Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SEO Marketing: Pengertian, Jenis Keyword, Cara Kerja, Strategi, dan Keuntungannya

Pengertian SEO Marketing
Digital Marketing
Pengertian SEO Marketing
SEO Marketing adalah upaya meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan produk dan layanan SEO. SEO sendiri merupakan akronim untuk Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari dan mengacu pada proses peningkatan kuantitas dan kualitas lalu lintas organik ke situs web.

Lalu lintas organik yang dihasilkan dari penerapan strategi SEO mengacu pada pengunjung situs web yang menemukan situs web Anda melalui pencarian manual daripada melalui iklan berbayar di mesin pencari. SEO juga meningkatkan hasil organik dengan mengecualikan iklan pengunjung berbayar dan lalu lintas langsung.

SEO dapat digunakan dalam berbagai cara untuk meningkatkan jangkauan audiens Anda dan meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari utama. Demikian, SEO dapat menjadi alat penting dalam membuat rencana digital marketing yang efektif.

SEO dapat membantu pengguna menemukan produk dan layanan Anda, membangun kepercayaan dengan merek Anda, dan berpotensi meningkatkan tingkat konversi lalu lintas Anda.

Jenis Keyword SEO
Jenis Keyword SEO
Search Engine Optimization

Terdapat berbagai jenis keyword (kata kunci) yang dapat digunakan untuk meningkatkan konversi penjualan di antaranya,
1. Branded Terms, merupakan sebuah keyword yang di dalamnya terdapat merk tertentu. Para pengguna biasanya melakukan pencarian di internet dengan menggunakan nama merk tertentu di dalam kata kunci.
2. Product Terms, merupakan sebuah keyword yang di dalamnya menyebutkan nama produk. Biasanya penggunaan kata kunci semacam ini disertai dengan nama brand tertentu.
3. Competitor Terms, merupakan sebuah keyword yang bertujuan untuk membandingkan satu merek dengan merek lainnya. Pada umumnya, jenis keyword ini digunakan oleh para pengguna internet yang ingin membeli produk tertentu, namun ingin membandingkan kelebihan dan kekurangan produk tersebut dengan merek lainnya.
4. Subtitute Product Terms, merupakan salah satu keyword yang sering digunakan untuk mencari informasi produk lain sebagai pengganti. Penggunaan keyword semacam ini biasanya untuk mencari alternatif produk lainnya yang kualitasnya tidak berbeda jauh.
5. Complementary Product Terms, merupakan keyword yang menyebutkan produk tetapi secara tidak langsung berkaitan dengan produk yang Anda jual. Misalnya Anda menjual produk furniture yang salah satunya adalah meja komputer. Ketika seorang pengguna internet mencari informasi tentang perlengkapan komputer, maka kemungkinan besar konversi penjualan meja komputer Anda cukup bagus.
6. Audience Terms, merupakan sebuah keyword yang mencakup banyak sekali istilah yang mungkin dicari orang di internet. Itulah sebabnya jenis keyword ini cukup sulit dan butuh upaya lebih untuk mendapatkan keuntungan. Namun hal ini bisa diantisipasi dengan mengembangkan banyak keyword yang sesuai dengan produk yang  dijual. Dengan begitu, para pengunjung dari jenis kategori keyword seperti ini bisa dikonversi menjadi pembeli.

Cara Kerja SEO
Optimisasi mesin pencari berfungsi untuk memberikan jawaban atas pertanyaan pengguna. Pertanyaan atau penelusuran pengguna—disebut sebagai kueri penelusuran—terdiri dari kata dan frasa yang dimasukkan ke dalam bidang penelusuran mesin telusur.

Mesin pencari mengikuti tindakan ini dengan mengambil hasil dalam bentuk URL situs web yang paling relevan dengan permintaan pengguna. Seluruh proses yang dilalui mesin pencari untuk menemukan dan menampilkan hasil dapat terdiri dari beberapa aspek kunci yang membuat SEO berfungsi. Berikut beberapa hal yang harus diketahui sebelum menjalankan SEO marketing di antaranya,
1. Peringkat
Peringkat mengacu pada tempat mesin pencari menempatkan situs web Anda di halaman hasil mesin pencari. Peringkat tinggi pada SERP berarti situs web Anda telah menunjukkan otoritas konten yang tinggi karena berkaitan dengan berbagai pencarian yang dilakukan pengguna, dan itu juga menunjukkan relevansi tinggi dengan bidang topik Anda.

Peringkat tinggi di SERP juga dapat meningkatkan lalu lintas keseluruhan ke situs web Anda, yang dapat bermanfaat untuk kampanye pemasaran dan implementasi SEO. Biasanya, mesin pencari memberi peringkat hasil situs web berdasarkan relevansi konten. Tingkat relevansi ini ditentukan ketika mesin pencari mengindeks situs web Anda.

2. Pengindeksan
Mesin pencari menemukan konten situs web dan memesan setiap hasil URL sesuai dengan relevansinya. Misalnya, pengguna yang menelusuri “jenis jarum jahit” mungkin berharap menemukan URL konten yang terkait langsung dengan kueri mereka.

Dalam hal ini, mesin pencari akan memberi peringkat rendah pada situs web Anda jika topik utama Anda berfokus pada pengembangan perangkat lunak. Proses ini dikenal sebagai pengindeksan. Mesin pencari mencari konten yang paling relevan dan kemudian memberi peringkat dalam urutan dari yang paling tidak relevan, yang dapat memengaruhi tempat situs web Anda muncul di SERP.

Selain itu, untuk mengindeks URL situs web, mesin telusur akan menemukan bagian konten individual yang paling cocok dengan kueri pengguna dalam proses yang dikenal sebagai perayapan.

3. Crawling
Pada tahap awal pencarian pengguna, mesin pencari akan menemukan konten yang paling relevan dengan kueri, merayapi internet untuk mendapatkan hasil yang paling cocok. Waktu yang diperlukan mesin telusur untuk merayapi dapat bergantung pada cara Anda menggunakan SEO di situs web Anda.

Semakin cepat mesin pencari dapat menemukan URL konten Anda, semakin cepat peringkat situs Anda dan muncul di SERP.

Strategi SEO Marketing
Berikut beberapa cara atau strategi yang bisa diterapkan dalam SEO marketing di antaranya,
1. Buat Konten yang Menarik
Konten yang baik adalah senjata yang ampuh untuk menentukan apakah tulisan Anda nantinya akan masuk peringkat pertama di Google atau tidak, konten yang baik adalah konten yang menyajikan informasi secara detail dan relevan. Selain itu yang terpenting dari sebuah konten adalah tingkat orisinalitasnya dan akurat sesuai dengan fakta yang ada. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan di antaranya,
a. Akurasi. Jika ingin membuat konten dengan SEO yang baik, Anda harus memperhatikan akurasi dari target audiens Anda ketika Anda membuat sebuah konten, berikan kepada mereka informasi yang relevan, tepat sasaran, dan akurat.
b. Mudah Dipahami. Pengunjung situs website Anda pasti mengharapkan isi artikel yang mudah dipahami dan tidak berbelit-belit, selain itu Anda juga bisa untuk memeriksa kembali gramatika dari tulisan Anda agar mudah dipahami dengan tools-tools yang tersedia.
c. Perhatikan FAQ. Membuat konten yang paling banyak dicari oleh orang lain bisa meningkatkan SEO Anda, Anda hanya perlu mengetahui FAQ (Frequently Asked Questions) dari setiap topik yang ada. Website Anda juga bisa menambahkan konten FAQ yang umum ditanyakan oleh orang-orang saat melihat produk atau layanan Anda.
d. Konsisten. Anda harus konsisten dalam membuat artikel atau konten yang Anda tampilkan di website Anda agar orang-orang lebih sering berkunjung ke web Anda karena mereka secara tidak langsung mengetahui bahwa website Anda adalah tempat yang relevan untuk mencari informasi yang mereka inginkan. Setidaknya Anda perlu membuat tiga konten perminggu.
 
2. Optimalkan Situs Web untuk Pencarian Suara
Saat ini peningkatan terhadap mesin pencari menggunakan suara mulai meningkat. Hampir 58% orang sudah menggunakan pencarian suara ketika mencari informasi yang dibutuhkan. Asisten Google, Alexa, dan Siri tampaknya mulai membuat orang mulai beralih dari pencarian secara manual menggunakan pencarian suara, cara membuat konten yang dapat terdeteksi di mesin pencarian suara ini adalah membuat sebuah konten lebih santai dan menggunakan bahasa percakapan.
 
3. Gunakan Kata Kunci yang Relevan
Kata kunci yang baik dan tersebar di artikel Anda akan membuat website Anda naik ke peringkat teratas mesin pencarian. Pahami yang ingin dicari oleh calon pengunjung website Anda, pilih frasa dan kata kunci yang cocok dan sesuai yang dicari orang-orang di mesin pencari. Anda juga bisa menggunakan tools SEO untuk mencari kata kunci yang relevan terhadap konten Anda.
 
4. Tulis Meta Description yang Sesuai
Meta description adalah sebuah teks yang terdapat di bawah judul konten Anda, membuat meta description yang bagus akan membuat website Anda muncul di SERPS (search engine results pages). Karena biasanya mesin pencari akan menggunakan meta description Anda untuk memunculkannya di halaman mesin pencari.

Selain itu, banyak orang yang melihat meta description sebelum mereka memasuki website Anda untuk melihat isi konten Anda. Buatlah meta description dengan singkat, padat, dan jelas agar para calon pengunjung situs web Anda langsung melakukan klik pada website Anda.
 
5. Membuat Website dengan Tampilan User-Friendly
Mesin pencari menginginkan seluruh website dapat diakses di smartphone atau desktop komputer, ini dikarenakan mesin pencari seperti Google menginginkan para pengguna mesin pencari tersebut dapat diakses di mana saja dan oleh siapa saja.

Website dengan tampilan user-friendly akan membuat para pengunjung betah berlama-lama di website Anda dan secara otomatis akan meningkatkan rasio klik tayang yang akan membuat SEO meningkat.
 
6. Optimasi Kecepatan Halaman Website
Dalam setiap dokumen HTML yang berisi bagian <head> yang akan dimuat terlebih dahulu sebelum bagian halaman website terlihat secara keseluruhan, artinya Anda harus membuat kode di bagian <head> seramping mungkin agar membuat bagian <head> lebih cepat dimuat dan pengunjung Anda tidak terlalu menunggu lama isi dari konten artikel Anda.

Jika Anda ingin mengukur kecepatan dari website Anda, gunakan pengujiannya di Lighthouse Google dan pastikan website Anda cepat dimuat oleh para pengunjung website Anda, sehingga hal ini akan meningkatkan SEO website Anda.
 
Keuntungan Strategi SEO Marketing
Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda menyusun strategi marketing SEO dengan benar di antaranya,
1. Memperluas Segmen Pasar
Segmentasi pasar yang luas akan membawa banyak konsumen yang akan memakai atau menggunakan produk atau layanan Anda. Strategi marketing yang baik akan menarik konsumen, menciptakan permintaan baru, menemukan area bisnis yang belum dimanfaatkan dan menemukan kemungkinan menjual produk baru. Sehingga ini akan memperbesar pasar dan memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk meningkatkan produksi dan memperoleh lebih banyak keuntungan.

2. Mempercepat Proses Transaksi
Dengan strategi marketing SEO yang baik akan menciptakan proses transaksi yang cepat antara produsen dan konsumen. Misalnya saja Anda sebagai konsumen bisa mendapatkan barang atau jasa yang Anda inginkan dari produsen yang menyediakannya. Anda bisa langsung menemukan pilihan produk atau jasa mana yang ingin Anda gunakan jika marketing yang dijalankan oleh pemilik bisnis tersebut berhasil.

3. Meningkatkan Brand Awareness
Di era digital seperti sekarang ini, menciptakan produksi kreatif terhadap marketing melalui iklan semakin berkembang. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk lebih menciptakan keunikannya melalui iklan sehingga meningkatkan brand awareness. Hal ini menimbulkan persaingan industri kreatif khususnya dalam iklan pemasaran semakin berkembang.

Berkat marketing dan industri periklanan yang berkembang akan menimbulkan banyaknya penyerapan terhadap tenaga kerja di bidang periklanan. Bagi Anda yang ingin menerapkan strategi marketing PPC (Pay per Click), Anda harus banyak mempelajari industri periklanan agar bisnis Anda dapat dikenal banyak orang.
 

Dari Berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA

Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "SEO Marketing: Pengertian, Jenis Keyword, Cara Kerja, Strategi, dan Keuntungannya"