditampilkan dalam hasil pencarian.

Fungsi Meta Description
Ketika calon pengunjung berselancar di mesin pencari seperti Google, Meta Description juga akan ditampilkan di hasil pencarian. Deskripsi yang menarik dapat mempengaruhi calon pengunjung untuk masuk ke halaman website Anda. Kalimat deskripsi meta ini tidak perlu terlalu panjang, karena Search Engine / Google biasanya memotong cuplikan menjadi kurang lebih 155–160 karakter.

Meta Description pada Research Engine
Meta Description pada Research Engine

3. Meta Keyword
Meta keywords ini berisi informasi kata kunci pada sebuah website. Kata kunci dibutuhkan untuk memberi tahu mesin pencari mengenai isi postingan dan artikel website Anda. 

Selain itu, pastikan Anda menggunakan kata kunci yang relevan dengan konten Anda. Kata kunci tersebut juga harus terdapat dalam konten Anda. Google saat ini sudah sangat pintar menganalisis sebuah konten sehingga Anda tidak bisa sembarang memasukkan kata kunci. 

Menambahkan meta keyword sebenarnya tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan plugin SEO sehingga Anda tidak perlu bersentuhan langsung dengan coding sedikit pun. Anda tinggal mengisi beberapa keyword konten Anda pada kolom meta keyword.

Cara Membuat Meta Tag di Postingan Blog
Berikut ini adalah Cara Membuat Tag di Postingan Blog:
1. Pertam login ke blogger
2. Kemudian pada dashboard blogger pilih tab Postingan > + Postingan Baru
3. Buat postingan yang mau ditulis
4. Setelah itu klik tab Deskripsi Penelusuran > Tuliskan kata kunci cuplikan yang akan ditampilkan di mesin pencari pada deskripsi tentang inti pembahasan postingan yang akan dipublikasikan.

Letak Meta Descriptions pada Blogger
Letak Meta Descriptions pada Blogger

Penting untuk diketahui bahwa untuk membuat deskripsi pencarian yang sempurna gunakan kata kunci yang tepat. Anda tinggal mengambil kata kunci tersebut dari postingan yang Anda buat. Bisa berdasarkan tag atau kata kunci inti tentang konten postingan yang Anda publikasikan.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Meta Tag: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Membuat Meta Tag di Postingan Blog"