Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pendapatan, Karakteristik, Kriteria, Sumber, dan Klasifikasinya

Pengertian Pendapatan, Karakteristik, Kriteria, Sumber, dan Klasifikasinya


A. Pengertian Pendapatan

Pendapatan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan hasil kerja (usaha dan sebagainya). Dalam bisnis, pendapatan adalah jumlah uang yang diterima oleh perusahaan atau organisasi dari kegiatan aktivitasnya seperti penjualan produk dan/atau jasa kepada pelanggan. Bagi pemerintah seperti pendapatan melalui penerimaan atau pungutan pajak. Bagi investor, pendapatan kurang penting dibanding keuntungan, yang merupakan jumlah uang yang diterima setelah dikurangi pengeluaran.

Berdasarkan ilmu ekonomi, pendapatan adalah hasil dari kegiatan penjualan barang atau jasa di sebuah perusahaan dalam periode tertentu. Sebenarnya tidak hanya hasil dari penjualan, pendapatan sebuah perusahaan bisa juga berasal dari bunga dari aktiva perusahaan yang digunakan pihak lain, dividen, dan royalti. Semuanya dijumlahkan dan dicatat dalam pembukuan perusahaan.

Selain itu, pendapatan juga bisa didefinisikan sebagai biaya yang dibebankan kepada pelanggan atau konsumen atas harga barang atau jasa. Pendapatan merupakan faktor penting dalam perusahaan karena merupakan tolak ukur maju atau mundurnya sebuah perusahaan. Semakin besar pendapatan, perusahaan tersebut dinilai semakin maju, begitu pula sebaliknya.

Pertumbuhan pendapatan merupakan indikator penting dari penerimaan pasar dari produk dan jasa perusahaan tersebut. Pertumbuhan pendapatan yang konsisten, dan juga pertumbuhan keuntungan, dianggap penting bagi perusahaan yang dijual ke publik melalui saham untuk menarik investor.

B. Karakteristik Pendapatan
1. Aliran masuk atau kenaikan aset
2. Aktivitas yang menggambarkan operasi utama yang terus menerus
3. Pelunasan, penurunan, atau pengurangan kewajiban
4. Suatu entitas (of an entity, of an enterprise)
5. Produk perusahaan
6. Pertukaran produk
7. Menyandang beberapa nama atau mengambil beberapa bentuk
8. Mengakibatkan kenaikan ekuitas

C. Kriteria Pengakuan Pendapatan
1. Definisi item dalam pertanyaan harus memenuhi definisi salah satu dari tujuh unsur laporan keuangan yaitu aktiva, kewajiban, ekuitas, pendapatan, beban, keuntungan dan kerugian.
2. Item tersebut harus memiliki atribut relevan yang dapat diukur secara andal.
3. Relevansi informasi mengenai item tersebut mampu membuat suatu perbedaan dalam pengambilan keputusan.
4. Reliabilitas informasi mengenai item tersebut dapat digambarkan secara wajar, dapat diuji, dan netral.

D. Sumber Pendapatan
Menurut Suparmoko dalam Artaman, 2015, ada 3 (tiga) golongan pendapatan di antaranya,
1. Dari Gaji atau Upah, pendapatan seseorang yang didapat setelah bekerja dalam jangka waktu tertentu, biasanya 1 (satu) bulan. Tapi ada juga gaji yang dibayarkan per hari dan per minggu.
2. Dari Usaha Sendiri, pendapatan dari total penjualan barang atau jasa setelah dikurangi total biaya produksi. Misalnya, pendapatan dari hasil jualan toko kelontong.
3. Dari Pendapatan Lain, bisanya pendapatan lain didapat di luar dari gaji dan usaha sendiri. Pendapatan lain didapat tanpa adanya kegiatan usaha, misalnya hasil menyewakan rumah, mobil, aset berharga lainnya, atau dari investasi.

E. Klasifikasi Pendapatan
1. Pendapatan Operasional, ialah suatu pendapatan yang ada akibat dari penjualan barang dagangan, produk atau jasa pada periode tertentu pada kegiatan utama atau menjadi tujuan utama perusahaan yang terkait langsung dengan usaha pokok perusahaan yang bersangkutan. Yang memiliki sifat normal sesuai dengan tujuan dan usaha perusahaan serta terjadi secara berulang selama perusahaan menjalankan berbagai kegiatannya. Sumber pendapatan operasional di antaranya,
a. Penjualan Kotor, seluruh hasil atau penjualan berbagai barang atau jasa sebelum dikurangi dengan berbagai potongan atau pengurangan lainnya untuk dibebankan kepada pelanggan.
b. Penjualan Bersih, semua hasil penjualan yang sudah dapat dikurangi dengan berbagai potongan yang menjadi hak pembeli.

Adapun jenis pendapatan operasional di antaranya,
a. Pendapatan yang didapat dari kegiatan usaha yang dijalankan sendiri oleh perusahaan
b. Hasil pendapatan yang diperoleh dari kegiatan usaha dengan adanya hubungan telah disetujui seperti penjualan konsinyasi.
c. Pendapatan dari aktivitas usaha yang dijalankan dengan cara kerja sama dengan para investor.

2. Pendapatan Non Operasional, yaitu salah satu pendapatan yang bisa didapat perusahaan pada periode tertentu tapi bukan didapat dari kegiatan operasional utama perusahaan. Adapun jenis pendapatan non operasional di antaranya,
a. Pendapatan yang berasal dari penggunaan aktiva atau sumber ekonomi perusahaan oleh pihak lain.
b. Jenis pendapatan yang diperoleh dari penjualan aktiva di luar barang dagangan atau hasil produksi.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 2. Permasalahan Sosial (Kurikulum 2013)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Permasalahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Pendapatan, Karakteristik, Kriteria, Sumber, dan Klasifikasinya"