Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ubersuggest: Pengertian, Cara Kerja, Fitur Terbaik, dan Manfaatnya

Pengertian Ubersuggest
Ubersuggest
Pengertian Ubersuggest
Ubersuggest adalah tool untuk riset keyword gratis yang mengkhususkan diri dalam menghasilkan ide kata kunci baru. Ubersuggest dikembangkan oleh Neil Patel, salah seorang pakar digital marketing dan SEO yang cukup populer. Lewat tool ini, Anda dapat mencari ide keyword maupun melakukan riset keyword yang sesuai dengan tujuan konten Anda.

Beberapa fitur utama yang dimiliki oleh Ubersuggest di antaranya,
1. Keyword Analyzer. Memberikan informasi tentang volume pencarian, tingkat kesulitan dan ide konten dari sebuah kata kunci
2. Competitive Analysis. Menampilkan bagaimana persaingan kata kunci utama dibandingkan dengan kompetitor
3. SEO Explorer. Memberikan informasi apakah website Anda sudah menerapkan praktik SEO dengan baik

Ubersuggest sendiri memiliki dan menawarkan banyak fitur berbeda untuk membantu Anda menemukan ide kata kunci, data, dan menganalisis persaingan. Ubersuggest merupakan alat yang cukup bernilai dalam praktik SEO online karena alat ini menyediakan keunggulan atas pesaing, membantu menggali lebih dalam strategi serta menemukan konten yang populer juga relevan di industri Anda.

Cara Kerja Ubersuggest
Sama seperti banyak alat SEO online lainnya, Ubersuggest bekerja dengan menganalisis kata kunci, tautan balik, dan data domain untuk membantu memberi Anda gambaran akurat tentang seberapa berharga dan kompetitifnya mereka. Anda dapat mengetikkan kata kunci di dalam bilah pencarian di Ubersuggest dan melihat semua data penting yang ditampilkan alat ini untuk Anda analisis.

Dengan alat ini juga, Anda juga dapat melakukan analisis backlink dan audit situs yang merupakan bagian dari penganalisis SEO yang tersedia di Ubersuggest yang pada dasarnya tersedia untuk Anda selaku pengguna di seluruh bagian lain dari alat ini. Terdapat 5 level data yang dapat dilihat oleh alat ini yang meliputi di antaranya,
1. Ikhtisar Kata Kunci
2. Ide Kata Kunci
3. Ide Konten
4. Halaman Peringkat Teratas
5. Kata kunci/keyword
 
Fitur Terbaik Ubersuggest
Ubersuggest memberi Anda analitik yang berguna pada domain apa pun. Selain itu, juga memiliki alat terpisah yang dikenal sebagai SEO Analyzer yang akan memungkinkan Anda mengetahui peluang praktik terbaik pengoptimalan mesin telusur yang ditinggalkan oleh situs web pribadi atau agensi SEO Anda sehingga Anda dapat meningkatkan peringkat situs Anda.

Berikut beberapa fitur terbaik yang diberikan oleh Ubersuggest bagi penggunanya di antaranya,
1. Domain Overview/Ikhtisar Domain
Menggunakan tampilan intuitif, Anda dapat dengan cepat melihat metrik berikut untuk URL Anda di antaranya,
a. Kata Kunci Organik/Organic Keyword yakni jumlah kata kunci yang diperingkat oleh domain secara organik.
b. Lalu Lintas Bulanan Organik/Organic Monthly Traffic untuk melihat berapa banyak lalu lintas yang didapat situs web Anda relatif terhadap pencarian kata kunci organik.
c. Skor Domain/Domain Score yang akan mencatat mulai dari 1 hingga 100, skor domain Anda dihitung menggunakan sejumlah faktor untuk memberitahu Anda seberapa otoritatif situs web Anda di Google.
d. Skor Tautan Balik/Backlinks Score untuk melihat berapa banyak situs web mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda menggunakan tautan.
e. Lalu Lintas/Traffic yang akan mencatat grafik garis menampilkan lalu lintas organik bulanan Anda.

2. Halaman Lalu Lintas Teratas/Top Traffic Pages
Fitur ini dapat membantu pengguna untuk memperlihatkan halaman mana yang memindahkan lalu lintas ke situs web Anda. Menemukan negara asal lalu lintas Anda, dan apakah tautan masuk berasal dari Facebook atau Pinterest serta mencari tahu perkiraan jumlah kunjungan yang didapat halaman, dan jumlah pasti backlink dan apa backlink itu.

3. Kata Kunci SEO/SEO Keywords
Disini pengguna bisa melihat istilah pencarian organik mana yang memindahkan lalu lintas ke situs web Anda. Selain juga untuk melihat bagaimana domain lain yang mendapatkan lalu lintas untuk kata kunci yang sama menumpuk ke situs web Anda.

4. Halaman SEO Teratas/Top SEO Pages
Dalam laporan SEO yang lebih mendalam, Anda dapat melihat volume, taksiran kunjungan, biaya per klik (BPK), niat pembeli, dan kemungkinan peringkat situs Anda untuk kata kunci tertentu.

5. Ide Konten
Pengguna alat ini juga dapat menemukan konten berkinerja terbaik untuk kata kunci tertentu, dan lihat otoritas domain dan taksiran klik untuk konten tertentu.

6. Data Tautan Balik/Backlink Data
Berikutnya adalah fitur untuk membantu pengguna menemukan jenis konten yang ditautkan orang di arena yang dilayani situs web Anda, siapa yang melakukan penautan, dan berbagai metrik di situs tautan balik tersebut.

7. SEO Analyzer
Meskipun bukan bagian dari Ubersuggest, website Neil Patel juga memiliki SEO Analyzer, yang merupakan alat yang merayapi seluruh situs web Anda dan menawarkan saran berdasarkan praktik terbaik SEO, termasuk di antaranya,
a. Pemeriksa SEO di mana Anda akan mendapatkan daftar semua hal yang Anda lakukan di situs web Anda yang melanggar praktik terbaik SEO. Anda dapat mengatur hasil berdasarkan kesulitan memperbaiki kesalahan dan dampak kesalahan tersebut pada lalu lintas pindah ke situs web Anda.
b. Kecepatan Situs untuk mencari tahu seberapa cepat situs Anda dimuat saat dilihat di desktop atau seluler. Anda akan mendapatkan perincian menyeluruh tentang semua kesalahan yang harus diperbaiki sehingga situs Anda dimuat lebih cepat, meningkatkan rasio klik-tayang dan peringkat Google Anda.

Manfaat Ubersuggest
Berikut berbagai manfaat yang ditawarkan Ubersuggest untuk menyukseskan strategi konten Anda di antaranya,
1. Melihat statistik domain
Fitur yang dimiliki Ubersuggest dapat membantu dalam menganalisa statistik domain website Anda dan kompetitor. Anda dapat mengetahui bagaimana performa website, mulai dari lalu lintas trafik yang masuk, organic keywords yang dimiliki, hingga backlink yang mengarah ke situs Anda.

2. Menganalisa kompetitor
Melakukan analisa terhadap kompetitor penting agar dapat menyusun strategi yang tepat untuk bisa bersaing. Untungnya, fitur Ubersuggest memungkinkan Anda untuk melihat kompetitor dan mengamati performa SEO mereka. Dengan begitu, Anda bisa mendapat ide konten yang relevan dengan jumlah pencarian yang banyak.

3. Melakukan pencarian kata kunci
Riset keyword merupakan fitur utama yang ditawarkan Ubersuggest. Ubersuggest memberikan Suggested Keywords yang berisi berbagai kata kunci yang disarankan sesuai dengan keyword yang Anda masukkan. Anda bisa menggali berbagai pilihan kata kunci tersebut untuk mengembangkan konten yang dibuat.

4. Memperoleh data backlink
Backlink merupakan salah satu komponen penting dalam SEO. Fitur Ubersuggest memberikan kemudahan mengakses data backlink yang diperoleh oleh website Anda dan juga kompetitor. Menurut Ahrefs, backlink merupakan faktor penting untuk membantu ranking website di SERP, discoverability, dan juga referral traffic.

5. Mendapat inspirasi ide konten baru
Manfaat lainnya yaitu Anda bisa memperoleh inspirasi ide konten baru untuk mengembangkan strategi konten yang sedang dijalankan. Jika Anda sering kehabisan ide untuk mengisi website dengan konten seperti apa, tools ini hadir untuk membantu Anda mengumpulkan berbagai topik yang bisa dibuat konten baru.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Ubersuggest: Pengertian, Cara Kerja, Fitur Terbaik, dan Manfaatnya"